Wisata Jolotundo: Wisata Spiritual yang Menyegarkan

Posted on

Wisata Jolotundo adalah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Wisata ini memiliki konsep wisata spiritual yang menyegarkan. Wisata Jolotundo sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Timur dan bahkan wisatawan luar daerah.

Sejarah Wisata Jolotundo

Wisata Jolotundo memiliki sejarah yang cukup panjang. Menurut legenda, tempat ini merupakan tempat pemandian raja-raja Majapahit. Selain itu, tempat ini juga dianggap sebagai tempat pemandian raja-raja Kerajaan Mataram Kuno.Namun, menurut sejarah yang lebih jelas, tempat ini didirikan oleh seorang Resi bernama Mpu Bharada pada abad ke-10. Mpu Bharada adalah seorang tokoh yang sangat dihormati oleh masyarakat Jawa karena dianggap sebagai tokoh yang memiliki kekuatan spiritual yang tinggi.

Daya Tarik Wisata Jolotundo

Wisata Jolotundo memiliki banyak daya tarik yang membuat wisatawan betah untuk mengunjungi tempat ini. Salah satu daya tariknya adalah keindahan alam yang masih sangat asri dan menyejukkan hati.Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati suasana yang sangat religius karena di sini terdapat beberapa bangunan suci seperti Cungkup Mpu Bharada dan Pancuran Tujuh. Wisatawan juga dapat melakukan ziarah ke makam Resi Mpu Bharada yang berada di sekitar tempat ini.Wisatawan juga dapat menikmati pemandian air yang berasal dari Gunung Penanggungan. Air di sini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, tempat ini juga cocok untuk berolahraga trekking karena memiliki rute yang sangat menantang.

Wisata Lainnya:  Wisata Waduk Pacal: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Fasilitas di Wisata Jolotundo

Wisata Jolotundo memiliki banyak fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan untuk menjelajahi tempat ini. Ada fasilitas parkir, toilet, restoran, dan penginapan. Selain itu, terdapat juga fasilitas penyewaan perlengkapan seperti tenda dan matras untuk camping.

Tips Berkunjung ke Wisata Jolotundo

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat berkunjung ke Wisata Jolotundo:- Datanglah pada saat hari biasa agar tidak terlalu ramai.- Jangan lupa membawa perlengkapan yang cukup seperti obat-obatan dan pakaian hangat jika Anda ingin camping.- Sediakan waktu yang cukup untuk menikmati keindahan alam di sekitar tempat ini.- Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar tempat ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Jolotundo

Untuk masuk ke Wisata Jolotundo, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang.

Alamat dan Kontak Wisata Jolotundo

Wisata Jolotundo terletak di Desa Jolotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor telepon (0321) 689102.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Linggarjati: Wisata Sejarah dan Alam di Jawa Barat

Kesimpulan

Wisata Jolotundo adalah destinasi wisata yang cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus suasana yang religius. Wisata ini juga cocok untuk wisatawan yang ingin berolahraga trekking dan camping. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, wisatawan dapat menikmati semua fasilitas yang ada di tempat ini. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam di sekitar tempat ini agar wisata ini tetap lestari.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *