Wisata Jogja Taman Sari: Menikmati Kekayaan Budaya Keraton Yogyakarta

Posted on

Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Salah satu tempat wisata yang tak boleh dilewatkan adalah Taman Sari. Taman Sari merupakan sebuah kompleks keraton yang dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi dan tempat mandi keluarga kerajaan.

Sejarah Taman Sari

Taman Sari dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Awalnya, Taman Sari berfungsi sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Namun, pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono III, Taman Sari diubah menjadi tempat mandi dan tempat bermain air.

Taman Sari memiliki beberapa bagian, yaitu Kedhaton (tempat tinggal Sultan), Kemandhungan (tempat tinggal keluarga kerajaan), dan Sumur Gumuling (tempat mandi dan bermain air).

Keindahan Taman Sari

Taman Sari memiliki keindahan alam yang memukau. Bagian Sumur Gumuling adalah salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi. Sumur Gumuling merupakan sebuah tempat mandi yang terletak di bawah tanah. Di dalam Sumur Gumuling terdapat kolam yang dikelilingi oleh lorong-lorong kecil yang menarik. Tempat ini sangat cocok untuk foto-foto atau sekedar bersantai.

Wisata Lainnya:  Wisata Bendungan Kamijoro: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota

Taman Sari juga memiliki keindahan arsitektur yang sangat menarik. Kedhaton dan Kemandhungan memiliki arsitektur yang khas dengan sentuhan seni Jawa yang begitu indah. Selain itu, ada juga beberapa bangunan bersejarah yang masih terjaga dengan baik, seperti Masjid Gedhe Kauman dan Pasar Ngasem.

Kegiatan di Taman Sari

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Sari. Selain berfoto-foto dan bersantai di Sumur Gumuling, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di sekitar kompleks keraton dan menikmati keindahan arsitektur keraton. Pengunjung juga bisa mengunjungi Masjid Gedhe Kauman dan Pasar Ngasem yang berada di sekitar kompleks Taman Sari.

Jika ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah dan kebudayaan Keraton Yogyakarta, pengunjung bisa mengunjungi Museum Keraton Yogyakarta yang berada di sebelah barat Taman Sari. Di museum ini, pengunjung bisa melihat koleksi benda-benda bersejarah dan seni yang berkaitan dengan Keraton Yogyakarta.

Transportasi dan Akomodasi

Taman Sari terletak di pusat kota Yogyakarta, sehingga mudah dijangkau dari berbagai tempat. Pengunjung bisa menggunakan angkutan umum seperti bus atau kereta api, atau menggunakan taksi atau ojek online.

Wisata Lainnya:  Wisata Amsterdam: Menemukan Kota Terindah di Eropa

Untuk akomodasi, di sekitar Taman Sari terdapat banyak pilihan hotel dan penginapan dengan harga yang bervariasi. Pengunjung bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan mereka.

Tips untuk Pengunjung

Untuk pengunjung yang ingin mengunjungi Taman Sari, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Pertama, datanglah pada hari biasa untuk menghindari keramaian. Kedua, jangan lupa mempersiapkan diri dengan membawa air minum dan payung atau topi untuk melindungi dari terik matahari. Ketiga, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang sopan dan nyaman.

Kesimpulan

Taman Sari adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Selain keindahan alamnya, Taman Sari juga memiliki keindahan arsitektur dan sejarah yang sangat menarik. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Sari, seperti berjalan-jalan, berfoto-foto, dan mengunjungi museum. Pengunjung yang ingin mengunjungi Taman Sari sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku di kompleks keraton.

Post Lainnya:
Wisata Lainnya:  Wisata Seru di Cibitung: Nikmati Keindahan Alam dan Sejarahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *