Wisata di Kertosono: Menelusuri Keindahan Alam dan Budaya

Posted on

Kertosono, sebuah kota kecil yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, memiliki pesona alam yang menawan dan kekayaan budaya yang menarik untuk dijelajahi. Berikut adalah beberapa wisata di Kertosono yang patut Anda kunjungi:

1. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah salah satu gunung yang terletak di wilayah Kertosono. Gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pendaki karena keindahan alamnya yang memukau. Selain itu, Gunung Lawu juga memiliki sejarah yang menarik, karena terdapat beberapa situs bersejarah seperti Candi Sukuh dan Candi Cetho yang terletak di kaki Gunung Lawu.

2. Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah salah satu pantai yang terletak di wilayah Pacitan, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pantai ini memiliki panorama alam yang menawan, dengan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa goa dan tebing yang dapat dijadikan spot untuk berfoto.

3. Air Terjun Jolotundo

Air Terjun Jolotundo terletak di Desa Jolotundo, Kecamatan Kertosono. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam air yang cukup dalam. Air Terjun Jolotundo menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh para pecinta alam.

4. Candi Kidal

Candi Kidal adalah salah satu situs bersejarah yang terletak di Desa Kidal, Kecamatan Kertosono. Candi ini dibangun pada abad ke-13 dan merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singasari. Candi Kidal memiliki arsitektur yang indah dan menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

5. Kampung Batik Kertosono

Kampung Batik Kertosono adalah kampung yang terletak di Kecamatan Kertosono. Kampung ini dikenal sebagai pusat produksi batik dengan motif khas Kertosono. Di kampung ini, Anda dapat melihat langsung proses pembuatan batik dan membeli berbagai produk batik yang dihasilkan oleh para pengrajin setempat.

Wisata Lainnya:  Wisata Budaya di Bali: Menikmati Keindahan Pariwisata Budaya

6. Desa Wisata Paseban

Desa Wisata Paseban adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Kertosono. Desa ini memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik, seperti tari-tarian tradisional dan seni ukir kayu. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah adat yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

7. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar terletak di wilayah Batu, Malang, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Pemandian ini memiliki air panas yang berasal dari gunung api Arjuno dan memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit lainnya.

8. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Kertosono. Goa ini memiliki panjang sekitar 150 meter dan memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya relief-relief yang diukir di dinding goa. Goa Selomangleng menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh para pecinta alam.

9. Taman Wisata Alam Gunung Kendil

Taman Wisata Alam Gunung Kendil terletak di Desa Kendil, Kecamatan Kertosono. Taman ini memiliki luas sekitar 50 hektar dan memiliki berbagai macam flora dan fauna yang sangat indah. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti gazebo, area camping, dan kolam renang.

10. Pohon Beringin Gajah

Pohon Beringin Gajah adalah salah satu pohon beringin yang terletak di Desa Ngampel, Kecamatan Kertosono. Pohon ini menjadi salah satu ikon wisata di Kertosono karena memiliki diameter batang yang sangat besar, yaitu sekitar 5 meter. Selain itu, pohon ini juga menjadi tempat berteduh yang sangat nyaman.

11. Monumen Palagan Kertosono

Monumen Palagan Kertosono adalah sebuah monumen yang didirikan untuk mengenang peristiwa Palagan Ambarawa pada 12 Februari 1949. Monumen ini memiliki bentuk pohon beringin yang melambangkan kekuatan dan keabadian. Monumen Palagan Kertosono menjadi tempat bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

12. Danau Ngebel

Danau Ngebel adalah sebuah danau buatan yang terletak di wilayah Ponorogo, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Danau ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan, dengan air yang jernih dan udara yang sejuk. Di sekitar danau terdapat beberapa spot untuk berfoto dan tempat peristirahatan.

13. Museum Tragedi ’65

Museum Tragedi ’65 adalah sebuah museum yang didirikan untuk mengenang peristiwa tragedi 1965 di Indonesia. Museum ini memiliki koleksi foto, dokumen, dan rekaman yang berkaitan dengan peristiwa tersebut. Museum Tragedi ’65 menjadi tempat bersejarah yang patut dikunjungi oleh para pelajar dan peneliti sejarah.

Wisata Lainnya:  Explore Desa Wisata Petang: A Hidden Gem in Bali

14. Desa Wisata Sumberagung

Desa Wisata Sumberagung adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Kertosono. Desa ini memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik, seperti seni tari Reog dan seni musik gamelan. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah adat yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

15. Desa Wisata Karanganyar

Desa Wisata Karanganyar adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Kertosono. Desa ini memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik, seperti seni tari Jaranan dan seni ukir kayu. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah adat yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

16. Bukit Kapur Kertosono

Bukit Kapur Kertosono adalah sebuah bukit yang terletak di Kecamatan Kertosono. Bukit ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya batu-batu kapur yang berbentuk menyerupai jamur. Bukit Kapur Kertosono menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh para pecinta alam.

17. Makam Sunan Bonang

Makam Sunan Bonang adalah sebuah makam yang terletak di Desa Bonang, Kecamatan Kertosono. Makam ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Sunan Bonang, salah satu tokoh penyebar agama Islam di Jawa Timur. Makam Sunan Bonang menjadi tempat bersejarah yang patut dikunjungi oleh para pecinta sejarah.

18. Taman Rekreasi Kertosono

Taman Rekreasi Kertosono adalah sebuah taman rekreasi yang terletak di Kecamatan Kertosono. Taman ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang dan lapangan voli.

19. Desa Wisata Kedungbanteng

Desa Wisata Kedungbanteng adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Kertosono. Desa ini memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik, seperti seni tari Barongan dan seni ukir kayu. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah adat yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

20. Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci terletak di wilayah Tegal, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Pemandian ini memiliki air panas yang berasal dari gunung api Slamet dan memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit lainnya. Selain itu, di sekitar pemandian terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang dan penginapan.

21. Museum Angkut

Museum Angkut adalah sebuah museum transportasi yang terletak di Kota Batu, Malang, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Museum ini memiliki koleksi kendaraan yang sangat lengkap, mulai dari sepeda ontel hingga pesawat terbang. Museum Angkut menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh para pengunjung.

Wisata Lainnya:  5 Rekomendasi Tempat Wisata di Magelang yang Lagi Hits

22. Taman Wisata Selecta

Taman Wisata Selecta adalah sebuah taman rekreasi yang terletak di Kota Batu, Malang, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Taman ini memiliki berbagai macam wahana permainan yang cocok untuk anak-anak dan dewasa. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang dan taman bunga.

23. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di wilayah Malang Selatan, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Pantai ini memiliki keindahan alam yang sangat menawan, dengan hamparan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, di sekitar pantai terdapat beberapa pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu.

24. Pemandian Air Panas Cipanas

Pemandian Air Panas Cipanas terletak di wilayah Garut, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Pemandian ini memiliki air panas yang berasal dari gunung api Cikuray dan memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan penyakit lainnya. Selain itu, di sekitar pemandian terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang dan penginapan.

25. Desa Wisata Bumiaji

Desa Wisata Bumiaji adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kota Batu, Malang, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Desa ini memiliki kekayaan budaya yang sangat menarik, seperti seni tari Topeng Malangan dan seni ukir kayu. Selain itu, di desa ini juga terdapat beberapa rumah adat yang dapat dijadikan sebagai tempat menginap bagi para wisatawan.

26. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen adalah sebuah taman safari yang terletak di wilayah Prigen, Pasuruan, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Taman ini memiliki berbagai macam satwa yang dapat Anda lihat dari dalam mobil atau kereta. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang dan penginapan.

27. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian Air Panas Ciater terletak di wilayah Subang, namun dapat dijangkau dari Kertosono dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. Pemandian ini memiliki air panas yang berasal dari gunung api Tangkub

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *