Wisata di Belawan: Menikmati Keindahan Kota Pelabuhan

Posted on

Belawan adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Selain sebagai pusat perdagangan, Belawan juga menawarkan wisata-wisata menarik yang bisa dijelajahi. Berikut adalah beberapa destinasi wisata di Belawan yang wajib dikunjungi.

Pantai Cermin

Pantai Cermin adalah salah satu pantai terindah yang bisa ditemukan di Belawan. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, terdapat juga beberapa spot foto yang menarik seperti rumah-rumah kayu yang berjejer di pinggir pantai. Wisatawan juga bisa menikmati berbagai olahraga air seperti banana boat, jet ski, dan lainnya.

Pulau Sibandang

Pulau Sibandang adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur Belawan. Pulau ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum terjamah oleh manusia. Di pulau ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah dari bibir pantai, snorkeling, hingga memancing ikan segar.

Museum Bahari

Museum Bahari adalah museum yang didirikan untuk memperkenalkan sejarah pelabuhan Belawan. Di museum ini, wisatawan bisa melihat berbagai koleksi seperti foto-foto pelabuhan Belawan dari masa lalu, perahu tradisional, dan alat-alat navigasi yang digunakan oleh nelayan Belawan. Selain itu, di sini juga diadakan berbagai acara seperti pameran foto dan kegiatan seni.

Pasar Ikan Belawan

Jika ingin merasakan suasana pasar tradisional yang ramai, maka Pasar Ikan Belawan adalah tempatnya. Pasar ini adalah tempat nelayan menjual hasil tangkapan laut mereka seperti ikan, udang, dan lain-lain. Di pasar ini, wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh khas Belawan seperti kerupuk ikan atau dendeng ikan.

Kampung Cina Belawan

Kampung Cina Belawan adalah sebuah permukiman yang dihuni oleh etnis Tionghoa. Di sini, wisatawan bisa merasakan keunikan budaya Tionghoa yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, di kampung ini juga terdapat beberapa toko dan restoran yang menyajikan kuliner khas Tionghoa seperti bakmi dan bakpao.

Wisata Lainnya:  Wisata di Jonggol Terbaru: Menikmati Keindahan Alam Sekaligus Berlibur

Pulau Berhala

Pulau Berhala adalah sebuah pulau kecil yang terletak di selatan Belawan. Pulau ini dikenal dengan keindahan pantainya yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di pulau ini, wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seperti snorkeling, berjemur di bibir pantai, hingga camping di tepi pantai.

Kolam Renang Tirta Bahari

Jika ingin menikmati keindahan laut namun tidak ingin ke pantai, maka Kolam Renang Tirta Bahari adalah tempatnya. Kolam renang ini memiliki air laut yang asin sehingga pengunjung bisa merasakan sensasi berenang di laut. Selain itu, terdapat juga fasilitas lain seperti restoran dan tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai.

Kawasan Industri Belawan

Kawasan Industri Belawan adalah salah satu kawasan industri terbesar di Sumatera Utara. Di sini, wisatawan bisa melihat bagaimana proses produksi berbagai barang seperti minyak goreng, gula pasir, hingga baterai. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa toko yang menjual produk-produk hasil produksi lokal.

Vihara Avalokitesvara

Vihara Avalokitesvara adalah vihara yang terletak di tengah kota Belawan. Vihara ini adalah tempat ibadah umat Buddha namun juga bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat arsitektur khas Tionghoa. Vihara ini memiliki bangunan yang megah dan di dalamnya terdapat patung Buddha yang besar.

Monumen Kapal Tujuan

Monumen Kapal Tujuan adalah monumen yang didirikan untuk mengenang kapal Tujuan yang tenggelam di perairan Belawan pada tahun 1997. Kapal ini tenggelam karena terkena badai dan menewaskan seluruh penumpangnya. Monumen ini dipercantik dengan taman dan air mancur sehingga menjadi tempat yang indah untuk berfoto atau sekadar bersantai.

Curug Lawe

Curug Lawe adalah sebuah air terjun yang terletak di sebelah timur Belawan. Air terjun ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai Curug Lawe, wisatawan harus melewati hutan dan menyeberangi sungai kecil yang berbatu. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang indah di sekitar air terjun.

Pasar Titi Gantung

Pasar Titi Gantung adalah pasar tradisional yang terletak di pinggir jalan raya Belawan. Di pasar ini, wisatawan bisa membeli berbagai keperluan sehari-hari seperti sayuran, buah-buahan, dan daging. Selain itu, di pasar ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan masakan khas Sumatera Utara seperti saksang dan nasi goreng.

Kebun Binatang Bintang Laut

Kebun Binatang Bintang Laut adalah kebun binatang yang terletak di kawasan wisata Pantai Cermin. Di kebun binatang ini, wisatawan bisa melihat berbagai hewan seperti burung, kera, dan ular. Selain itu, di sini juga terdapat wahana permainan anak-anak seperti ayunan dan perosotan.

Wisata Lainnya:  Explore the Best Tourist Destinations in Situbondo

Masjid Jamik Belawan

Masjid Jamik Belawan adalah masjid yang terletak di tengah kota Belawan. Masjid ini adalah tempat ibadah umat Islam namun juga bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat arsitektur khas Melayu. Masjid ini memiliki kubah yang besar dan di dalamnya terdapat kaligrafi yang indah.

Taman Kota Belawan

Taman Kota Belawan adalah taman yang terletak di tengah kota Belawan. Taman ini adalah tempat yang indah untuk bersantai atau sekadar berjalan-jalan. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas seperti tempat duduk, jogging track, dan air mancur yang indah.

Restoran Seafood

Belawan adalah tempat yang terkenal dengan seafoodnya yang segar dan lezat. Di sini, wisatawan bisa menemukan berbagai restoran seafood yang menyajikan hidangan seperti kepiting, udang, dan ikan segar. Salah satu restoran seafood terkenal di Belawan adalah Rumah Makan Selera Laut yang terletak di Jalan Pelabuhan.

Taman Lalu Lintas

Taman Lalu Lintas adalah taman yang terletak di pinggir jalan raya Belawan. Taman ini didesain untuk mengajarkan anak-anak tentang aturan lalu lintas. Di taman ini terdapat miniatur jalan raya lengkap dengan lampu lalu lintas, trotoar, dan rambu-rambu. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa wahana permainan anak-anak.

Bukit Barisan

Bukit Barisan adalah sebuah pegunungan yang melintasi Sumatera dari ujung barat hingga timur. Di Belawan, wisatawan bisa menikmati keindahan Bukit Barisan dari kejauhan. Bukit ini memiliki pemandangan yang spektakuler dan cocok untuk dijadikan tempat untuk berfoto-foto.

Pasar Induk Belawan

Pasar Induk Belawan adalah pasar yang menjual berbagai jenis bahan makanan seperti daging, sayuran, dan buah-buahan. Pasar ini adalah tempat yang sibuk dan ramai oleh pedagang dan pembeli. Di pasar ini, wisatawan bisa merasakan suasana pasar yang khas dengan tawar-menawar harga yang bisa jadi sangat mengasyikkan.

Taman Bunga

Taman Bunga adalah taman yang terletak di pinggir jalan raya Belawan. Taman ini dihiasi dengan bunga-bunga yang indah dan wangi. Di taman ini, wisatawan bisa bersantai sambil menikmati keindahan bunga-bunga yang bermekaran.

Monumen Pahlawan

Monumen Pahlawan adalah monumen yang didirikan untuk mengenang para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini terletak di tengah kota Belawan dan dipercantik dengan taman yang indah. Di monumen ini sering diadakan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia.

Curug Gajah

Curug Gajah adalah sebuah air terjun yang terletak di sebelah selatan Belawan. Air terjun ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai Curug Gajah, wisatawan harus melewati jalan yang berkelok-kelok dan menanjak. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan yang indah di sekitar air terjun.

Wisata Lainnya:  Bukit Wisata Pulepayung: Wisata Alam yang Menakjubkan di Jawa Tengah

Pasar Baru Belawan

Pasar Baru Belawan adalah pasar yang menjual berbagai jenis barang seperti pakaian, sepatu, dan aksesoris. Pasar ini adalah tempat yang sibuk dan ramai oleh pedagang dan pembeli. Di pasar ini, wisatawan bisa membeli oleh-oleh khas Belawan seperti kerupuk ikan atau kain tenun.

Pantai Timah

Pantai Timah adalah sebuah pantai kecil yang terletak di sebelah barat Belawan. Pantai ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan sunset yang indah dan berfoto-foto di pinggir pantai.

Monumen Singa

Monumen Singa adalah monumen yang didirikan untuk mengenang perjuangan para pengusaha Tionghoa di Belawan. Monumen ini terletak di tengah kota Belawan dan dipercantik dengan taman yang indah. Di monumen ini sering diadakan upacara peringatan hari besar Tionghoa seperti Imlek.

Pulau Rusa

Pulau Rusa adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Belawan. Pulau ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan belum terjamah oleh manusia. Di pulau ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah dari bibir pantai, snorkeling, hingga memancing ikan segar.

Masjid Raya Belawan

Masjid Raya Belawan adalah masjid yang terletak di tengah kota Belawan. Masjid ini adalah tempat ibadah umat Islam namun juga bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat arsitektur khas Melayu. Masjid ini memiliki kubah yang besar dan di dalamnya terdapat kaligrafi yang indah.

Taman Wisata Alam Lestari

Taman Wisata Alam Lestari adalah taman yang terletak di sebelah timur Belawan. Taman ini dihiasi dengan berbagai tanaman yang indah dan langka. Di taman ini, wisatawan bisa belajar tentang berbagai jenis tanaman dan juga menikmati pemandangan yang indah.

Pantai Bunga

Pantai Bunga adalah sebuah pantai kecil yang terletak di sebelah timur Belawan. Pantai ini dikenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wis

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *