Wisata Kereng Bangkirai: Menikmati Keindahan Alam Kalimantan Timur

Posted on

Wisata Kereng Bangkirai merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur. Terletak di Desa Bukit Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, wisata ini menawarkan panorama alam yang memukau dan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung.

Sejarah Wisata Kereng Bangkirai

Wisata Kereng Bangkirai sebenarnya merupakan hutan produksi yang dikelola oleh Perum Perhutani. Namun, sejak tahun 1990-an, hutan ini mulai dibuka untuk dijadikan objek wisata. Pada tahun 2003, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur secara resmi membuka wisata Kereng Bangkirai untuk umum.

Keunikan Wisata Kereng Bangkirai

Wisata Kereng Bangkirai menawarkan keunikan berupa jembatan gantung yang terbuat dari kayu ulin dengan panjang mencapai 64 meter dan ketinggian mencapai 30 meter dari permukaan tanah. Jembatan ini menjadi ikon wisata Kereng Bangkirai dan menjadi salah satu yang terpanjang di Asia.

Wisata Lainnya:  Wisata Outbound: Menikmati Petualangan Seru di Alam Terbuka

Selain jembatan gantung, wisata ini juga menawarkan trekking di hutan yang masih asri dan alami. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di tengah hutan.

Aktivitas Menarik di Wisata Kereng Bangkirai

Tidak hanya menikmati keindahan alam, wisata Kereng Bangkirai juga menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung, di antaranya:

1. Flying Fox

Bagi Anda yang suka tantangan, Anda dapat mencoba flying fox di wisata Kereng Bangkirai. Flying fox di sini memiliki panjang mencapai 160 meter dan ketinggian mencapai 30 meter dari permukaan tanah.

2. Arung Jeram

Bagi yang suka sensasi menantang, Anda dapat mencoba arung jeram di sungai Mahakam yang berada dekat dengan wisata Kereng Bangkirai. Sungai Mahakam memiliki jeram-jeram yang cukup menantang dan dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Camping

Jika Anda ingin merasakan sensasi berkemah di tengah hutan, wisata Kereng Bangkirai menyediakan area camping yang nyaman dan aman. Anda dapat menikmati malam di bawah langit yang cerah sambil mendengarkan suara alam yang menenangkan.

Wisata Lainnya:  Explore the Natural Beauty of Wisata Pasaman Barat

Cara Menuju Wisata Kereng Bangkirai

Untuk menuju wisata Kereng Bangkirai, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Kota Balikpapan menuju arah Samarinda. Setelah melewati Plaza Tol Balikpapan, Anda akan menemui pertigaan Tenggarong. Dari pertigaan tersebut, belok kanan menuju arah Samboja. Kemudian, ikuti jalan hingga sampai di Desa Bukit Raya, tempat wisata Kereng Bangkirai berada.

Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel dari Balikpapan menuju Samarinda. Setelah sampai di Terminal Samarinda, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti ojek atau taksi menuju wisata Kereng Bangkirai.

Harga Tiket Masuk Wisata Kereng Bangkirai

Harga tiket masuk wisata Kereng Bangkirai cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 20.000 per orang untuk hari biasa dan Rp 25.000 per orang untuk hari libur.

Jam Buka Wisata Kereng Bangkirai

Wisata Kereng Bangkirai buka setiap hari dari jam 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Kesimpulan

Wisata Kereng Bangkirai merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Kalimantan Timur. Wisata ini menawarkan keindahan alam yang memukau, jembatan gantung yang terpanjang di Asia, dan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung. Jangan lupa untuk mengunjungi wisata Kereng Bangkirai saat berkunjung ke Kalimantan Timur.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *