Wisata Candi di Jogja: Menelusuri Keindahan Warisan Sejarah

Posted on

Jogja memang tidak pernah kehabisan daya tarik. Selain keindahan alamnya yang memesona, Jogja juga memiliki banyak bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Indonesia. Salah satu bangunan bersejarah yang banyak diminati oleh wisatawan adalah candi. Berikut ini adalah beberapa wisata candi di Jogja yang bisa Anda kunjungi.

Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal candi ini? Candi Borobudur adalah salah satu ikon wisata Jogja yang terkenal hingga ke mancanegara. Candi ini merupakan situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Magelang, sekitar 40 kilometer dari Jogja. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh raja dinasti Syailendra. Candi ini memiliki 504 arca Buddha serta relief yang menceritakan kehidupan Buddha. Jangan lewatkan untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di atas Candi Borobudur.

Candi Prambanan

Salah satu candi terbesar di Indonesia ini terletak di Sleman, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Selain itu, ada juga beberapa candi kecil di sekitar kompleks Candi Prambanan. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi Prambanan juga menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Wisata Lainnya:  Hotel Jati Wisata: Penginapan Terbaik di Puncak Bogor

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko terletak di Dusun Bokoharjo, Desa Prambanan, Kecamatan Sleman, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini merupakan bekas istana kerajaan Mataram Kuno yang dibangun pada abad ke-8. Di kompleks Candi Ratu Boko, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa bangunan lain seperti kolam, pendopo, dan gerbang.

Candi Sari

Candi Sari terletak di Dusun Candirejo, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, sekitar 9 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi Sari dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan arca Buddha. Di sini, Anda juga bisa menyaksikan keindahan relief yang menceritakan kisah Ramayana dan Mahabarata.

Candi Gebang

Candi Gebang terletak di Desa Gebang, Kecamatan Prambanan, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi Gebang terdiri dari dua lantai dan memiliki relief yang menceritakan kisah Ramayana. Di sini juga terdapat beberapa arca Buddha yang masih utuh.

Wisata Lainnya:  5 Rekomendasi Wahana Malang Night Paradise, Spot Wisata Malam Paling Keren

Candi Ijo

Candi Ijo terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi Ijo terdiri dari tiga lantai. Di atas candi, Anda bisa menyaksikan keindahan pemandangan kota Jogja yang memukau.

Candi Banyunibo

Candi Banyunibo terletak di Dusun Banyunibo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi Banyunibo dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan arca Buddha. Di sini, Anda juga bisa menyaksikan keindahan relief yang menceritakan kisah Ramayana.

Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Jalan Yogya-Solo, sekitar 13 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh raja dinasti Syailendra. Candi Kalasan dulunya digunakan sebagai tempat ibadah Buddha. Selain itu, di sini juga terdapat beberapa relief yang menceritakan kehidupan Buddha.

Candi Sewu

Candi Sewu terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh raja dinasti Syailendra. Candi Sewu terdiri dari 249 candi kecil yang tersebar di sekitar candi utama. Candi Sewu dulunya digunakan sebagai tempat ibadah Buddha.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Singapura Marina Bay Sands - Nikmati Pemandangan Menakjubkan

Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, sekitar 8 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini ditemukan pada tahun 1966 oleh petani yang sedang menggali sawah. Candi Sambisari dibangun pada abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi ini dulunya digunakan sebagai tempat ibadah Buddha.

Candi Plaosan

Candi Plaosan terletak di Dusun Bugisan, Desa Prambanan, Kecamatan Prambanan, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh raja dinasti Sanjaya. Candi Plaosan terdiri dari dua candi utama yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Di sekitar candi utama, terdapat beberapa candi kecil dan arca Buddha.

Kesimpulan

Itulah beberapa wisata candi di Jogja yang bisa Anda kunjungi. Selain menjadi destinasi wisata, wisata candi di Jogja juga bisa menjadi sarana untuk belajar sejarah Indonesia. Jangan lupa untuk mematuhi aturan saat mengunjungi wisata candi agar keindahan dan keaslian wisata candi tetap terjaga. Selamat berlibur!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *