Wisata di Kaltim: Menikmati Keindahan Alam Kalimantan Timur

Posted on

Kalimantan Timur atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kaltim, merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Kalimantan. Provinsi ini terkenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah, mulai dari hutan hujan tropis, pantai yang indah, hingga gunung-gunung yang menantang. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Kaltim, berikut adalah beberapa wisata di Kaltim yang layak untuk dikunjungi.

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan salah satu destinasi wisata di Kaltim yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di pulau ini, Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk melihat ragam ikan dan terumbu karang yang indah. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan penyu hijau yang bertelur di pantai-pantai Pulau Derawan.

2. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai merupakan salah satu wisata di Kaltim yang memiliki kekayaan flora dan fauna yang melimpah. Di taman nasional ini, Anda dapat menjumpai berbagai jenis satwa langka, seperti orangutan, bekantan, dan beruang madu. Selain itu, Anda juga dapat menikmati keindahan air terjun dan sungai-sungai yang mengalir di sekitar taman nasional.

3. Pantai Sangalaki

Pantai Sangalaki merupakan salah satu pantai yang terletak di Pulau Derawan. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya yang mempesona.

4. Gunung Kombeng

Bagi Anda yang suka dengan tantangan, Gunung Kombeng bisa menjadi pilihan wisata di Kaltim yang menarik. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.800 meter di atas permukaan laut. Dari puncak gunung, Anda dapat menikmati pemandangan alam Kaltim yang indah.

Wisata Lainnya:  Wisata Tiris Probolinggo: Tersembunyi tapi Menakjubkan

5. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Kabupaten Berau, Kaltim. Danau ini terkenal dengan keindahan airnya yang jernih dan dua lapisan yang berbeda, yaitu air tawar dan air asin yang tidak bercampur. Anda dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, atau menyusuri sungai kecil yang mengalir di sekitar danau.

6. Air Terjun Tepian Kelay

Air Terjun Tepian Kelay terletak di Desa Tepian Kelay, Kabupaten Kutai Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat area perkemahan yang cocok untuk Anda yang ingin bermalam di tengah alam.

7. Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu terletak di Kota Bontang, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan sunset-nya yang memukau. Di pantai ini, Anda juga dapat menikmati berbagai jenis olahan makanan laut yang segar.

8. Pantai Beras Basah

Pantai Beras Basah terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

9. Air Terjun Ulingan

Air Terjun Ulingan terletak di Desa Ulingan, Tenggarong Seberang, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat jalan setapak yang cocok untuk Anda yang suka trekking.

10. Gunung Lumut

Gunung Lumut merupakan salah satu gunung yang terletak di Kaltim. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut. Dari puncak gunung, Anda dapat menikmati pemandangan alam Kaltim yang indah.

11. Pantai Teluk Sulaiman

Pantai Teluk Sulaiman terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

12. Danau Tahai

Danau Tahai terletak di Kabupaten Berau, Kaltim. Danau ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar dan terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami. Di danau ini, Anda dapat melakukan aktivitas seperti memancing, berenang, atau sekadar menikmati pemandangan alam sekitar.

13. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua terletak di Desa Semboja, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

Wisata Lainnya:  Wisata Syariah: Pilihan Liburan Halal dan Berkah

14. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung terletak di Kabupaten Berau, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan batu-batu karangnya yang unik dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

15. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai terbesar di Kalimantan Timur. Sungai ini memiliki panjang sekitar 980 kilometer dan mengalir dari wilayah Pegunungan Muller di Kalimantan Barat hingga ke Selat Makassar. Di sepanjang Sungai Mahakam, terdapat beberapa desa wisata yang menawarkan pengalaman unik untuk menjelajahi kehidupan masyarakat sekitar.

16. Pantai Benua Baru

Pantai Benua Baru terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

17. Air Terjun Tangga Arung

Air Terjun Tangga Arung terletak di Desa Tepian Kelay, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

18. Pantai Kijing

Pantai Kijing terletak di Kota Samarinda, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan sunset-nya yang memukau. Selain itu, di pantai ini juga terdapat berbagai atraksi wisata seperti banana boat, jet ski, dan parasailing.

19. Air Terjun Semoi

Air Terjun Semoi terletak di Desa Semoi, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

20. Pantai Beras Basah Indah

Pantai Beras Basah Indah terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

21. Air Terjun Sumber Nyalo

Air Terjun Sumber Nyalo terletak di Desa Nyalo, Kabupaten Kutai Barat, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Sembungan: Menikmati Keindahan Pedesaan yang Menawan

22. Pantai Tabuan

Pantai Tabuan terletak di Kota Balikpapan, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

23. Air Terjun Riam Merasap

Air Terjun Riam Merasap terletak di Desa Riam Merasap, Kabupaten Kutai Barat, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

24. Pantai Segara Indah

Pantai Segara Indah terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

25. Air Terjun Ngetong

Air Terjun Ngetong terletak di Desa Ngetong, Kabupaten Kutai Barat, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

26. Pantai Lamaru

Pantai Lamaru terletak di Kabupaten Berau, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut dan air laut yang jernih. Di pantai ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai.

27. Air Terjun Kedang Ipil

Air Terjun Kedang Ipil terletak di Desa Muara Bengkal, Kabupaten Kutai Timur, Kaltim. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang masih alami. Di sekitar air terjun, terdapat beberapa kolam yang cocok untuk berenang atau sekadar bersantai menikmati pemandangan.

28. Pantai Batu Putih

Pantai Batu Putih terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya yang le

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *