Wisata Ke Bromo dari Surabaya: Nikmati Keindahan Gunung Berapi Tertinggi di Jawa Timur

Posted on

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Terletak di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Bromo memiliki pesona alam yang memukau. Tak heran jika wisata ke Bromo dari Surabaya menjadi pilihan favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Kenapa Wisata Ke Bromo dari Surabaya?

Surabaya menjadi kota yang paling dekat dengan Gunung Bromo. Dari Surabaya, wisatawan hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam untuk sampai di kawasan Bromo. Selain itu, Surabaya juga memiliki akses transportasi yang lengkap dan mudah dijangkau oleh berbagai kota di Indonesia.

Wisata ke Bromo dari Surabaya juga memiliki banyak pilihan rute perjalanan. Wisatawan dapat memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil atau motor, atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Selain itu, wisatawan juga dapat memilih untuk menginap di sekitar Bromo atau hanya melakukan perjalanan satu hari.

Wisata Lainnya:  5 Rekomendasi Tempat Wisata yang Dekat dengan Alun-alun Bandung

Rute Perjalanan Wisata Ke Bromo dari Surabaya

Ada beberapa rute perjalanan yang dapat dipilih oleh wisatawan yang ingin berwisata ke Bromo dari Surabaya. Berikut adalah beberapa rute perjalanan yang umumnya dipilih:

1. Rute Surabaya – Probolinggo – Cemoro Lawang

Rute ini merupakan rute yang paling umum dipilih oleh wisatawan. Dari Surabaya, wisatawan dapat menggunakan bus atau travel menuju Probolinggo. Setelah sampai di Probolinggo, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota atau ojek menuju Cemoro Lawang. Dari Cemoro Lawang, wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise di Bukit Penanjakan dan berjalan kaki menuju kawah Bromo.

2. Rute Surabaya – Pasuruan – Wonokitri

Rute ini merupakan rute alternatif yang dapat dipilih oleh wisatawan yang ingin menghindari kerumunan di Cemoro Lawang. Dari Surabaya, wisatawan dapat menggunakan bus atau travel menuju Pasuruan. Setelah sampai di Pasuruan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota atau ojek menuju Wonokitri. Dari Wonokitri, wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise di Bukit Cinta dan berjalan kaki menuju kawah Bromo.

3. Rute Surabaya – Malang – Tumpang

Rute ini merupakan rute yang paling jauh namun memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari Surabaya, wisatawan dapat menggunakan bus atau travel menuju Malang. Setelah sampai di Malang, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota atau ojek menuju Tumpang. Dari Tumpang, wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun Coban Pelangi dan berjalan kaki menuju kawah Bromo.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Cibodas: Menikmati Keindahan Alam yang Menyejukkan

Fasilitas Wisata Ke Bromo dari Surabaya

Wisata ke Bromo dari Surabaya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan wisatawan. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

1. Sewa Kendaraan

Wisatawan dapat menyewa kendaraan seperti mobil atau motor untuk perjalanan ke Bromo. Harga sewa kendaraan bervariasi tergantung jenis dan durasi sewa, namun umumnya berkisar antara Rp 300.000 – Rp 700.000 per hari.

2. Homestay dan Hotel

Wisatawan dapat memilih untuk menginap di homestay atau hotel yang tersedia di sekitar Bromo. Harga penginapan bervariasi tergantung jenis dan fasilitas yang disediakan, namun umumnya berkisar antara Rp 100.000 – Rp 1.000.000 per malam.

3. Guide dan Jeep

Wisatawan dapat menyewa jasa guide dan jeep untuk menjelajahi Bromo. Guide akan membantu wisatawan dalam menjelajahi Bromo dan memberikan informasi seputar Bromo. Harga sewa guide bervariasi tergantung durasi sewa, namun umumnya berkisar antara Rp 300.000 – Rp 500.000 per hari. Sedangkan harga sewa jeep berkisar antara Rp 700.000 – Rp 1.000.000 tergantung durasi sewa dan rute perjalanan.

Wisata Lainnya:  Wisata Jempol: Destinasi Liburan Menarik di Indonesia

Tips Berwisata Ke Bromo dari Surabaya

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu wisatawan dalam berwisata ke Bromo dari Surabaya:

1. Persiapkan Fisik

Perjalanan ke Bromo memerlukan fisik yang prima. Wisatawan disarankan untuk beristirahat yang cukup sebelum perjalanan dan membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup.

2. Pakai Pakaian yang Tepat

Gunung Bromo memiliki suhu yang dingin, terutama pada malam dan pagi hari. Wisatawan disarankan untuk membawa jaket tebal dan pakaian hangat lainnya. Selain itu, wisatawan juga disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan anti-selip.

3. Datang Lebih Awal

Agar dapat menikmati keindahan sunrise di Bukit Penanjakan, wisatawan disarankan untuk datang lebih awal, sekitar pukul 03.00 – 04.00 pagi.

Kesimpulan

Wisata ke Bromo dari Surabaya merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Indonesia. Dengan akses yang mudah dan banyak pilihan rute perjalanan, wisata ke Bromo dari Surabaya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Selain itu, dengan fasilitas yang lengkap dan tips yang tepat, wisatawan dapat menikmati Bromo dengan aman dan nyaman.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *