Wisata di Pangkalan Bun: Menikmati Keindahan Alam Kalimantan Tengah

Posted on

Pangkalan Bun adalah kota kecil yang terletak di Kalimantan Tengah. Meskipun tidak sebesar kota-kota lain di Indonesia, Pangkalan Bun menyimpan keindahan alam yang tidak kalah menarik. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Pangkalan Bun yang bisa menjadi pilihan untuk liburan Anda.

1. Danau Sembuluh

Terletak sekitar 70 kilometer dari Pangkalan Bun, Danau Sembuluh adalah destinasi wisata yang cocok bagi Anda yang suka dengan pemandangan alam yang indah. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang masih alami dan dihuni oleh berbagai jenis satwa liar, seperti orangutan, bekantan, dan beruang madu.

Anda bisa menikmati pemandangan indah danau ini dengan menyewa perahu dari pengelola wisata setempat. Selain itu, Anda juga bisa melakukan trekking di sekitar danau untuk menikmati keindahan alam yang lebih dekat.

2. Tanjung Puting National Park

Tanjung Puting National Park adalah salah satu tempat wisata terbaik di Pangkalan Bun. Taman nasional ini terkenal dengan keberadaan orangutan liar yang hidup bebas di habitat alaminya. Selain itu, Tanjung Puting juga memiliki hutan mangrove yang indah dan sungai yang bisa dijelajahi dengan klotok.

Wisata Lainnya:  Wisata Kalidawir: Menikmati Pesona Alam yang Menakjubkan

Untuk mengeksplorasi Tanjung Puting, Anda bisa menyewa klotok dari pengelola wisata setempat. Selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang spektakuler dan bisa melihat orangutan liar yang berkeliaran di pohon-pohon di sepanjang sungai.

3. Pulau Kaja

Pulau Kaja adalah salah satu pulau kecil yang terletak di sekitar Pangkalan Bun. Pulau ini terkenal dengan keindahan pantainya yang masih alami dan jernih. Anda bisa menikmati aktivitas berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

Untuk menuju ke Pulau Kaja, Anda bisa menyewa perahu dari Pangkalan Bun. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit hingga satu jam tergantung dari kondisi cuaca.

4. Kampung Dayak

Di sekitar Pangkalan Bun, terdapat beberapa kampung Dayak yang masih mempertahankan tradisi dan budaya mereka. Beberapa kampung Dayak yang bisa dikunjungi antara lain Kampung Bukit Raya dan Kampung Bakonsu.

Di kampung-kampung tersebut, Anda bisa melihat langsung cara hidup dan tradisi masyarakat Dayak. Selain itu, Anda juga bisa melihat rumah adat khas Dayak yang terbuat dari kayu dan berbentuk unik.

Wisata Lainnya:  Wisata Limpakuwus Purwokerto: Menikmati Keindahan Alam di Jawa Tengah

5. Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke tempat wisata tanpa mencicipi kuliner khas daerah. Di Pangkalan Bun, ada beberapa kuliner yang wajib Anda coba, seperti sate bangkatan, ikan bakar, dan nasi kuning.

Sate bangkatan adalah sate yang terbuat dari daging kerbau dan dimasak dengan bumbu khas. Ikan bakar adalah ikan yang dibakar dengan bumbu rempah-rempah dan dimakan dengan nasi. Sedangkan nasi kuning adalah nasi yang dimasak dengan kunyit dan diberi lauk pauk seperti ayam, telur, dan sayuran.

Kesimpulan

Pangkalan Bun adalah destinasi wisata yang menarik di Kalimantan Tengah. Dari Danau Sembuluh yang indah hingga Tanjung Puting yang terkenal dengan orangutan liar, Pangkalan Bun memiliki banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kuliner khas daerah dan melihat kehidupan masyarakat Dayak yang masih mempertahankan tradisi dan budaya mereka.

Jadi, jika Anda mencari liburan yang berbeda dan menyenangkan, Pangkalan Bun bisa menjadi pilihan yang tepat. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *