Wisata Kuliner Tegal 2019: Nikmati Sensasi Kuliner yang Menggugah Selera

Posted on

Tegal, sebuah kota kecil di Jawa Tengah, tidak hanya terkenal dengan produksi tahu dan tempe yang lezat, tetapi juga dengan kuliner yang bisa memanjakan lidah Anda. Tidak hanya itu, di tahun 2019 ini, wisata kuliner Tegal semakin berkembang dengan munculnya berbagai tempat makan yang menawarkan sensasi kuliner yang menggugah selera. Berikut ini adalah beberapa kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Tegal.

1. Sate Maranggi

Salah satu kuliner yang paling terkenal di Tegal adalah Sate Maranggi. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu dan direndam dalam bumbu khas Tegal, kemudian dipanggang di atas bara api. Sate Maranggi disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate ini menjadi favorit wisatawan lokal dan mancanegara.

2. Nasi Liwet

Sebagai kota yang terkenal dengan produksi beras, tidak heran jika Tegal memiliki kuliner khas nasi liwet. Nasi liwet terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas Tegal seperti lengkuas, daun salam, dan bawang merah. Nasi liwet disajikan dengan lauk pauk seperti ayam goreng, tahu tempe, dan sambal terasi. Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi liwet menjadi kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Tegal.

3. Empal Gentong

Empal Gentong adalah kuliner khas Cirebon yang juga mudah ditemukan di Tegal. Empal Gentong terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti serai, daun salam, dan kayu manis. Kuahnya yang kental dan berwarna kecoklatan membuat empal gentong memiliki cita rasa yang khas. Empal gentong biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

4. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah kuliner khas Tegal yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disiram dengan bumbu kacang yang kental dan pedas. Tahu gejrot disajikan dengan irisan mentimun dan bawang merah yang segar. Rasanya yang gurih dan pedas membuat tahu gejrot menjadi kuliner yang paling dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Tegal.

Wisata Lainnya:  Objek Wisata di Bengkulu

5. Soto Tegal

Soto Tegal adalah kuliner khas Tegal yang terbuat dari daging ayam yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti lengkuas, daun salam, dan serai. Soto ini disajikan dengan nasi putih, telur rebus, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan pedas membuat soto Tegal menjadi kuliner yang cocok untuk disantap di pagi atau siang hari.

6. Pindang Serani

Pindang Serani adalah kuliner khas Tegal yang terbuat dari ikan yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti lengkuas, daun salam, dan serai. Kuahnya yang kental dan berwarna kecoklatan membuat pindang serani memiliki cita rasa yang khas. Pindang serani biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

7. Es Dawet Telasih

Es Dawet Telasih adalah minuman khas Tegal yang terbuat dari santan, gula merah, dan dawet telasih. Rasanya yang manis dan segar membuat es dawet telasih menjadi minuman yang cocok untuk dinikmati di siang hari yang panas.

8. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah minuman khas Tegal yang terbuat dari kacang merah yang dimasak dengan gula merah dan es batu. Rasanya yang manis dan segar membuat es kacang merah menjadi minuman yang cocok untuk dinikmati di siang atau sore hari.

9. Es Gempol Pleret

Es Gempol Pleret adalah minuman khas Tegal yang terbuat dari gempol yang dimasak dengan gula merah dan es batu. Rasanya yang manis dan segar membuat es gempol pleret menjadi minuman yang cocok untuk dinikmati di siang atau sore hari.

10. Bakso Tegal

Bakso Tegal adalah kuliner khas Tegal yang terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan tepung kanji. Bakso ini biasanya disajikan dengan mie, bihun, atau nasi. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bakso Tegal menjadi kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Tegal.

11. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja adalah kuliner khas Purwokerto yang juga mudah ditemukan di Tegal. Soto ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti lengkuas, daun salam, dan serai. Soto sokaraja biasanya disajikan dengan nasi putih, telur rebus, dan kerupuk.

12. Soto Kudus

Soto Kudus adalah kuliner khas Kudus yang juga mudah ditemukan di Tegal. Soto ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti lengkuas, daun salam, dan serai. Soto kudus biasanya disajikan dengan nasi putih, telur rebus, dan kerupuk.

Wisata Lainnya:  Kaos Wisata: Pilihan Tepat untuk Liburan Anda

13. Rujak Petis

Rujak Petis adalah kuliner khas Tegal yang terbuat dari buah-buahan seperti mangga, jambu, dan nanas yang dipotong-potong dan dicampur dengan petis dan bumbu kacang. Rasanya yang pedas dan asam membuat rujak petis menjadi kuliner yang cocok untuk menemani santap siang atau sore hari.

14. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah kuliner khas Cirebon yang juga mudah ditemukan di Tegal. Nasi ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan, kemudian disajikan dengan berbagai macam lauk pauk seperti ayam goreng, sate, dan tahu tempe. Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi jamblang menjadi kuliner yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Tegal.

15. Es Kepal Milo

Es Kepal Milo adalah minuman khas Tegal yang terbuat dari es serut dan bubuk milo yang dibentuk seperti bola kecil. Es kepalmilo biasanya disajikan dengan susu kental manis dan sirup coklat. Rasanya yang manis dan segar membuat es kepalmilo menjadi minuman yang cocok untuk dinikmati di siang atau sore hari.

16. Sate Kelinci

Sate Kelinci adalah kuliner unik yang bisa Anda temukan di Tegal. Sate ini terbuat dari daging kelinci yang dipotong dadu dan direndam dalam bumbu khas Tegal, kemudian dipanggang di atas bara api. Sate kelinci disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang lezat dan tidak terlalu pedas membuat sate kelinci menjadi kuliner yang cocok untuk Anda yang ingin mencoba hal baru.

17. Sop Buntut

Sop Buntut adalah kuliner yang terbuat dari ekor sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti serai, daun salam, dan kayu manis. Kuahnya yang kental dan berwarna kecoklatan membuat sop buntut memiliki cita rasa yang khas. Sop buntut biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

18. Sate Ayam

Sate Ayam adalah kuliner yang terbuat dari daging ayam yang dipotong dadu dan direndam dalam bumbu khas Tegal, kemudian dipanggang di atas bara api. Sate ayam disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate ayam menjadi kuliner yang paling dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Tegal.

19. Sate Kambing

Sate Kambing adalah kuliner yang terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu dan direndam dalam bumbu khas Tegal, kemudian dipanggang di atas bara api. Sate kambing disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate kambing menjadi kuliner yang cocok untuk Anda yang ingin mencoba sensasi kuliner yang berbeda.

Wisata Lainnya:  Wisata Kali Bening: Keindahan Alam yang Memukau di Jawa Barat

20. Sate Padang

Sate Padang adalah kuliner yang terbuat dari daging sapi yang direndam dalam bumbu khas Padang, kemudian dipanggang di atas bara api. Sate padang disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate padang menjadi kuliner yang cocok untuk Anda yang ingin mencoba sensasi kuliner yang berbeda.

21. Nasi Goreng

Nasi Goreng adalah kuliner yang terbuat dari nasi yang diaduk dengan bumbu-bumbu seperti kecap manis, bawang merah, dan bawang putih, kemudian ditambahkan telur, daging, atau sayuran. Nasi goreng biasanya disajikan dengan kerupuk dan acar timun. Rasanya yang gurih dan lezat membuat nasi goreng menjadi kuliner yang paling dicari oleh wisatawan ketika berkunjung ke Tegal.

22. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah kuliner yang terbuat dari mi yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti kecap manis, bawang merah, dan bawang putih, kemudian ditambahkan telur, daging, atau sayuran. Bakmi Jawa biasanya disajikan dengan kerupuk dan acar timun. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bakmi Jawa menjadi kuliner yang cocok untuk Anda yang ingin mencoba sensasi kuliner yang berbeda.

23. Soto Betawi

Soto Betawi adalah kuliner yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas seperti serai, daun salam, dan kayu manis. Soto ini disajikan dengan nasi putih, telur rebus, dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan pedas membuat soto Betawi menjadi kuliner yang cocok untuk dinikmati di pagi atau siang hari.

24. Sate Madura

Sate Madura adalah kuliner yang terbuat dari daging sapi yang direndam dalam bumbu khas Madura, kemudian dipanggang di atas bara api. Sate Madura disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate Madura menjadi kuliner yang cocok untuk Anda yang ingin mencoba sensasi kuliner yang berbeda.

25. Sate Lilit

Sate Lilit adalah kuliner yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kemiri, bawang merah, dan bawang putih, kemudian dibentuk seperti sate dan dipanggang di atas bara api. Sate Lilit disajikan dengan nasi dan lalapan seperti tomat, mentimun, dan daun kemangi. Rasanya yang lezat membuat sate Lilit menjadi kuliner yang cocok untuk Anda yang ingin

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *