Wisata Jogja Murah 2018: Nikmati Liburan Hemat ke Yogyakarta

Posted on

Yogyakarta atau Jogja merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Jogja juga memiliki sejarah dan budaya yang kaya. Namun, seringkali liburan ke Jogja dianggap sebagai liburan yang mahal. Padahal, kini ada banyak pilihan wisata Jogja murah 2018 yang bisa kamu nikmati.

1. Wisata Alam

Salah satu keunggulan Jogja adalah keindahan alamnya. Ada banyak tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi dengan harga terjangkau. Misalnya, Pantai Parangtritis yang terkenal dengan keindahan sunset-nya. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Wisata Mangrove Kulon Progo atau Kebun Buah Mangunan. Harga tiket masuk ke tempat-tempat tersebut berkisar antara 5-15 ribu rupiah saja.

2. Wisata Sejarah dan Budaya

Sebagai kota pelajar, Jogja memiliki banyak tempat wisata sejarah dan budaya yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah Keraton Jogja yang merupakan pusat kebudayaan dan sejarah Jawa. Harga tiket masuk ke Keraton Jogja hanya sekitar 15 ribu rupiah saja. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Candi Prambanan atau Candi Borobudur dengan harga tiket masuk sekitar 30 ribu rupiah.

Wisata Lainnya:  Wisata Puncak Mustika Manik: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Kota Depok

3. Wisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi kuliner khasnya. Ada banyak kuliner Jogja yang murah dan enak. Misalnya, Gudeg, Nasi Kucing, atau Bakmi Jawa. Harga makanan di Jogja relatif terjangkau, mulai dari 10 ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati sajian lezat.

4. Wisata Belanja

Tak hanya terkenal dengan wisata alam dan sejarahnya, Jogja juga memiliki pusat perbelanjaan yang murah. Kamu bisa mengunjungi Pasar Beringharjo yang terkenal dengan kerajinan tangan dan batiknya. Atau, kamu juga bisa mengunjungi Malioboro yang terkenal dengan harga barang-barangnya yang murah. Kamu bisa membeli oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang terjangkau.

5. Wisata Edukasi

Jogja juga memiliki banyak tempat wisata edukasi yang dapat kamu kunjungi. Misalnya, Museum Ullen Sentalu yang memamerkan koleksi benda-benda bersejarah dari Keraton dan keluarga kerajaan Jogja. Harga tiket masuk ke museum ini sekitar 50 ribu rupiah. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Taman Pintar yang menyajikan berbagai macam wahana edukasi dan aktivitas belajar.

6. Wisata Petualangan

Bagi kamu yang suka petualangan, Jogja juga memiliki banyak tempat wisata petualangan yang bisa kamu kunjungi. Misalnya, Goa Jomblang yang menawarkan pengalaman menyusuri gua dengan menggunakan tali. Harga tiket masuk ke Goa Jomblang sekitar 450 ribu rupiah. Selain itu, kamu juga bisa mencoba rafting di Sungai Elo dengan harga sekitar 150 ribu rupiah.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Fatumnasi

7. Wisata Religi

Bagi kamu yang ingin mencari kedamaian dan kebersamaan dengan sesama muslim, Jogja memiliki banyak tempat wisata religi yang bisa kamu kunjungi. Misalnya, Masjid Agung Jogja yang merupakan salah satu masjid terbesar di Jogja. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri atau Makam Sunan Kalijaga di Demak.

8. Transportasi Murah

Selain memiliki banyak pilihan wisata murah, Jogja juga memiliki transportasi murah yang bisa kamu gunakan. Misalnya, kamu bisa menggunakan Trans Jogja dengan harga tiket hanya sekitar 3 ribu rupiah. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan ojek online atau rental motor dengan harga yang terjangkau.

9. Akomodasi Murah

Untuk akomodasi, Jogja juga memiliki banyak pilihan hotel atau penginapan yang murah. Misalnya, kamu bisa menginap di hotel-hotel budget seperti Hotel Dafam Fortuna Malioboro atau Grand Tjokro Yogyakarta. Harga menginap di hotel-hotel tersebut mulai dari 300 ribu rupiah per malam.

10. Paket Wisata Murah

Jika kamu ingin liburan ke Jogja dengan lebih praktis, kamu bisa memilih paket wisata murah. Banyak travel agent yang menawarkan paket wisata Jogja murah 2018 dengan harga yang terjangkau. Paket wisata biasanya sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, transportasi, dan tiket masuk ke tempat wisata. Harga paket wisata mulai dari sekitar 1 juta rupiah per orang.

Wisata Lainnya:  Wisata Kereng Bangkirai: Menikmati Keindahan Alam Kalimantan Timur

11. Tips Liburan Murah ke Jogja

Untuk mendapatkan liburan murah ke Jogja, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut:

  • Pilih waktu liburan di luar musim liburan sekolah atau akhir pekan.
  • Cari tiket pesawat atau kereta api promo.
  • Pilih hotel atau penginapan yang murah dan strategis.
  • Cari tempat wisata yang murah dan terjangkau.
  • Membawa bekal makanan dan minuman sendiri untuk menghemat biaya makan.
  • Gunakan transportasi umum atau ojek online untuk menghemat biaya transportasi.

Kesimpulan

Liburan ke Jogja tidak harus mahal. Ada banyak pilihan wisata Jogja murah 2018 yang bisa kamu nikmati. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, kuliner, belanja, edukasi, petualangan, religi, hingga transportasi dan akomodasi yang murah. Dengan mengikuti tips liburan murah ke Jogja, kamu bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus merogoh kocek yang dalam.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *