Wisata Blumbungan: Wisata Alam yang Menakjubkan di Jawa Tengah

Posted on

Pengenalan Wisata Blumbungan

Wisata Blumbungan merupakan destinasi wisata yang terletak di desa Ngemplak, kecamatan Grabag, kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Wisata ini menawarkan panorama alam yang indah dengan pemandangan pegunungan dan kebun teh yang memukau. Blumbungan juga dikenal sebagai tempat wisata petik strawberry yang sangat populer.

Sejarah Wisata Blumbungan

Blumbungan dahulu merupakan sebuah perkebunan teh yang terletak di kaki Gunung Merbabu. Namun, seiring berjalannya waktu, lahan tersebut beralih fungsi menjadi tempat wisata alam yang menakjubkan. Saat ini, Blumbungan telah menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Jawa Tengah.

Keindahan Wisata Blumbungan

Blumbungan menawarkan panorama alam yang sangat indah dengan pemandangan pegunungan Merbabu, Merapi, dan Sumbing yang mempesona. Selain itu, kebun teh yang terhampar luas di sekitar wisata membuat suasana semakin asri dan sejuk. Pengunjung juga dapat menikmati wisata petik strawberry yang menjadi daya tarik utama di Blumbungan.

Wisata Lainnya:  Wisata Paropo Berastagi - Destinasi Wisata Alam yang Menakjubkan

Wisata Petik Strawberry di Blumbungan

Wisata petik strawberry di Blumbungan sangat populer dikalangan wisatawan. Pengunjung dapat memetik buah strawberry segar langsung dari kebun dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Selain petik strawberry, pengunjung juga dapat membeli produk olahan strawberry yang dijual di kios-kios di area wisata.

Wisata Edukasi di Blumbungan

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat belajar tentang budidaya tanaman di Blumbungan. Terdapat perkebunan sayuran dan buah-buahan yang dapat dikunjungi oleh pengunjung. Pengunjung dapat belajar cara menanam, merawat, dan memanen tanaman yang ada di Blumbungan.

Fasilitas di Wisata Blumbungan

Blumbungan menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat area parkir yang luas, toilet, mushola, dan kios-kios yang menjual oleh-oleh dan makanan ringan. Pengunjung juga dapat menyewa tenda dan memasak di area camping ground yang tersedia di Blumbungan.

Tiket Masuk Wisata Blumbungan

Untuk masuk ke area wisata Blumbungan, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya petik strawberry sebesar Rp20.000 per kg.

Wisata Lainnya:  Wisata Kandri: Menikmati Keindahan Alam yang Belum Terjamah

Jam Buka Wisata Blumbungan

Wisata Blumbungan buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Namun, untuk wisata petik strawberry, pengunjung hanya dapat melakukannya pada jam 08.00 sampai 14.00 WIB.

Cara Menuju Wisata Blumbungan

Untuk menuju wisata Blumbungan, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari kota Magelang, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum ke arah kecamatan Grabag dan turun di pertigaan Ngemplak. Selanjutnya, pengunjung dapat menggunakan ojek atau jalan kaki sekitar 2 km untuk menuju wisata Blumbungan.

Tempat Menginap di Sekitar Blumbungan

Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar Blumbungan, terdapat beberapa penginapan yang dapat dipilih. Beberapa penginapan tersebut adalah hotel, villa, dan homestay yang berada di sekitar wisata Blumbungan.

Tips Berkunjung ke Wisata Blumbungan

– Gunakan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan cuaca di Blumbungan- Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga selama di Blumbungan- Bawa uang tunai yang cukup, karena di Blumbungan tidak terdapat ATM- Beli oleh-oleh strawberry segar atau produk olahan strawberry yang dijual di kios-kios- Jangan membuang sampah sembarangan dan jaga kebersihan di area wisata

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di Jakarta Selatan dan Depok yang Wajib Dikunjungi

Keindahan Alam dan Wisata Petik Strawberry di Blumbungan

Blumbungan merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jawa Tengah. Pemandangan pegunungan dan kebun teh yang mempesona membuat suasana semakin asri dan sejuk. Wisata petik strawberry yang menjadi daya tarik utama di Blumbungan juga sangat populer dikalangan wisatawan. Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, Blumbungan menjadi destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *