Wisata di Kediri Jawa Timur – Nikmati Pesona Wisata Kediri yang Menakjubkan

Posted on

Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik adalah Kediri. Kediri terkenal dengan keindahan alamnya, budayanya, dan sejarahnya yang kaya. Jika Anda ingin mengunjungi Kediri, berikut adalah beberapa wisata di Kediri yang wajib Anda kunjungi.

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Kediri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.731 mdpl. Meskipun termasuk gunung berapi, Gunung Kelud memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri. Anda dapat melakukan pendakian ke puncak gunung untuk menikmati keindahan alam sekitarnya.

2. Taman Wisata Air Terjun Kedung Tritis

Taman Wisata Air Terjun Kedung Tritis adalah salah satu tempat wisata yang populer di Kediri. Tempat ini memiliki air terjun yang indah dengan air yang jernih dan sejuk. Selain menikmati keindahan air terjun, Anda juga dapat berenang dan bersantai di kolam yang tersedia di sekitar air terjun.

3. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah tempat wisata yang sangat menarik di Kediri. Goa ini memiliki gua-gua yang indah dan memiliki sejarah yang kaya. Di dalam goa ini terdapat berbagai macam arca dan relief yang berasal dari zaman Majapahit. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar goa yang sangat memukau.

4. Pantai Papuma

Pantai Papuma adalah pantai yang sangat populer di Kediri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau berenang di laut yang tenang.

Wisata Lainnya:  Wisata Jonggol Terdekat: Menikmati Liburan di Dekat Rumah

5. Candi Penataran

Candi Penataran adalah salah satu candi terbesar di Jawa Timur. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri pada abad ke-12. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kediri.

6. Waduk Sengguruh

Waduk Sengguruh adalah tempat wisata yang menarik di Kediri. Tempat ini memiliki waduk yang indah dan sangat cocok untuk olahraga air seperti berenang, memancing, dan berperahu. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar waduk yang sangat memukau.

7. Gunung Klotok

Gunung Klotok adalah gunung yang terletak di Kediri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.422 mdpl. Meskipun termasuk gunung yang cukup sulit untuk didaki, Gunung Klotok memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

8. Air Terjun Sumber Udel

Air Terjun Sumber Udel adalah air terjun yang terletak di Kediri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, Air Terjun Sumber Udel memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

9. Makam Ki Ageng Tarub

Makam Ki Ageng Tarub adalah makam yang terletak di Kediri. Ki Ageng Tarub adalah salah satu tokoh legendaris di Jawa Timur. Makam ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kediri.

10. Museum Kediri

Museum Kediri adalah museum yang terletak di Kediri. Museum ini memiliki koleksi benda-benda sejarah dan budaya yang sangat beragam. Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Kediri dengan mengunjungi museum ini.

11. Taman Wisata Alam Kediri

Taman Wisata Alam Kediri adalah taman wisata yang terletak di Kediri. Taman ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau dengan berbagai macam tumbuhan dan binatang di dalamnya. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sepanjang taman.

12. Goa Anoman

Goa Anoman adalah tempat wisata yang menarik di Kediri. Goa ini memiliki gua-gua yang indah dan memiliki sejarah yang kaya. Di dalam goa ini terdapat berbagai macam arca dan relief yang berasal dari zaman Majapahit.

13. Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng adalah pantai yang terletak di Kediri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau berenang di laut yang tenang.

14. Bendungan Sigura-gura

Bendungan Sigura-gura adalah tempat wisata yang menarik di Kediri. Tempat ini memiliki bendungan yang indah dan sangat cocok untuk olahraga air seperti berenang, memancing, dan berperahu. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar bendungan yang sangat memukau.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Deli Serdang: Menikmati Kecantikan Alam dan Sejarah di Sumatera Utara

15. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi adalah candi yang terletak di Kediri. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri pada abad ke-12. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kediri.

16. Gunung Butak

Gunung Butak adalah gunung yang terletak di Kediri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.868 mdpl. Meskipun termasuk gunung yang cukup sulit untuk didaki, Gunung Butak memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

17. Air Terjun Jurug

Air Terjun Jurug adalah air terjun yang terletak di Kediri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, Air Terjun Jurug memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

18. Puncak Bukit Lingga

Puncak Bukit Lingga adalah tempat wisata yang menarik di Kediri. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sepanjang bukit.

19. Pantai Soge

Pantai Soge adalah pantai yang terletak di Kediri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau berenang di laut yang tenang.

20. Candi Rejomulyo

Candi Rejomulyo adalah candi yang terletak di Kediri. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri pada abad ke-12. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kediri.

21. Gunung Kapur

Gunung Kapur adalah gunung yang terletak di Kediri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.207 mdpl. Meskipun termasuk gunung yang cukup mudah untuk didaki, Gunung Kapur memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

22. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak adalah air terjun yang terletak di Kediri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, Air Terjun Tancak memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

23. Bukit Candi

Bukit Candi adalah tempat wisata yang menarik di Kediri. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sepanjang bukit.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Wisata Kopeng: Berlibur Seru di Pegunungan Jawa Tengah

24. Pantai Sarangan

Pantai Sarangan adalah pantai yang terletak di Kediri. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda dapat menikmati keindahan pantai sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai atau berenang di laut yang tenang.

25. Candi Sawentar

Candi Sawentar adalah candi yang terletak di Kediri. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri pada abad ke-12. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kediri.

26. Puncak Gunung Kembang

Puncak Gunung Kembang adalah tempat wisata yang menarik di Kediri. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di sepanjang bukit.

27. Air Terjun Cemara Sewu

Air Terjun Cemara Sewu adalah air terjun yang terletak di Kediri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, Air Terjun Cemara Sewu memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

28. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung yang terletak di Kediri. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.339 mdpl. Meskipun termasuk gunung yang cukup sulit untuk didaki, Gunung Arjuno memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

29. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun Banyu Anjlok adalah air terjun yang terletak di Kediri. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, Air Terjun Banyu Anjlok memiliki panorama yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Kediri.

30. Candi Kedaton

Candi Kedaton adalah candi yang terletak di Kediri. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Kediri pada abad ke-12. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Kediri.

Kesimpulan

Kediri adalah salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki beragam destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari gunung, air terjun, pantai, gua, candi, hingga museum, semuanya ada di Kediri. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kediri dan menikmati keindahan alam, budaya, dan sejarahnya yang kaya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *