Wisata Kota Duri: Menikmati Indahnya Kota Kecil di Sumatera Barat

Posted on

Sumatera Barat memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satu yang dapat dikunjungi adalah Kota Duri. Kota kecil yang terletak di Kabupaten Dharmasraya ini menyimpan berbagai pesona alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi di Kota Duri.

Pantai Bungus

Pantai Bungus adalah destinasi wisata pantai yang terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Pantai ini terkenal dengan panorama alam yang sangat indah. Saat berkunjung ke Pantai Bungus, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih alami dan bersih. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa spot untuk berselancar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Bukit Batu Tampuk

Bukit Batu Tampuk adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Kota Duri. Bukit ini terletak di Desa Batu Tampuk dan dapat dicapai dengan perjalanan darat selama sekitar 30 menit dari Kota Duri. Dari puncak bukit, pengunjung dapat melihat pemandangan Kota Duri yang indah. Selain itu, di bukit ini juga terdapat beberapa wahana permainan seperti flying fox dan panjat tebing yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Kolam Renang Bidadari

Kolam Renang Bidadari adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kolam renang ini terletak di pusat Kota Duri dan memiliki fasilitas yang lengkap seperti kolam renang anak dan dewasa, area bermain anak-anak dan juga kafe. Selain itu, kolam renang ini juga dihiasi dengan berbagai ornamen seperti air mancur dan taman yang indah.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus adalah situs sejarah yang terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Candi ini dibangun pada abad ke-13 oleh Kerajaan Sriwijaya. Saat berkunjung ke Candi Muara Takus, pengunjung dapat melihat berbagai arsitektur bangunan kuno yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, di sekitar candi juga terdapat beberapa peninggalan sejarah lain seperti batu prasasti dan reruntuhan bangunan kuno.

Kampung Kreatif Pariangan

Kampung Kreatif Pariangan adalah destinasi wisata yang cocok untuk para pecinta seni dan kreativitas. Kampung ini terletak sekitar 1 jam dari Kota Duri dan merupakan pusat seni dan kerajinan tangan di daerah tersebut. Di kampung ini, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana proses pembuatan kerajinan tangan yang unik dan kreatif seperti anyaman bambu, tenun tradisional dan lain sebagainya.

Wisata Lainnya:  Daftar Harga Hotel Wisata Niaga Purwokerto: Menawarkan Penginapan yang Nyaman dan Terjangkau

Objek Wisata Air Terjun Lembah Anai

Objek wisata air terjun Lembah Anai terletak sekitar 1,5 jam dari Kota Duri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Saat berkunjung ke air terjun ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar. Terdapat juga beberapa fasilitas seperti warung makan dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman adalah museum sejarah yang terletak di Kota Padang. Museum ini berisi berbagai koleksi benda dan peninggalan sejarah dari daerah Sumatera Barat. Saat berkunjung ke museum ini, pengunjung dapat mempelajari sejarah dan budaya daerah Sumatera Barat secara lengkap. Museum Adityawarman dapat dicapai dengan perjalanan darat selama sekitar 2 jam dari Kota Duri.

Kolam Air Panas Batang Anai

Kolam Air Panas Batang Anai adalah tempat wisata yang cocok untuk menghilangkan kepenatan dan kelelahan. Kolam air panas ini terletak sekitar 1,5 jam dari Kota Duri dan memiliki suhu air yang hangat dan menyegarkan. Selain itu, di sekitar kolam juga terdapat beberapa tempat makan dan pemandian umum yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis adalah destinasi wisata pantai yang terletak sekitar 1,5 jam dari Kota Duri. Pantai ini memiliki pesona alam yang indah dan masih alami. Saat berkunjung ke Pantai Air Manis, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan tenang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa spot untuk bermain air dan berselancar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Gua Jepang

Gua Jepang adalah situs sejarah yang terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Gua ini merupakan peninggalan sejarah dari masa penjajahan Jepang di Indonesia. Saat berkunjung ke Gua Jepang, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana bangunan gua yang dibangun oleh tentara Jepang pada masa itu. Selain itu, di sekitar gua juga terdapat beberapa peninggalan sejarah lain seperti bunker dan bangunan kuno.

Kolam Renang Tirta Mulia

Kolam Renang Tirta Mulia adalah tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Kolam renang ini terletak di pusat Kota Duri dan memiliki fasilitas yang lengkap seperti kolam renang anak dan dewasa, area bermain anak-anak dan juga kafe. Selain itu, kolam renang ini juga dihiasi dengan berbagai ornamen seperti air mancur dan taman yang indah.

Wisata Lainnya:  Produk Wisata - Menikmati Keindahan Alam Indonesia

Gunung Marapi

Gunung Marapi adalah destinasi wisata alam yang terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.891 mdpl dan menjadi salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Saat berkunjung ke Gunung Marapi, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar. Namun, sebelum mendaki gunung ini, pengunjung harus mempersiapkan diri dengan baik dan memperhatikan kondisi cuaca yang ada.

Objek Wisata Air Terjun Sipiso-piso

Objek wisata air terjun Sipiso-piso terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Saat berkunjung ke air terjun ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar. Terdapat juga beberapa fasilitas seperti warung makan dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Kampung Nelayan Muaro Lasak

Kampung Nelayan Muaro Lasak adalah tempat wisata yang cocok untuk melihat langsung kehidupan masyarakat nelayan di daerah tersebut. Kampung ini terletak di sekitar pantai dan memiliki suasana yang tenang dan asri. Saat berkunjung ke kampung ini, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana masyarakat nelayan bekerja dan juga membeli hasil tangkapan laut yang segar.

Objek Wisata Danau Maninjau

Objek wisata Danau Maninjau terletak sekitar 3 jam dari Kota Duri. Danau ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan masih alami. Saat berkunjung ke Danau Maninjau, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih segar dan sejuk. Selain itu, di sekitar danau juga terdapat beberapa tempat wisata lain seperti bukit Batu Belah dan juga pemandian air panas.

Bukit Tinggi

Bukit Tinggi adalah kota wisata yang terletak sekitar 3 jam dari Kota Duri. Kota ini memiliki banyak tempat wisata seperti Jam Gadang, Istana Pagaruyung, dan juga Taman Panorama. Saat berkunjung ke Bukit Tinggi, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan juga budaya yang masih kental di daerah tersebut.

Objek Wisata Air Terjun Lembah Harau

Objek wisata air terjun Lembah Harau terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh tebing batu yang tinggi. Saat berkunjung ke air terjun ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar. Terdapat juga beberapa fasilitas seperti warung makan dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Wisata Lainnya:  8 Tempat Rekomendasi Wisata di Sekitar Soreang & Ciwidey

Pantai Padang

Pantai Padang adalah destinasi wisata pantai yang terletak sekitar 3 jam dari Kota Duri. Pantai ini memiliki pesona alam yang indah dan masih alami. Saat berkunjung ke Pantai Padang, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan tenang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa spot untuk bermain air dan berselancar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Canduang Tapa

Canduang Tapa adalah tempat wisata yang cocok untuk melihat langsung kehidupan masyarakat adat di daerah tersebut. Canduang Tapa terletak di Desa Baringin Sakti dan dapat dicapai dengan perjalanan darat selama sekitar 1 jam dari Kota Duri. Saat berkunjung ke Canduang Tapa, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana masyarakat adat bekerja dan juga membeli hasil kerajinan tangan yang unik dan kreatif.

Objek Wisata Air Terjun Tiku

Objek wisata air terjun Tiku terletak sekitar 2 jam dari Kota Duri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Saat berkunjung ke air terjun ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan segar. Terdapat juga beberapa fasilitas seperti warung makan dan toilet yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan adalah destinasi wisata pantai yang terletak sekitar 3 jam dari Kota Duri. Pantai ini memiliki pesona alam yang indah dan masih alami. Saat berkunjung ke Pantai Carocok Painan, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih bersih dan tenang. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa spot untuk bermain air dan berselancar yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak adalah situs sejarah yang terletak di pusat Kota Palembang. Benteng ini dibangun pada abad ke-16 oleh Kerajaan Palembang. Saat berkunjung ke Benteng Kuto Besak, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana bangunan benteng yang dibangun pada masa itu. Selain itu, di sekitar benteng juga terdapat beberapa peninggalan sejarah lain seperti museum dan makam raja-raja Palembang.

Kampung Arab

Kampung Arab adalah destinasi wisata budaya yang terletak di pusat Kota Palembang. Kampung ini merupakan pusat kegiatan masyarakat Arab di Palembang. Saat berkunjung ke Kampung Arab, pengunjung dapat melihat langsung bagaimana kehidupan masyarakat Arab dan juga membeli berbagai souvenir dan makanan khas Arab.

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro adalah destinasi wisata pulau yang terlet

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *