Tempat Wisata Kudus 2018: Destinasi Liburan Seru di Tahun Ini

Posted on

Kudus, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang kaya akan sejarah dan budaya. Selain terkenal dengan kerupuknya, Kudus juga menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata sejarah, tetapi juga wisata alam dan kuliner. Apa saja tempat wisata Kudus yang wajib dikunjungi di tahun 2018? Simak ulasan berikut ini.

1. Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus adalah tempat yang paling populer di Kudus. Sunan Kudus adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah penyebaran agama Islam di Indonesia. Di kompleks makam ini, pengunjung bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan yang khas, serta menimba ilmu sejarah tentang perjuangan Sunan Kudus.

2. Bukit Kapur Kudus

Bagi pecinta alam, Bukit Kapur Kudus adalah tempat yang wajib dikunjungi. Bukit Kapur terletak di Desa Gondosuli, Kecamatan Dawe, Kudus. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain itu, di Bukit Kapur juga terdapat sebuah gua yang cukup menarik untuk dijelajahi.

3. Gunung Muria

Gunung Muria adalah gunung yang terletak di perbatasan Kudus, Pati, dan Jepara. Gunung ini memiliki ketinggian 1.602 mdpl. Para pendaki yang menaklukkan Gunung Muria akan disuguhkan pemandangan yang indah dari puncaknya. Selain itu, Gunung Muria juga dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat sekitar.

4. Museum Kretek

Museum Kretek adalah tempat wisata yang cocok bagi pecinta rokok kretek. Di museum ini, pengunjung bisa melihat koleksi rokok kretek dari berbagai merk, mulai dari yang paling tua hingga yang terbaru. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati proses pembuatan rokok kretek secara langsung.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Pantai Carita Anyer Banten

5. Pantai Bandengan

Bagi yang mencari tempat untuk berlibur dengan keluarga, Pantai Bandengan adalah pilihan yang tepat. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, seperti berenang, berjemur, atau bermain pasir.

6. Pantai Kartini

Pantai Kartini adalah salah satu pantai terindah di Kudus. Pantai ini dinamakan sesuai dengan nama seorang pahlawan nasional, R.A. Kartini. Pantai ini memiliki panorama yang indah, terutama saat matahari terbenam. Selain itu, di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kolam renang, arena bermain anak, dan restoran.

7. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul adalah monumen yang dibangun untuk memperingati pertempuran 5 hari di daerah Gumul pada masa revolusi kemerdekaan. Monumen ini memiliki patung pahlawan yang sangat besar yang bisa dilihat dari jarak yang jauh. Selain itu, di area sekitar monumen juga terdapat taman dan jogging track.

8. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan adalah salah satu kampung batik yang terkenal di Solo. Kampung ini memiliki berbagai kios yang menjual batik dengan motif yang beragam. Di kampung ini, pengunjung juga bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung.

9. Gereja Ayam

Gereja Ayam adalah bangunan gereja yang unik dan menjadi ikon kota Kudus. Bangunan gereja ini memiliki bentuk seperti ayam jantan yang sedang bertelur. Gereja ini sering dijadikan sebagai latar belakang foto oleh wisatawan yang berkunjung ke Kudus.

10. Menara Kudus

Menara Kudus adalah menara yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Menara ini memiliki ketinggian 25 meter dan terletak di dekat Masjid Agung Kudus. Dari menara ini, pengunjung bisa melihat pemandangan kota Kudus yang indah.

11. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu adalah air terjun yang terletak di perbatasan Kudus, Pati, dan Jepara. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki sekitar 100 anak air terjun yang berjejer rapi. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun yang masih asri.

12. Desa Wisata Karanganyar

Desa Wisata Karanganyar adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Jekulo, Kudus. Desa ini menawarkan wisata agro dan edukasi. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan gula kelapa, pengolahan kopi, dan memanen sayuran di kebun. Selain itu, pengunjung juga bisa menginap di homestay yang tersedia di desa ini.

13. Masjid Agung Kudus

Masjid Agung Kudus adalah masjid yang terletak di pusat kota Kudus. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan campuran gaya Cina, Hindu, dan Islam. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan keagamaan di Kudus.

Wisata Lainnya:  PT Malika Wisata Utama: Pengalaman Wisata yang Tidak Terlupakan

14. Taman Wisata Alam Kudus

Taman Wisata Alam Kudus adalah taman rekreasi yang terletak di Desa Ngampel, Kecamatan Dawe, Kudus. Taman ini menawarkan berbagai wahana seperti flying fox, perahu kano, dan jungle tracking. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti area parkir, mushola, dan warung makan.

15. Goa Jepang

Goa Jepang adalah goa yang digunakan sebagai tempat persembunyian tentara Jepang pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Goa ini memiliki panjang sekitar 250 meter dan lebar sekitar 5 meter. Di dalam goa ini, pengunjung bisa melihat sisa-sisa perlengkapan militer Jepang seperti senjata dan amunisi.

16. Makam Batik Kudus

Makam Batik Kudus adalah tempat pemakaman para pengrajin batik Kudus. Di tempat ini, pengunjung bisa melihat makam para pengrajin batik yang terkenal di Kudus. Selain itu, di sekitar makam juga terdapat kios-kios yang menjual batik Kudus.

17. Pantai Widuri

Pantai Widuri adalah pantai yang terletak di Desa Widuri, Kecamatan Dawe, Kudus. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih yang lembut. Selain itu, di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti warung makan, gazebo, dan area parkir.

18. Benteng Pendem

Benteng Pendem adalah benteng yang dibangun pada masa penjajahan Belanda. Benteng ini memiliki luas sekitar 2,5 hektar dan terletak di Desa Pendem, Kecamatan Mejobo, Kudus. Di dalam benteng ini, pengunjung bisa melihat peninggalan-peninggalan sejarah pada masa penjajahan Belanda.

19. Taman Mini Indonesia Indah Kudus

Taman Mini Indonesia Indah Kudus adalah taman rekreasi yang menampilkan berbagai miniatur bangunan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai wahana seperti perahu kano, sepeda air, dan kereta mini.

20. Waduk Sempor

Waduk Sempor adalah waduk buatan yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Mejobo, Kudus. Waduk ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar dan digunakan sebagai sumber air irigasi. Selain itu, di sekitar waduk juga terdapat berbagai fasilitas seperti restoran, area parkir, dan lapangan olahraga.

21. Kawasan Industri Kretek Kudus

Kudus merupakan kota yang terkenal dengan produksi rokok kreteknya. Di kawasan industri kretek Kudus, pengunjung bisa melihat proses pembuatan rokok kretek dari dekat. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai kios yang menjual rokok kretek dengan berbagai merk.

Wisata Lainnya:  Kata Kata Lucu di Tempat Wisata

22. Masjid Agung Al-Huda

Masjid Agung Al-Huda adalah masjid yang terletak di Desa Jati, Kecamatan Jati, Kudus. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan atap yang berbentuk limas terbalik. Masjid ini juga menjadi pusat kegiatan keagamaan di Kudus.

23. Pantai Rembang

Pantai Rembang adalah pantai yang terletak di Desa Rembang, Kecamatan Mejobo, Kudus. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir yang putih dan halus. Selain itu, di pantai ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti gazebo, warung makan, dan area parkir.

24. Kampung Ukir Jepara

Kampung Ukir Jepara adalah kampung yang terkenal dengan kerajinan ukirnya. Di kampung ini, pengunjung bisa melihat proses pembuatan ukiran kayu secara langsung. Selain itu, di kampung ini juga terdapat berbagai kios yang menjual kerajinan ukir kayu dengan berbagai motif.

25. Bendungan Gebang

Bendungan Gebang adalah bendungan yang terletak di Desa Gebang, Kecamatan Gebog, Kudus. Bendungan ini memiliki luas sekitar 1.000 hektar dan digunakan sebagai sumber air irigasi. Selain itu, di sekitar bendungan juga terdapat berbagai fasilitas seperti gazebo, warung makan, dan area parkir.

26. Jembatan Merah Kudus

Jembatan Merah Kudus adalah jembatan yang terletak di Kota Kudus. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 300 meter dan melintasi Sungai Serang. Jembatan ini sering dijadikan sebagai latar belakang foto oleh wisatawan yang berkunjung ke Kudus.

27. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia adalah taman bunga yang terletak di Desa Teguhan, Kecamatan Dawe, Kudus. Taman ini menampilkan berbagai jenis bunga celosia yang berwarna-warni. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti gazebo dan warung makan.

28. Goa Maria

Goa Maria adalah goa yang terletak di Desa Ngemplak, Kecamatan Bae, Kudus. Goa ini merupakan tempat ziarah bagi umat Katolik karena di dalam goa ini terdapat patung Bunda Maria yang besar. Di sekitar goa juga terdapat taman yang cocok untuk bersantai.

29. Pabrik Genteng Kudus

Kudus merupakan kota yang terkenal dengan produksi gentengnya. Di pabrik genteng Kudus, pengunjung bisa melihat proses pembuatan genteng dari dekat. Selain itu, di pabrik ini juga terdapat berbagai kios yang menjual genteng dengan berbagai motif.

30.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *