Wisata House of Sampoerna: Menikmati Sejarah Rokok di Surabaya

Posted on

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, terkenal dengan berbagai objek wisata menarik. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Surabaya adalah Wisata House of Sampoerna. Lokasi ini merupakan pusat museum rokok yang menawarkan pengalaman unik dalam mengeksplorasi dunia rokok.

Sejarah House of Sampoerna

House of Sampoerna dibangun pada tahun 1858 oleh Liem Seeng Tee, seorang perantau asal Tiongkok yang ingin memulai bisnis rokok di Surabaya. Berkat kerja kerasnya, bisnisnya berkembang pesat dan menjadi salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia.

Pada tahun 1932, House of Sampoerna dibeli oleh keluarga Sampoerna dan tetap menjadi pusat produksi rokok terkenal hingga tahun 2005. Setelah produksi rokok dipindahkan ke pabrik baru, House of Sampoerna diubah menjadi museum dan pusat wisata.

Pengalaman Wisata

Wisata House of Sampoerna menawarkan pengalaman interaktif bagi para pengunjung. Setiap pengunjung akan mendapatkan tur gratis dari pemandu wisata yang berpengalaman. Selama tur, pengunjung akan diajak melihat berbagai proses produksi rokok, dari awal hingga produk jadi.

Wisata Lainnya:  Hotel Wisata Labuan Bajo: Akomodasi Terbaik untuk Liburan Anda

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat koleksi artefak dan memorabilia dari sejarah rokok di Indonesia. Ada pula ruang pamer karya seni dan instalasi modern yang menarik.

Bagi yang ingin mencoba membuat rokok sendiri, House of Sampoerna juga menawarkan kelas membuat rokok yang bisa diikuti oleh pengunjung. Di kelas ini, pengunjung akan diajari teknik membuat rokok yang baik dan benar.

Fasilitas

Wisata House of Sampoerna dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Ada tempat parkir yang luas, area makan dan minum, serta toko suvenir yang menjual berbagai produk berkaitan dengan rokok.

Untuk pengunjung yang ingin mengambil foto, disediakan spot-spot menarik dengan latar belakang gedung tua dan suasana khas Indonesia.

Jadwal dan Tiket Masuk

Wisata House of Sampoerna buka setiap hari dari pukul 09.00-22.00 WIB. Tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau, yakni Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.

Jika ingin mengikuti kelas membuat rokok, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dan membayar biaya tambahan sebesar Rp 75.000 per orang.

Wisata Lainnya:  Wisata Sri Lanka: Menikmati Keindahan Negara yang Eksotis

Lokasi

Wisata House of Sampoerna terletak di Jalan Taman Sampoerna No. 6, Surabaya. Lokasinya mudah dijangkau dari berbagai tempat di Surabaya dan bisa diakses dengan kendaraan umum atau taksi.

Kesimpulan

Wisata House of Sampoerna merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi pecinta sejarah dan budaya rokok. Selain menawarkan pengalaman unik dalam mengeksplorasi dunia rokok, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Jadi, jangan lupa kunjungi Wisata House of Sampoerna saat berada di Surabaya!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *