Wisata Kota Mataram: Jelajahi Keindahan dan Sejarah Lombok

Posted on

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia. Kota Mataram, sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, juga menyimpan banyak tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Mataram.

1. Taman Mayura

Taman Mayura merupakan sebuah taman yang dibangun pada abad ke-18 oleh Raja Bali yang berkuasa di Lombok saat itu. Di dalam taman ini terdapat sebuah bangunan yang dijadikan sebagai pengadilan pada masa lalu. Kamu bisa melihat keindahan taman dan bangunan bersejarah yang masih terawat dengan baik di sini. Taman Mayura juga sering digunakan sebagai tempat acara budaya atau kegiatan lainnya.

2. Museum Negeri NTB

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Lombok, Museum Negeri NTB adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di sini kamu bisa melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah, seperti senjata tradisional, pakaian adat, dan lain-lain. Museum ini juga sering mengadakan pameran dan kegiatan edukatif untuk pengunjungnya.

3. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai, berenang, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang tenang. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan dan tempat penginapan yang bisa kamu pilih.

4. Pura Meru

Pura Meru adalah salah satu pura terbesar di Lombok. Pura ini dibangun pada abad ke-18 oleh Raja Lombok saat itu dan masih digunakan sebagai tempat beribadah oleh umat Hindu di Lombok. Kamu bisa melihat keindahan arsitektur pura dan menikmati keindahan lingkungan sekitar.

5. Bukit Malimbu

Bukit Malimbu adalah sebuah bukit yang terletak di sebelah utara Lombok. Dari atas bukit, kamu bisa melihat keindahan pantai dan laut yang memukau. Bukit Malimbu juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam yang indah.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Pantai Sambolo Anyer, Rekreasi Bahari Memikat Pengunjung

6. Desa Sade

Desa Sade merupakan sebuah desa adat di Lombok yang masih mempertahankan tradisi dan budaya Lombok yang khas. Kamu bisa melihat rumah-rumah tradisional yang terbuat dari anyaman bambu dan berbagai kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk desa. Desa Sade juga sering dijadikan sebagai tempat untuk belajar tentang kearifan lokal Lombok.

7. Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Senaru, sekitar 2 jam perjalanan dari Mataram. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang jernih dan segar di sini. Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

8. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung makan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

9. Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah salah satu pulau kecil yang terletak di sebelah barat Lombok. Pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya dan juga kegiatan snorkeling dan diving yang bisa kamu lakukan di sini. Kamu juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang indah di Gili Trawangan.

10. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi kedua di Indonesia, setelah Gunung Kerinci di Sumatera. Gunung ini terletak di Lombok dan sering dijadikan sebagai tempat pendakian bagi para pecinta alam. Kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau dan menantang diri sendiri dengan mendaki gunung yang indah ini.

11. Masjid Islamic Center Lombok

Masjid Islamic Center Lombok adalah sebuah masjid megah yang terletak di pusat kota Mataram. Kamu bisa melihat keindahan arsitektur masjid yang modern dan megah di sini. Masjid ini juga sering dijadikan sebagai tempat kegiatan keagamaan dan acara lainnya.

12. Pura Lingsar

Pura Lingsar adalah sebuah pura yang terletak di daerah Lingsar, sekitar 30 menit perjalanan dari Mataram. Pura ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu dan juga umat Muslim di Lombok. Kamu bisa melihat keindahan arsitektur pura yang unik dan juga belajar tentang kepercayaan dan toleransi antaragama di Lombok.

13. Bukit Selong

Bukit Selong adalah sebuah bukit yang terletak di daerah Sembalun, sekitar 2 jam perjalanan dari Mataram. Dari atas bukit, kamu bisa melihat keindahan alam yang memukau. Bukit Selong juga sering dijadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan matahari terbit yang indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Laut

14. Kebun Raya Lombok

Kebun Raya Lombok adalah sebuah kebun raya yang terletak di daerah Gunungsari, sekitar 20 menit perjalanan dari Mataram. Di sini kamu bisa melihat berbagai jenis tanaman asli Lombok dan juga tanaman dari berbagai daerah lainnya. Kebun raya ini juga sering dijadikan sebagai tempat edukasi dan penelitian bagi para ilmuwan dan peneliti.

15. Pantai Mekaki

Pantai Mekaki adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

16. Desa Sukarara

Desa Sukarara merupakan sebuah desa adat di Lombok yang terkenal dengan kerajinan tenun ikatnya. Kamu bisa melihat proses pembuatan tenun ikat secara tradisional dan membeli berbagai jenis kain tenun ikat yang indah di sini.

17. Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Aik Berik, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Mataram. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun dan juga berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

18. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

19. Desa Beleq

Desa Beleq merupakan sebuah desa adat di Lombok yang masih mempertahankan tradisi dan budaya Lombok yang khas. Kamu bisa melihat rumah-rumah tradisional yang terbuat dari kayu dan berbagai kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk desa. Desa Beleq juga sering dijadikan sebagai tempat untuk belajar tentang kearifan lokal Lombok.

20. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Senaru, sekitar 2 jam perjalanan dari Mataram. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang jernih dan segar di sini. Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

21. Pantai Kuta

Pantai Kuta adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

22. Desa Karang Bayan

Desa Karang Bayan merupakan sebuah desa adat di Lombok yang terkenal dengan kerajinan anyamnya. Kamu bisa melihat proses pembuatan anyaman secara tradisional dan membeli berbagai jenis kerajinan anyam yang indah di sini.

Wisata Lainnya:  Wisata Umbul Madiun: Pesona Wisata Air Terjun di Jawa Timur

23. Air Terjun Jeruk Manis

Air Terjun Jeruk Manis adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Batukliang, sekitar 1 jam perjalanan dari Mataram. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun dan juga berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

24. Pantai Mawun

Pantai Mawun adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

25. Desa Sembalun Lawang

Desa Sembalun Lawang merupakan sebuah desa di Lombok yang terkenal dengan kebun stroberinya. Kamu bisa melihat keindahan kebun stroberi dan juga membeli berbagai produk olahan stroberi yang lezat di sini.

26. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Aik Berik, sekitar 1,5 jam perjalanan dari Mataram. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun dan juga berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun.

27. Pantai Mekarsari

Pantai Mekarsari adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

28. Desa Rembitan

Desa Rembitan merupakan sebuah desa adat di Lombok yang terkenal dengan kerajinan anyamnya. Kamu bisa melihat proses pembuatan anyaman secara tradisional dan membeli berbagai jenis kerajinan anyam yang indah di sini.

29. Air Terjun Sindang Gile

Air Terjun Sindang Gile adalah sebuah air terjun yang terletak di daerah Senaru, sekitar 2 jam perjalanan dari Mataram. Kamu bisa menikmati keindahan air terjun yang jernih dan segar di sini. Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

30. Pantai Sire

Pantai Sire adalah salah satu pantai terindah di Lombok. Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang bersih dan tenang di sini. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan dan toko oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Kota Mataram. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner khas Lombok yang lezat dan berbelanja oleh-oleh yang unik di sini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keindahan tempat wisata yang kamu kun

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *