Wisata di Bau Bau: Menikmati Keindahan Alam di Sulawesi Tenggara

Posted on

Bagi Anda yang mencari destinasi liburan di Sulawesi Tenggara, Bau Bau bisa menjadi pilihan menarik. Kota yang terletak di ujung timur Pulau Buton ini menyimpan banyak keindahan alam dan budaya yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa wisata di Bau Bau yang bisa Anda eksplorasi:

Pantai Nambo

Pantai Nambo adalah pantai yang berada di Kecamatan Betoambari, sekitar 45 km dari pusat kota Bau Bau. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Di sini Anda bisa berenang, berjemur, atau sekadar menikmati keindahan pantai sambil menikmati hidangan khas Sulawesi Tenggara, seperti ikan bakar dan sambal roa.

Liangkon Beach

Liangkon Beach adalah pantai yang terletak di Desa Liangkon, Kecamatan Bungi. Pantai ini dikenal dengan pasir hitamnya yang kontras dengan air laut biru. Di sini Anda bisa bersantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Jangan lupa mencoba olahan makanan laut yang segar dan lezat.

Kampung Wajo

Kampung Wajo adalah salah satu kampung adat yang masih terjaga di Bau Bau. Di sini, Anda bisa melihat rumah-rumah tradisional yang dibangun dari kayu dengan arsitektur yang khas. Selain itu, Anda juga bisa mengenal budaya dan kehidupan masyarakat Wajo yang masih mempertahankan tradisi nenek moyang mereka.

Taman Laut Olele

Taman Laut Olele adalah kawasan konservasi laut yang terletak di Kecamatan Sampolawa, sekitar 80 km dari pusat kota Bau Bau. Di sini, Anda bisa menyelam dan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan ragam biota laut yang hidup di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama alam yang indah di sekitar taman laut.

Kolam Air Hangat Napabale

Kolam Air Hangat Napabale adalah salah satu objek wisata di Bau Bau yang unik. Kolam ini terletak di Kecamatan Sorawolio, sekitar 20 km dari pusat kota Bau Bau. Air di kolam ini memiliki suhu yang hangat karena berasal dari sumber air panas di bawah tanah. Di sini, Anda bisa berendam dan merasakan sensasi air hangat yang menyegarkan.

Wisata Lainnya:  30 Tempat Wisata di Rumbai Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Benteng Keraton Buton

Benteng Keraton Buton adalah salah satu peninggalan sejarah di Bau Bau. Benteng yang dibangun pada abad ke-17 ini merupakan tempat kedudukan raja-raja Buton. Di sini, Anda bisa melihat bangunan kuno yang kokoh dengan arsitektur yang indah. Selain itu, Anda juga bisa belajar sejarah dan budaya Buton dari pemandu lokal yang tersedia.

Pantai Mbojo

Pantai Mbojo adalah wisata pantai di Bau Bau yang masih tersembunyi. Pantai ini terletak di Desa Mbojo, Kecamatan Bungi. Untuk mencapai pantai ini, Anda harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, usaha ini akan terbayar dengan keindahan pantai yang masih alami dan sepi. Di sini, Anda bisa berenang, snorkeling, dan menikmati sunset yang indah.

Makam Sultan Salahuddin

Makam Sultan Salahuddin adalah salah satu tempat ziarah dan sejarah di Bau Bau. Sultan Salahuddin adalah salah satu raja Buton yang terkenal karena kebijaksanaannya. Di makam ini, Anda bisa mengenal sejarah Buton dan menghormati salah satu tokoh penting dari daerah ini.

Taman Wisata Alam Wakatobi

Taman Wisata Alam Wakatobi adalah kawasan konservasi alam yang terletak di Pulau Wangi-Wangi, sekitar 3 jam perjalanan laut dari Bau Bau. Di sini, Anda bisa menyelam dan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan ragam biota laut yang hidup di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati panorama alam yang indah dan menginap di cottage yang nyaman.

Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa adalah salah satu pulau di Kepulauan Wakatobi yang bisa diakses dari Bau Bau. Pulau ini dikenal dengan pantai-pantainya yang indah dan terumbu karangnya yang masih alami. Di sini, Anda bisa berenang, snorkeling, dan menikmati hidangan khas Sulawesi Tenggara yang segar dan lezat.

Pulau Tomia

Pulau Tomia adalah salah satu pulau di Kepulauan Wakatobi yang juga bisa diakses dari Bau Bau. Pulau ini dikenal dengan pantainya yang putih dan air lautnya yang jernih. Di sini, Anda bisa menyelam dan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan ragam biota laut yang hidup di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa berwisata kuliner dan membeli oleh-oleh khas dari toko-toko di pulau ini.

Wisata Lainnya:  Wisata di Flores: Menikmati Keindahan Alam Flores

Kampung Laut Sombano

Kampung Laut Sombano adalah salah satu kampung adat yang masih terjaga di Sulawesi Tenggara. Di sini, Anda bisa melihat rumah-rumah panggung yang dibangun di atas laut dengan arsitektur yang khas. Selain itu, Anda juga bisa mengenal kehidupan masyarakat Sombano yang masih menjaga tradisi nelayan dan pengolahan hasil laut.

Pulau Una Una

Pulau Una Una adalah salah satu pulau vulkanik di Sulawesi Tenggara. Pulau ini terletak di Teluk Tomini, sekitar 8 jam perjalanan laut dari Bau Bau. Di sini, Anda bisa mendaki gunung berapi yang masih aktif dan menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, Anda juga bisa berenang, snorkeling, atau memancing di sekitar pulau.

Pulau Wawonii

Pulau Wawonii adalah salah satu pulau di Sulawesi Tenggara yang belum banyak dikenal oleh wisatawan. Pulau ini dikenal dengan pantai-pantainya yang masih alami dan terumbu karangnya yang indah. Di sini, Anda bisa berenang, snorkeling, dan menikmati hidangan khas Sulawesi Tenggara yang segar dan lezat.

Pulau Lintea

Pulau Lintea adalah salah satu pulau di Taman Nasional Wakatobi yang bisa diakses dari Bau Bau. Pulau ini dikenal dengan pantainya yang putih dan air lautnya yang jernih. Di sini, Anda bisa menyelam dan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang dan ragam biota laut yang hidup di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa berwisata kuliner dan membeli oleh-oleh khas dari toko-toko di pulau ini.

Pulau Hoga

Pulau Hoga adalah salah satu pulau di Kepulauan Wakatobi yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini, Anda bisa menyelam dan snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa berenang, berjemur, atau sekadar bersantai di pantai yang indah.

Taman Wisata Alam Rawa Aopa Watumohai

Taman Wisata Alam Rawa Aopa Watumohai adalah kawasan konservasi alam yang terletak di Kecamatan Sampolawa, sekitar 60 km dari pusat kota Bau Bau. Di sini, Anda bisa melihat hutan rawa air tawar yang masih alami dan melihat burung-burung langka yang hidup di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar taman dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong adalah gunung tertinggi di Sulawesi Selatan yang juga bisa diakses dari Bau Bau. Gunung ini memiliki ketinggian 3.478 mdpl dan terkenal dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Untuk mendaki gunung ini, Anda harus memiliki pengalaman dan persiapan yang cukup, namun usaha ini akan terbayar dengan pengalaman mendaki yang tak terlupakan.

Wisata Lainnya:  Agen Bus Wisata Komodo Bali - Membawa Anda Menjelajahi Keindahan Pulau Komodo

Pulau Kapota

Pulau Kapota adalah salah satu pulau di Kepulauan Wakatobi yang masih alami dan terjaga. Di sini, Anda bisa berenang, snorkeling, dan menikmati pemandangan alam yang indah. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi desa-desa di sekitar pulau dan mengenal kehidupan masyarakat Kapota yang masih mempertahankan tradisi dan budaya mereka.

Wisata Kuliner

Selain wisata alam dan budaya, Bau Bau juga memiliki kuliner yang lezat dan khas. Beberapa hidangan yang patut untuk dicoba adalah ikan bakar, sambal roa, lalampa, dan lontong sayur. Anda bisa mencari kuliner-kuliner ini di warung-warung makan yang ada di sekitar kota Bau Bau atau di desa-desa sekitarnya.

Pasar Malam

Pasar Malam adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi di malam hari. Di sini, Anda bisa mencari oleh-oleh khas Sulawesi Tenggara, seperti kerajinan tangan, baju adat, dan makanan khas. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi jajanan khas pasar, seperti pisang goreng, martabak, dan es kelapa muda.

Hotel dan Penginapan

Bau Bau memiliki berbagai pilihan hotel dan penginapan yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda. Beberapa hotel yang direkomendasikan adalah Hotel Santika, Hotel Wisata, dan Lestari Hotel. Selain itu, Anda juga bisa mencari penginapan di sekitar wisata alam, seperti homestay dan cottage.

Kesimpulan

Bau Bau adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Sulawesi Tenggara. Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam dan budaya yang masih terjaga. Beberapa wisata yang bisa Anda eksplorasi adalah Pantai Nambo, Liangkon Beach, Kampung Wajo, Taman Laut Olele, dan Kolam Air Hangat Napabale. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau indah di sekitar Bau Bau, seperti Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Una Una. Jangan lupa mencari kuliner khas Sulawesi Tenggara dan oleh-oleh di pasar malam yang ada di kota Bau Bau. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *