Wisata Daerah Jombang: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya di Jombang

Posted on

Wisata daerah Jombang adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Jawa Timur. Kabupaten Jombang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami dan juga kearifan lokalnya yang kental. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Jombang.

1. Gunung Anjasmoro

Gunung Anjasmoro adalah salah satu gunung yang terletak di Jombang. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.277 mdpl. Para pendaki bisa menikmati keindahan alam yang masih asli dengan melintasi hutan pinus yang masih lebat. Puncak gunung ini juga menawarkan pemandangan yang indah dan menakjubkan.

2. Pantai Cemara Sewu

Pantai Cemara Sewu adalah salah satu pantai yang terletak di Desa Sumberjambe, Jombang. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Pengunjung bisa menikmati sunset yang indah sambil menikmati makanan khas pantai seperti ikan bakar dan kelapa muda.

3. Candi Tikus

Candi Tikus adalah candi yang terletak di Dusun Candirejo, Kecamatan Mojowarno, Jombang. Candi ini dibangun pada masa Kerajaan Majapahit. Candi Tikus memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Di sekitar candi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan.

4. Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu adalah air terjun yang terletak di Desa Tegal Ombo, Kecamatan Mojoagung, Jombang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun dan juga berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun.

Wisata Lainnya:  Jadwal KRL Angke: Jangan Sampai Salah Waktu!

5. Kampung Warna-warni Jombang

Kampung Warna-warni Jombang adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Sumobito, Jombang. Kampung ini dihiasi dengan warna-warni yang cerah pada tiap rumahnya. Kampung ini juga memiliki seni dan budaya lokal yang kental, seperti seni batik dan wayang kulit. Pengunjung bisa belajar tentang seni dan budaya lokal di sini.

6. Museum Kretek

Museum Kretek adalah museum yang terletak di Kecamatan Jombang, Jombang. Museum ini memperkenalkan sejarah rokok kretek yang merupakan rokok khas Indonesia. Pengunjung bisa melihat berbagai macam barang yang berkaitan dengan rokok kretek, seperti bungkus rokok, mesin penggiling tembakau, dan alat pembuat rokok kretek.

7. Wisata Alam Tirta Samarinda

Wisata Alam Tirta Samarinda adalah tempat wisata yang terletak di Desa Tirta Kencana, Kecamatan Perak, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang indah dan menyejukkan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun, kolam alami, dan juga area perkemahan yang nyaman.

8. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat adalah makam yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Gudo, Jombang. Sunan Drajat adalah salah satu dari sembilan wali songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Indonesia. Pengunjung bisa belajar tentang sejarah Islam di Indonesia di sini.

9. Desa Wisata Pemandian Air Panas

Desa Wisata Pemandian Air Panas adalah sebuah desa wisata yang terletak di Kecamatan Ngoro, Jombang. Desa ini terkenal dengan pemandian air panasnya yang bisa digunakan untuk relaksasi dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Desa ini juga memiliki kearifan lokal yang kental, seperti seni beladiri dan kerajinan tangan.

10. Bukit Kapur Jombang

Bukit Kapur Jombang adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kudu, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, seperti tebing kapur yang menjulang tinggi dan pemandangan lembah yang indah. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking dan camping di sini.

11. Pemandian Tirta Ria

Pemandian Tirta Ria adalah pemandian yang terletak di Desa Tirta Ria, Kecamatan Diwek, Jombang. Pemandian ini menawarkan kolam renang dengan air yang jernih dan segar. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berenang dan bermain air.

12. Kampung Seni Mojowarno

Kampung Seni Mojowarno adalah kampung yang terletak di Kecamatan Mojowarno, Jombang. Kampung ini dihiasi dengan seni dan budaya lokal yang kental, seperti seni batik dan wayang kulit. Pengunjung bisa belajar tentang seni dan budaya lokal di sini.

Wisata Lainnya:  Potensi Wisata Likupang: Surga Tersembunyi di Sulawesi Utara

13. Goa Langse

Goa Langse adalah goa yang terletak di Kecamatan Bareng, Jombang. Goa ini memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar goa yang masih asri.

14. Wisata Pemandian Air Panas Cangar

Wisata Pemandian Air Panas Cangar adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Pacet, Jombang. Tempat ini menawarkan pemandian air panas yang bisa digunakan untuk relaksasi dan menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Tempat ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah dan menyejukkan.

15. Kampung Batik Ngetos

Kampung Batik Ngetos adalah kampung yang terletak di Kecamatan Ngoro, Jombang. Kampung ini terkenal dengan produksi batik yang berkualitas dan unik. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik dari awal hingga menjadi produk batik yang siap dipasarkan.

16. Wisata Religi Sunan Bonang

Wisata Religi Sunan Bonang adalah tempat wisata yang terletak di Desa Sumberrejo, Kecamatan Ploso, Jombang. Sunan Bonang adalah salah satu dari sembilan wali songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Indonesia. Di tempat ini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah Islam di Indonesia dan juga melakukan ibadah.

17. Wisata Alam Taman Wisata Alam Kakek Bodo

Wisata Alam Taman Wisata Alam Kakek Bodo adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asli dan juga area perkemahan yang nyaman. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekitar taman wisata.

18. Kampung Keramik Jombang

Kampung Keramik Jombang adalah kampung yang terletak di Kecamatan Bareng, Jombang. Kampung ini terkenal dengan produksi keramik yang berkualitas dan unik. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan keramik dari awal hingga menjadi produk keramik yang siap dipasarkan.

19. Wisata Alam Taman Rekreasi Jombang

Wisata Alam Taman Rekreasi Jombang adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Jombang, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asli dan juga area perkemahan yang nyaman. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekitar taman rekreasi.

20. Candi Penataran

Candi Penataran adalah candi yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Ngusikan, Jombang. Candi ini dibangun pada masa Kerajaan Kediri. Candi Penataran memiliki arsitektur yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Di sekitar candi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan.

21. Pemandian Air Panas Semen

Pemandian Air Panas Semen adalah pemandian yang terletak di Desa Semen, Kecamatan Kudu, Jombang. Pemandian ini menawarkan kolam renang dengan air yang hangat dan segar. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar sambil berenang dan bermain air.

Wisata Lainnya:  Wisata Porong: Pesona Wisata yang Menakjubkan

22. Kampung Seni Sumberrejo

Kampung Seni Sumberrejo adalah kampung yang terletak di Kecamatan Ploso, Jombang. Kampung ini dihiasi dengan seni dan budaya lokal yang kental, seperti seni batik dan wayang kulit. Pengunjung bisa belajar tentang seni dan budaya lokal di sini.

23. Wisata Alam Taman Wisata Alam Tasikardi

Wisata Alam Taman Wisata Alam Tasikardi adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Jogoroto, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asli dan juga area perkemahan yang nyaman. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekitar taman wisata.

24. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun yang terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Jombang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar air terjun dan juga berenang di kolam alami yang ada di bawah air terjun.

25. Kampung Seni Kembang Doyong

Kampung Seni Kembang Doyong adalah kampung yang terletak di Kecamatan Kudu, Jombang. Kampung ini dihiasi dengan seni dan budaya lokal yang kental, seperti seni batik dan wayang kulit. Pengunjung bisa belajar tentang seni dan budaya lokal di sini.

26. Wisata Alam Taman Wisata Alam Nglirip

Wisata Alam Taman Wisata Alam Nglirip adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Kesamben, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asli dan juga area perkemahan yang nyaman. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekitar taman wisata.

27. Candi Kidal

Candi Kidal adalah candi yang terletak di Desa Kidal, Kecamatan Ngusikan, Jombang. Candi ini dibangun pada masa Kerajaan Singhasari. Candi Kidal memiliki arsitektur yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Di sekitar candi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam pegunungan.

28. Wisata Alam Taman Wisata Alam Gunung Kapur

Wisata Alam Taman Wisata Alam Gunung Kapur adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Bareng, Jombang. Tempat ini menawarkan keindahan alam yang masih asli dan juga area perkemahan yang nyaman. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah sekitar taman wisata.

29. Taman Wisata Alam Mangrove
Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *