Wisata Desa Cibuntu: Keindahan Alam yang Menakjubkan

Posted on

Indonesia merupakan negara dengan keindahan alam yang luar biasa. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah wisata desa Cibuntu. Terletak di Kabupaten Garut, wisata desa Cibuntu menawarkan panorama alam yang spektakuler. Berikut adalah ulasan lengkap tentang wisata desa Cibuntu.

Lokasi Wisata Desa Cibuntu

Wisata desa Cibuntu berada di Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk mencapai wisata desa Cibuntu, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat kota Garut, wisata desa Cibuntu dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Keindahan Wisata Desa Cibuntu

Wisata desa Cibuntu menawarkan keindahan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sawah yang luas dengan latar belakang gunung Cikuray. Selain itu, wisata desa Cibuntu juga memiliki air terjun yang indah dan airnya yang jernih. Terdapat tiga air terjun yang dapat dikunjungi di wisata desa Cibuntu, yaitu Curug Malela, Curug Cimarinjung, dan Curug Cijalu.

Wisata Lainnya:  Wisata Sirah Kencong - Menikmati Keindahan Alam di Jember

Curug Malela

Curug Malela merupakan air terjun yang terletak di Desa Cibuntu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan diapit oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang atau sekadar bermain air di bawah air terjun.

Curug Cimarinjung

Curug Cimarinjung merupakan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun ini memiliki keunikan yaitu terdapat gua kecil di bawah air terjun. Pengunjung dapat memasuki gua dan menikmati keindahan air terjun yang jernih.

Curug Cijalu

Curug Cijalu merupakan air terjun yang terletak di tengah hutan pinus. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan airnya yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil menikmati keindahan hutan pinus yang hijau dan sejuk.

Wisata Edukasi di Wisata Desa Cibuntu

Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, wisata desa Cibuntu juga menawarkan wisata edukasi bagi pengunjung. Terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi di wisata desa Cibuntu, yaitu:

Taman Satwa Cibuntu

Taman Satwa Cibuntu merupakan tempat wisata edukasi yang dapat dikunjungi di wisata desa Cibuntu. Di tempat ini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis satwa yang hidup di alam liar. Beberapa satwa yang dapat dilihat di Taman Satwa Cibuntu antara lain rusa, burung merak, dan kijang.

Wisata Lainnya:  Paket Wisata Gunung Bromo: Menikmati Keindahan Alam Indonesia yang Memukau

Kebun Jeruk Cibuntu

Kebun Jeruk Cibuntu merupakan kebun jeruk yang luas dan dapat dikunjungi oleh pengunjung. Di tempat ini, pengunjung dapat memetik jeruk sendiri dan menikmati buah jeruk yang segar langsung dari pohonnya.

Pertanian Tanaman Serealia

Wisata desa Cibuntu juga menawarkan wisata edukasi tentang pertanian. Pengunjung dapat melihat langsung proses penanaman dan panen tanaman serealia seperti padi dan jagung. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli produk-produk pertanian segar langsung dari petani setempat.

Akomodasi di Wisata Desa Cibuntu

Untuk pengunjung yang ingin menginap di wisata desa Cibuntu, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang dapat dipilih. Beberapa akomodasi yang tersedia di wisata desa Cibuntu antara lain homestay, villa, dan camping ground.

Homestay

Homestay merupakan akomodasi yang cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman tinggal bersama warga setempat. Pengunjung dapat menginap di rumah warga setempat dengan fasilitas yang sederhana namun nyaman.

Villa

Villa merupakan akomodasi yang cocok bagi pengunjung yang ingin menginap dengan fasilitas yang lebih lengkap. Terdapat beberapa villa yang dapat dipilih di wisata desa Cibuntu dengan fasilitas seperti kolam renang dan taman yang indah.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk KidZania Jakarta di Senayan DKI Jakarta¬†

Camping Ground

Camping Ground merupakan akomodasi yang cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah di alam terbuka. Di wisata desa Cibuntu, terdapat camping ground yang dapat dipilih dengan fasilitas yang lengkap seperti tempat api unggun dan kamar mandi umum.

Harga Tiket Masuk Wisata Desa Cibuntu

Harga tiket masuk wisata desa Cibuntu cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp10.000 untuk masuk ke wisata desa Cibuntu. Selain itu, terdapat biaya tambahan untuk masuk ke setiap objek wisata seperti air terjun dan taman satwa.

Jam Buka Wisata Desa Cibuntu

Wisata desa Cibuntu buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, pengunjung disarankan untuk datang pada pagi hari agar dapat menikmati keindahan alam yang lebih maksimal.

Kesimpulan

Wisata desa Cibuntu menawarkan keindahan alam yang memukau dan wisata edukasi yang menarik. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang indah, melihat berbagai jenis satwa di Taman Satwa Cibuntu, dan merasakan pengalaman tinggal bersama warga setempat di homestay. Jangan lupa untuk mengunjungi wisata desa Cibuntu saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *