Wisata di Solo Dekat Stasiun

Posted on

Jika kamu sedang berada di Solo dan mencari tempat wisata yang dekat dengan stasiun, kamu bisa mencoba beberapa destinasi menarik berikut ini.

1. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan taman rekreasi yang terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, tepat di depan Stasiun Solo Balapan. Di taman ini, kamu bisa menikmati beragam wahana seperti kereta mini, perahu, dan sepeda air. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

2. Pasar Gede Solo

Pasar Gede Solo merupakan pasar tradisional yang terletak di Jl. Gajah Mada. Pasar ini terkenal dengan arsitektur bangunan yang klasik dan bersejarah. Di dalam pasar, kamu bisa menemukan berbagai barang antik, kerajinan tangan, dan kuliner khas Solo yang lezat.

3. Keraton Kasunanan Solo

Keraton Kasunanan Solo merupakan istana kerajaan yang terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi. Di dalam keraton, kamu bisa melihat berbagai benda-benda bersejarah seperti keris, gamelan, dan lukisan. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang diselenggarakan di sini.

4. Museum Kereta Keraton Solo

Museum Kereta Keraton Solo terletak di Jl. Ronggowarsito, dekat dengan Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai kereta kuda yang biasa digunakan oleh raja dan keluarganya pada masa lampau. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi benda-benda bersejarah lainnya seperti pakaian adat dan perhiasan.

5. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu terletak di Jl. Diponegoro, sekitar 1 km dari Stasiun Solo Balapan. Pasar ini terkenal dengan barang-barang antik seperti lampu, radio, dan jam dinding. Selain itu, kamu juga bisa mencari berbagai kerajinan tangan khas Solo seperti batik dan wayang kulit di pasar ini.

Wisata Lainnya:  Wisata di Rajagaluh Majalengka: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Jawa Barat

6. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan terletak di Jl. Danurejan, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di kampung ini, kamu bisa melihat berbagai rumah-rumah tradisional yang dihiasi dengan motif batik khas Solo. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai produk batik dari pengrajin lokal di kampung ini.

7. Museum Danar Hadi

Museum Danar Hadi terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi batik langka dari seluruh Indonesia. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi keramik, perhiasan, dan kain tenun yang sangat indah.

8. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 30 km dari Stasiun Solo Balapan. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Di sekitar air terjun, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana seperti flying fox dan arung jeram.

9. Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 40 km dari Stasiun Solo Balapan. Candi ini merupakan salah satu candi Hindu yang masih aktif digunakan untuk beribadah oleh masyarakat sekitar. Di sini, kamu bisa melihat arsitektur bangunan yang unik dan pemandangan alam yang indah.

10. Candi Sukuh

Candi Sukuh terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 45 km dari Stasiun Solo Balapan. Candi ini merupakan candi Hindu yang terkenal dengan relief-relief erotisnya. Di sini, kamu bisa melihat arsitektur bangunan yang unik dan pemandangan alam yang indah.

11. Taman Balekambang

Taman Balekambang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan, sekitar 6 km dari Stasiun Solo Balapan. Taman ini memiliki berbagai wahana seperti kolam renang, lapangan futsal, dan taman bermain anak. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

12. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi batik langka dari seluruh Indonesia. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi keramik, perhiasan, dan kain tenun yang sangat indah.

13. Kampoeng Batik Laweyan

Kampoeng Batik Laweyan terletak di Jl. Danurejan, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di kampung ini, kamu bisa melihat berbagai rumah-rumah tradisional yang dihiasi dengan motif batik khas Solo. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai produk batik dari pengrajin lokal di kampung ini.

Wisata Lainnya:  Wisata di Jembrana: Menikmati Keindahan Alam di Ujung Barat Bali

14. Kampung Seni Jawa Mangkunegaran

Kampung Seni Jawa Mangkunegaran terletak di Jl. Ronggowarsito, sekitar 1 km dari Stasiun Solo Balapan. Di kampung ini, kamu bisa melihat berbagai kerajinan tangan khas Jawa seperti wayang kulit dan patung. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari berbagai tarian dan musik tradisional Jawa di kampung ini.

15. Taman Kota Surakarta

Taman Kota Surakarta terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di taman ini, kamu bisa menikmati berbagai wahana seperti kolam renang, taman bermain anak, dan skate park. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

16. Pasar Klewer

Pasar Klewer terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, sekitar 1 km dari Stasiun Solo Balapan. Pasar ini terkenal dengan berbagai produk kain seperti batik, songket, dan tenun. Selain itu, kamu juga bisa mencari berbagai aksesoris dan kerajinan tangan di pasar ini.

17. Pasar Legi Solo

Pasar Legi Solo terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Pasar ini terkenal dengan berbagai kuliner khas Solo seperti nasi liwet, gudeg, dan sate kere. Selain itu, kamu juga bisa mencari berbagai bahan makanan dan kebutuhan sehari-hari di pasar ini.

18. Pusat Grosir Solo Grand Mall

Pusat Grosir Solo Grand Mall terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di sini, kamu bisa membeli berbagai produk fashion dan aksesoris dengan harga yang terjangkau. Selain itu, pusat grosir ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara promosi dan diskon.

19. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah seperti naskah kuno, senjata tradisional, dan peralatan rumah tangga kuno. Selain itu, museum ini juga memiliki ruang baca dan perpustakaan yang lengkap.

20. Taman Vredepark

Taman Vredepark terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di taman ini, kamu bisa menikmati berbagai wahana seperti kolam renang, lapangan futsal, dan taman bermain anak. Selain itu, taman ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seperti konser musik dan pameran seni.

21. Masjid Agung Surakarta

Masjid Agung Surakarta terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Solo dengan arsitektur yang indah dan megah. Di dalam masjid, kamu bisa melihat berbagai ukiran kayu dan ornamen yang sangat indah.

Wisata Lainnya:  Wisata di Cibodas: Explore the Beauty of Nature

22. Museum Sriwedari

Museum Sriwedari terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, sekitar 1 km dari Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah seperti keris, senjata tradisional, dan kain tenun. Selain itu, museum ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seni dan budaya.

23. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di kampung ini, kamu bisa melihat berbagai rumah-rumah tradisional yang dihiasi dengan motif batik khas Solo. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai produk batik dari pengrajin lokal di kampung ini.

24. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran terletak di Kabupaten Sragen, sekitar 15 km dari Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai fosil manusia purba dan hewan yang ditemukan di Sangiran. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi benda-benda bersejarah lainnya seperti alat-alat pemotong batu dan perhiasan.

25. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 25 km dari Stasiun Solo Balapan. Goa ini terkenal dengan stalagtit dan stalagmit yang indah dan megah. Di dalam goa, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana seperti flying fox dan arung jeram.

26. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog terletak di Kabupaten Karanganyar, sekitar 25 km dari Stasiun Solo Balapan. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Di sekitar air terjun, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana seperti flying fox dan arung jeram.

27. Desa Wisata Kauman

Desa Wisata Kauman terletak di Jl. Slamet Riyadi, sekitar 2 km dari Stasiun Solo Balapan. Di desa ini, kamu bisa melihat berbagai rumah-rumah tradisional yang dihiasi dengan motif batik khas Solo. Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai produk batik dari pengrajin lokal di desa ini.

28. Museum Danes Art Veranda

Museum Danes Art Veranda terletak di Jl. Brigjen Slamet Riyadi, sekitar 1 km dari Stasiun Solo Balapan. Di museum ini, kamu bisa melihat berbagai karya seni modern dan kontemporer dari seniman-seniman Indonesia dan mancanegara. Selain itu, museum ini juga sering dijadikan tempat untuk berbagai acara seni dan budaya.

29. Taman Balekambang

Taman Balekambang terletak di Jl. Per

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *