Wisata Daerah Nganjuk: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Posted on

Nganjuk merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Dari wisata alam hingga wisata budaya, semuanya dapat ditemukan di Nganjuk. Destinasi wisata di Nganjuk juga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Berikut ini beberapa tempat wisata daerah Nganjuk yang wajib dikunjungi.

1. Bukit Kapur Nglanggeran

Bukit Kapur Nglanggeran merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Bukit ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patianrowo, Nganjuk. Untuk menuju ke Bukit Kapur Nglanggeran, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 30 km dari Kota Nganjuk.

Di Bukit Kapur Nglanggeran, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di sini terdapat tebing-tebing kapur yang berdiri kokoh di tengah-tengah hutan yang hijau. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan hiking atau berjalan-jalan di sekitar bukit. Panorama matahari terbit dan terbenam juga sangat indah dari atas Bukit Kapur Nglanggeran.

2. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving di Pantai Nglambor.

Berbagai fasilitas juga tersedia di Pantai Nglambor, seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan, dan penginapan. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

3. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu terletak di Desa Sumber Pitu, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Air Terjun Sumber Pitu memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan memiliki air yang sangat jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan cocok untuk dijadikan tempat camping atau piknik bersama keluarga atau teman-teman.

Untuk mencapai Air Terjun Sumber Pitu, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 km dari Kota Nganjuk. Di sekitar Air Terjun Sumber Pitu juga terdapat berbagai penginapan dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Wisata Lainnya:  Wisata di Slawi: 30 Destinasi Wisata Menarik untuk Dikunjungi

4. Candi Nganjuk

Candi Nganjuk merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Candi ini terletak di Desa Jati, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Candi Nganjuk merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit.

Candi Nganjuk memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik. Di dalam candi terdapat berbagai ukiran yang sangat detail dan memukau. Pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah Kerajaan Majapahit di Candi Nganjuk.

5. Kampung Batik Nganjuk

Kampung Batik Nganjuk merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang sangat cocok untuk pecinta batik. Kampung Batik Nganjuk terletak di Jalan Raya Nganjuk-Pare KM 10, Desa Kertosari, Kecamatan Nganjuk, Nganjuk.

Di Kampung Batik Nganjuk, pengunjung dapat melihat proses pembuatan batik secara langsung. Pengunjung juga dapat membeli batik yang dibuat oleh para pengrajin di kampung ini. Berbagai motif batik yang unik dan menarik juga tersedia di Kampung Batik Nganjuk.

6. Taman Rekreasi Kota Nganjuk

Taman Rekreasi Kota Nganjuk merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman. Taman ini terletak di Jalan Pahlawan, Nganjuk. Taman ini memiliki berbagai wahana permainan yang menarik, seperti flying fox, taman bermain anak-anak, dan sepeda air.

Taman Rekreasi Kota Nganjuk juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti tempat parkir, toilet, mushola, dan warung makan. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Nganjuk di sekitar Taman Rekreasi Kota Nganjuk.

7. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian Air Panas Cangar merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang sangat cocok untuk relaksasi. Pemandian ini terletak di Desa Cangar, Kecamatan Plosoklaten, Nganjuk. Pemandian Air Panas Cangar memiliki air yang sangat hangat dan mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit.

Di sekitar Pemandian Air Panas Cangar juga terdapat berbagai penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Nganjuk di sekitar Pemandian Air Panas Cangar.

8. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Makam ini terletak di Desa Kalijaga, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Makam Sunan Kalijaga merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit.

Wisata Lainnya:  Menikmati Wisata Pantai di Banyuwangi

Di Makam Sunan Kalijaga, pengunjung dapat belajar tentang sejarah Islam di Jawa. Di sekitar makam juga terdapat berbagai penginapan dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

9. Danau Nglirip

Danau Nglirip merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Danau ini terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Ngronggot, Nganjuk. Di Danau Nglirip, pengunjung dapat menikmati keindahan alam danau yang sangat menakjubkan.

Di sekitar Danau Nglirip juga terdapat berbagai penginapan dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan memancing atau berjalan-jalan di sekitar danau.

10. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang sangat cocok untuk pecinta sejarah. Museum ini terletak di Jalan Stasiun, Ambarawa, Nganjuk. Di Museum Kereta Api Ambarawa, pengunjung dapat melihat berbagai koleksi kereta api yang sangat unik dan bersejarah.

Museum Kereta Api Ambarawa juga memiliki berbagai fasilitas yang lengkap, seperti toko souvenir, toilet, dan warung makan. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Nganjuk di sekitar Museum Kereta Api Ambarawa.

11. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki keindahan alam yang sangat indah. Goa ini terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Loceret, Nganjuk. Di Goa Selomangleng, pengunjung dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang sangat menakjubkan.

Di sekitar Goa Selomangleng juga terdapat berbagai penginapan dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan hiking atau berjalan-jalan di sekitar goa.

12. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Air terjun ini terletak di Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Nganjuk. Untuk mencapai Air Terjun Tumpak Sewu, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 3 jam dari Kota Nganjuk.

Air Terjun Tumpak Sewu memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan memiliki air yang sangat jernih. Di sekitar air terjun juga terdapat hutan yang masih asri dan cocok untuk dijadikan tempat camping atau piknik bersama keluarga atau teman-teman.

13. Desa Wisata Sumber Anyar

Desa Wisata Sumber Anyar merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang sangat cocok untuk belajar tentang kehidupan pedesaan. Desa Wisata Sumber Anyar terletak di Kecamatan Sumberpucung, Nganjuk. Di Desa Wisata Sumber Anyar, pengunjung dapat melihat langsung kegiatan pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Wisata Lainnya:  Exploring the Beauty of Wisata Andalus: A Must-Visit Destination

Di sekitar Desa Wisata Sumber Anyar juga terdapat berbagai penginapan dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai kuliner khas Nganjuk di sekitar Desa Wisata Sumber Anyar.

14. Pantai Caruban

Pantai Caruban merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Pantai ini terletak di Desa Caruban, Kecamatan Caruban, Nganjuk. Pantai Caruban memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Berbagai fasilitas juga tersedia di Pantai Caruban, seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan, dan penginapan. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga atau teman-teman.

15. Candi Cetho

Candi Cetho merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Candi ini terletak di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Nganjuk. Candi Cetho merupakan salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Mataram Kuno.

Candi Cetho memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik. Di dalam candi terdapat berbagai ukiran yang sangat detail dan memukau. Pengunjung juga dapat belajar tentang sejarah Kerajaan Mataram Kuno di Candi Cetho.

16. Hutan Pinus Dlundung

Hutan Pinus Dlundung merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Hutan ini terletak di Dusun Kebonagung, Desa Nglorog, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Di Hutan Pinus Dlundung, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan pinus yang masih asri.

Di sekitar Hutan Pinus Dlundung juga terdapat berbagai penginapan dan warung makan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan hiking atau berjalan-jalan di sekitar hutan pinus.

17. Desa Wisata Kedung Tumpang

Desa Wisata Kedung Tumpang merupakan salah satu tempat wisata daerah Nganjuk yang sangat cocok untuk belajar tentang kehidupan pedesaan. Desa Wisata Kedung Tumpang terletak di Kecamatan Kertosono, Nganjuk. Di Desa Wisata Kedung Tumpang, pengunjung dapat melihat langsung kegiatan pertanian dan peternakan yang dilakukan oleh masyarakat set

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *