Wisata Kerinci Sungai Penuh: Menikmati Keindahan Alam Sumatera Barat

Posted on

Jika Anda mencari destinasi wisata alam yang masih asri dan belum terlalu ramai, maka Wisata Kerinci Sungai Penuh adalah pilihan yang tepat. Berada di Kabupaten Kerinci, Sumatera Barat, wisata ini menawarkan pesona alam yang memukau.

Keindahan Alam Kerinci Sungai Penuh

Wisata Kerinci Sungai Penuh memiliki keindahan alam yang masih alami dan terjaga. Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di sini, mulai dari air terjun, hutan, hingga danau. Beberapa tempat wisata yang wajib Anda kunjungi di wisata ini antara lain:

1. Air Terjun Batu Mente

Air Terjun Batu Mente merupakan salah satu air terjun yang paling terkenal di Kerinci. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah keindahan alamnya. Untuk mencapai air terjun ini, Anda harus melakukan perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Sungai Penuh.

Wisata Lainnya:  Rental Mobil Bogor - Mudahnya Mendapatkan Kendaraan yang Tepat

2. Danau Kerinci

Anda juga bisa mengunjungi Danau Kerinci yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Danau ini memiliki luas sekitar 4.200 hektar dan dihuni oleh ikan-ikan yang cukup besar. Selain menikmati keindahan danau, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing atau sekadar berjalan-jalan di sekitar danau.

3. Hutan Lindung Kerinci Seblat

Hutan Lindung Kerinci Seblat merupakan hutan lindung terbesar di Sumatera Barat. Di hutan ini, Anda bisa menikmati pesona alam yang asri dan terjaga. Selain itu, hutan ini juga menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna langka seperti harimau sumatera dan badak sumatera.

Akomodasi dan Transportasi

Untuk mencapai Wisata Kerinci Sungai Penuh, Anda bisa menggunakan transportasi darat dari kota Padang atau Jambi. Jika Anda menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus atau travel dari Padang atau Jambi ke Sungai Penuh. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan mobil pribadi dengan menempuh jarak sekitar 7-8 jam dari Padang atau Jambi.

Wisata Lainnya:  Wisata Lasem: Menikmati Pesona Sejarah dan Keindahan Alam Jawa Tengah

Sedangkan untuk akomodasi, di Sungai Penuh sendiri terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda pilih, mulai dari penginapan yang sederhana hingga hotel. Namun, jika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Anda bisa mencoba menginap di homestay yang terletak di sekitar wisata. Dengan menginap di homestay, Anda bisa merasakan suasana yang lebih dekat dengan masyarakat setempat.

Kuliner Khas Kerinci

Selain keindahan alamnya, Kerinci juga terkenal dengan kuliner khasnya yang enak dan lezat. Beberapa makanan khas yang bisa Anda coba di sini antara lain:

1. Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan makanan khas Sumatera Barat yang terkenal dengan kelezatannya. Nasi Kapau terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai jenis lauk seperti ayam rendang, gulai ikan, dan sambal lado.

2. Pempek Kerinci

Pempek Kerinci merupakan varian pempek yang cukup unik dan berbeda dari pempek pada umumnya. Pempek ini dibuat dengan menggunakan ikan patin yang khas di daerah Kerinci. Rasanya yang gurih dan lezat membuat Pempek Kerinci menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke sana.

Wisata Lainnya:  Jalan Karya Wisata Medan Johor: Menikmati Wisata Kuliner dan Budaya di Kota Medan

Kesimpulan

Wisata Kerinci Sungai Penuh merupakan destinasi wisata alam yang memukau di Sumatera Barat. Dengan keindahan alamnya yang masih asri dan terjaga, wisata ini cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dari kehidupan sehari-hari. Selain itu, kuliner khas yang enak dan lezat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *