Wisata Jawa Timur 2019: Menjelajahi Keindahan Alam dan Budaya

Posted on

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam. Beragamnya keindahan alam dan budaya membuat Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Di tahun 2019 ini, Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Selatan Jawa Timur

Jawa Timur memiliki pantai-pantai yang indah di sepanjang pantai selatan. Salah satu pantai yang sangat populer di Jawa Timur adalah Pantai Klayar. Pantai Klayar terkenal dengan formasi batuan karangnya yang unik dan indah. Selain Pantai Klayar, masih banyak pantai-pantai lain di Jawa Timur yang tidak kalah indah, seperti Pantai Banyu Tibo dan Pantai Banyu Anjlok.

Wisata Belanja di Jawa Timur

Selain wisata alam, Jawa Timur juga memiliki tempat wisata belanja yang menarik. Salah satu tempat belanja yang populer di Jawa Timur adalah Pasar Atum. Pasar Atum terkenal dengan beragamnya produk-produk unik dan murah. Selain Pasar Atum, masih banyak tempat belanja lain yang dapat dikunjungi di Jawa Timur, seperti Pasar Turi dan Pasar Genteng.

Wisata Sejarah di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki sejarah yang sangat panjang dan kaya. Beberapa tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Candi Penataran dan Candi Jawi. Candi Penataran merupakan salah satu candi terbesar di Jawa Timur dan memiliki keindahan arsitektur yang sangat khas. Sedangkan Candi Jawi merupakan candi yang terletak di dekat Gunung Bromo dan memiliki pemandangan yang indah.

Wisata Kuliner di Jawa Timur

Jawa Timur juga terkenal dengan kekayaan kuliner yang sangat beragam. Beberapa makanan khas Jawa Timur yang terkenal antara lain Sate Madura dan Rawon. Sate Madura terkenal dengan kelezatannya dan kini telah tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang terkenal dengan kuahnya yang sangat gurih.

Wisata Lainnya:  Wisata Kampung Rawa: Wisata Asyik di Tengah Lingkungan Alami

Wisata Alam di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Jawa Timur adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah. Selain Gunung Bromo, masih banyak tempat wisata alam lain di Jawa Timur yang dapat dikunjungi, seperti Taman Nasional Alas Purwo dan Kawah Ijen.

Wisata Budaya di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam. Beberapa tempat wisata budaya yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Trowulan dan Museum Mpu Tantular. Trowulan merupakan kota kuno Majapahit yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya. Sedangkan Museum Mpu Tantular merupakan museum yang menyimpan beragam benda-benda budaya Jawa Timur.

Wisata Religi di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat wisata religi yang sangat populer di kalangan umat Islam. Beberapa tempat wisata religi yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Makam Sunan Ampel dan Masjid Cheng Ho. Makam Sunan Ampel merupakan makam salah satu wali songo yang terkenal di Jawa Timur. Sedangkan Masjid Cheng Ho merupakan masjid yang terkenal dengan arsitektur yang sangat indah.

Wisata Edukasi di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat wisata edukasi yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Jatim Park dan Museum Angkut. Jatim Park merupakan taman bermain yang terkenal dengan beragamnya wahana edukasi. Sedangkan Museum Angkut merupakan museum yang menyimpan beragam jenis kendaraan dari masa ke masa.

Wisata Petualangan di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat wisata petualangan yang sangat menantang, seperti Rafting di Sungai Pekalen dan Paralayang di Gunung Arjuno. Rafting di Sungai Pekalen terkenal dengan arusnya yang sangat deras dan menantang. Sedangkan Paralayang di Gunung Arjuno terkenal dengan pemandangan alam yang sangat indah.

Wisata Pantai 3 Warna di Jawa Timur

Pantai 3 Warna adalah pantai yang terletak di daerah Malang, Jawa Timur. Pantai ini terkenal dengan keindahan warna air lautnya yang sangat indah. Pantai 3 Warna juga terkenal dengan aktivitas snorkeling dan diving yang sangat menarik.

Wisata Kota Lama di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki kota-kota lama yang sangat bersejarah. Beberapa kota lama yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Kota Batu dan Kota Malang. Kota Batu terkenal dengan keindahan alamnya yang masih sangat asri. Sedangkan Kota Malang terkenal dengan bangunan-bangunan klasiknya yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Keraton Kasepuhan Cirebon, Pusatnya Ilmu Pengetahuan

Wisata Olahraga di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki tempat-tempat wisata olahraga yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Lapangan Golf di Taman Dayu dan Gunung Bromo Marathon. Lapangan Golf di Taman Dayu terkenal dengan keindahan lapangannya yang sangat luas. Sedangkan Gunung Bromo Marathon adalah ajang lari marathon yang terkenal di Indonesia.

Wisata Air Terjun di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki air terjun-air terjun yang sangat indah. Beberapa air terjun yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Air Terjun Madakaripura dan Air Terjun Sendang Gile. Air Terjun Madakaripura terkenal dengan keindahan air terjunnya yang sangat tinggi. Sedangkan Air Terjun Sendang Gile terkenal dengan keindahan alam di sekitarnya yang sangat asri.

Wisata Festival di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki beragam festival yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Festival Jember Fashion Carnaval dan Festival Gondanglegi. Festival Jember Fashion Carnaval adalah festival yang menampilkan kostum-kostum unik dan menarik dari berbagai daerah di Indonesia. Sedangkan Festival Gondanglegi adalah festival yang menampilkan seni budaya Jawa Timur.

Wisata Alam Laut di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki keindahan alam laut yang sangat menakjubkan. Beberapa tempat wisata alam laut yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Pulau Sempu dan Pantai Pasir Putih. Pulau Sempu terkenal dengan keindahan pantainya yang masih sangat asri. Sedangkan Pantai Pasir Putih terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang sangat halus.

Wisata Kesenian di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki kekayaan kesenian yang sangat beragam. Beberapa kesenian yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Reog Ponorogo dan Ludruk. Reog Ponorogo adalah kesenian yang terkenal dengan keindahan topengnya yang sangat besar. Sedangkan Ludruk adalah kesenian yang terkenal dengan teatrikalnya yang sangat menarik.

Wisata Taman Nasional di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki taman nasional yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Taman Nasional Meru Betiri dan Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Meru Betiri terkenal dengan keindahan pantainya yang masih sangat asri. Sedangkan Taman Nasional Baluran terkenal dengan keindahan savananya yang sangat luas.

Wisata Belanja Oleh-oleh di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki oleh-oleh yang sangat terkenal dan dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk dibawa pulang. Beberapa oleh-oleh yang terkenal di Jawa Timur antara lain Keripik Singkong dan Keripik Pisang. Keripik Singkong terkenal dengan kelezatannya yang sangat khas. Sedangkan Keripik Pisang terkenal dengan kelezatannya yang sangat renyah.

Wisata Bukit di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki bukit-bukit yang sangat indah dan menakjubkan. Beberapa bukit yang dapat dikunjungi di Jawa Timur antara lain Bukit Jaddih dan Bukit Tengger. Bukit Jaddih terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat asri. Sedangkan Bukit Tengger terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah.

Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di Kepanjen yang Wajib Dikunjungi

Wisata Air di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki wisata air yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Waduk Selorejo dan Waduk Kedung Ombo. Waduk Selorejo terkenal dengan keindahan airnya yang sangat jernih. Sedangkan Waduk Kedung Ombo terkenal dengan keindahan pemandangan alamnya yang sangat asri.

Wisata Edukasi Anak di Jawa Timur

Jawa Timur memiliki tempat-tempat wisata edukasi anak yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Batu Secret Zoo dan Museum Angkut. Batu Secret Zoo adalah taman safari yang menampilkan berbagai binatang dari seluruh dunia. Sedangkan Museum Angkut adalah museum yang menyimpan beragam jenis kendaraan dari masa ke masa.

Wisata Agro di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki wisata agro yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Kebun Teh Wonosari dan Kebun Apel Tawangmangu. Kebun Teh Wonosari terkenal dengan keindahan kebun tehnya yang sangat asri. Sedangkan Kebun Apel Tawangmangu terkenal dengan kelezatan apelnya yang sangat khas.

Wisata Religi Hindu di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat wisata religi Hindu yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Penataran dan Pura Luhur Giri Salaka. Candi Penataran merupakan salah satu candi terbesar di Jawa Timur dan memiliki keindahan arsitektur yang sangat khas. Sedangkan Pura Luhur Giri Salaka merupakan pura yang terletak di dekat Gunung Bromo dan memiliki pemandangan yang indah.

Wisata Religi Buddha di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat wisata religi Buddha yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Borobudur dan Vihara Bumi Shanti. Candi Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia dan memiliki keindahan arsitektur yang sangat khas. Sedangkan Vihara Bumi Shanti merupakan vihara yang terletak di dekat Kota Malang dan memiliki pemandangan yang indah.

Wisata Religi Kristen di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat wisata religi Kristen yang sangat menarik untuk dikunjungi, seperti Gereja Ayam dan Gereja GBKP. Gereja Ayam merupakan gereja yang terkenal dengan keunikannya yang sangat unik. Sedangkan Gereja GBKP merupakan gereja yang terletak di dekat Kota Malang dan memiliki arsitektur yang sangat indah.

Wisata Religi Katolik di Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki tempat-tempat

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *