Wisata Madura Dekat Suramadu: Destinasi Liburan Seru di Pulau Garam

Posted on

Madura merupakan pulau kecil di sebelah utara Jawa Timur yang terkenal dengan kulinernya yang lezat. Namun, selain kuliner, Madura juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama yang berada dekat dengan jembatan Suramadu. Berikut adalah beberapa destinasi wisata Madura dekat Suramadu yang bisa menjadi pilihan liburan Anda.

Pantai Lombang

Pantai Lombang merupakan pantai yang terletak di desa Lombang, kecamatan Sreseh, Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di sini. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual makanan khas Madura yang enak.

Pantai Slopeng

Pantai Slopeng merupakan pantai yang terletak di desa Slopeng, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar. Selain berenang, Anda juga dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Madura yang lezat.

Gunung Api Purba

Gunung Api Purba terletak di desa Nonggunong, kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 250 mdpl dan masih aktif hingga saat ini. Meskipun masih aktif, Gunung Api Purba ini cukup aman untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sekitar gunung atau melihat keindahan panorama dari atas gunung.

Kampung Batik Karang Gayam

Kampung Batik Karang Gayam merupakan kampung batik yang terletak di desa Karang Gayam, kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Madura. Di kampung ini, Anda bisa melihat proses pembuatan batik yang masih menggunakan teknik tradisional. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli batik hasil produksi kampung ini sebagai oleh-oleh.

Kampung Kerajinan Genteng

Kampung Kerajinan Genteng terletak di desa Talango, kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Madura. Di kampung ini, Anda bisa melihat proses pembuatan genteng yang masih menggunakan teknik tradisional. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli genteng hasil produksi kampung ini sebagai oleh-oleh.

Wisata Lainnya:  Wisata Turen: Menikmati Pesona Alam di Kota Malang

Kampung Tahu Telur Pamekasan

Kampung Tahu Telur Pamekasan merupakan kampung yang terletak di kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Madura. Di kampung ini, Anda bisa mencicipi tahu telur khas Madura yang lezat. Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat proses pembuatan tahu telur yang masih menggunakan teknik tradisional.

Desa Wisata Batik Bangkalan

Desa Wisata Batik Bangkalan merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura. Di desa ini, Anda bisa melihat proses pembuatan batik yang masih menggunakan teknik tradisional. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli batik hasil produksi desa ini sebagai oleh-oleh.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura terletak di desa Sapih, kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Meskipun bukan berada di Madura, air terjun ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Madura karena hanya berjarak sekitar 40 km dari jembatan Suramadu. Air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan cocok untuk dijadikan spot foto.

Pantai Sembilan

Pantai Sembilan terletak di desa Sembilan, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan ombak yang cukup besar. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Madura yang lezat.

Pantai Lombang Timur

Pantai Lombang Timur merupakan pantai yang terletak di desa Lombang Timur, kecamatan Sreseh, Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di sini. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual makanan khas Madura yang enak.

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning terletak di desa Siring Kemuning, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar. Selain berenang, Anda juga dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Madura yang lezat.

Wisata Lainnya:  Wisata di Kalimantan Barat: Menikmati Keindahan Alam yang Belum Dikenal

Pantai Talang Siring

Pantai Talang Siring terletak di desa Talang Siring, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di sini. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual makanan khas Madura yang enak.

Pantai Slopeng Selatan

Pantai Slopeng Selatan merupakan pantai yang terletak di desa Slopeng Selatan, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup besar. Selain berenang, Anda juga dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Madura yang lezat.

Pantai Talang Ginting

Pantai Talang Ginting terletak di desa Talang Ginting, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di sini. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual makanan khas Madura yang enak.

Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Meskipun bukan berada di Madura, taman nasional ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Madura karena hanya berjarak sekitar 70 km dari jembatan Suramadu. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi dan cocok untuk dijadikan tempat camping.

Desa Wisata Batik Sampang

Desa Wisata Batik Sampang merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura. Di desa ini, Anda bisa melihat proses pembuatan batik yang masih menggunakan teknik tradisional. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli batik hasil produksi desa ini sebagai oleh-oleh.

Bukit Jaddih

Bukit Jaddih terletak di desa Jaddih, kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura. Bukit ini memiliki panorama yang sangat indah dengan pemandangan pegunungan dan laut yang mengagumkan. Tak hanya itu, di bukit ini juga terdapat area camping yang cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman.

Kampung Kerajinan Anyaman

Kampung Kerajinan Anyaman terletak di desa Bringsang, kecamatan Batu Putih, Kabupaten Sumenep, Madura. Di kampung ini, Anda bisa melihat proses pembuatan anyaman yang masih menggunakan teknik tradisional. Tak hanya itu, Anda juga bisa membeli anyaman hasil produksi kampung ini sebagai oleh-oleh.

Wisata Lainnya:  Pondok Wisata Berlian Indah 2: Menikmati Liburan Seru di Alam Pedesaan

Pulau Giliyang

Pulau Giliyang terletak di desa Giliyang, kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Meskipun bukan berada di Madura, pulau ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Madura karena hanya berjarak sekitar 30 km dari jembatan Suramadu. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan cocok untuk dijadikan tempat snorkeling atau diving.

Pulau Sempu

Pulau Sempu terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Meskipun bukan berada di Madura, pulau ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Madura karena hanya berjarak sekitar 120 km dari jembatan Suramadu. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan dan cocok untuk dijadikan tempat camping atau trekking.

Pantai Klayar

Pantai Klayar terletak di desa Padang, kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Meskipun bukan berada di Madura, pantai ini masih sering dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Madura karena hanya berjarak sekitar 100 km dari jembatan Suramadu. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan batu-batu karang yang unik dan air laut yang jernih.

Pantai Bukit Kelapa

Pantai Bukit Kelapa terletak di desa Bukit Kelapa, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di sini. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual makanan khas Madura yang enak.

Pantai Lombang Barat

Pantai Lombang Barat merupakan pantai yang terletak di desa Lombang Barat, kecamatan Sreseh, Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Selain bermain air, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di sini. Tak hanya itu, di sekitar pantai juga terdapat warung makan yang menjual makanan khas Madura yang enak.

Pantai Slopeng Timur

Pantai Slopeng Timur merupakan pantai yang terletak di desa Slopeng Timur, kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Pamekasan, Madura. Pantai ini memiliki panorama yang sangat indah dengan pasir putih yang bers

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *