Wisata Buntok: Menikmati Pesona Alam yang Menyegarkan

Posted on

Wisata Buntok adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Tempat ini menawarkan pesona alam yang masih asri dan menyegarkan. Berbagai keindahan alam bisa kamu nikmati di sini mulai dari air terjun, hutan hujan tropis, sungai, dan masih banyak lagi.

Menikmati Keindahan Air Terjun Pancur Aji

Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi di Wisata Buntok adalah Air Terjun Pancur Aji. Air terjun ini terletak di tengah hutan dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Dari atas air terjun, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah. Air terjun Pancur Aji juga menjadi tempat yang cocok untuk berenang dan bermain air.

Menjelajahi Hutan Hujan Tropis

Di Wisata Buntok, kamu juga bisa menjelajahi hutan hujan tropis yang masih asri. Di sana, kamu bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sana. Selain itu, kamu juga bisa mendengarkan suara gemericik air yang mengalir di sungai dan merasakan udara segar yang dihasilkan oleh pepohonan di sekitar.

Wisata Lainnya:  Wisata Kota Bengkulu: Destinasi Wisata Terbaik di Sumatera

Menyusuri Sungai Barito

Selain itu, kamu juga bisa menyusuri Sungai Barito yang merupakan salah satu sungai terbesar di Kalimantan Tengah. Kamu bisa menaiki perahu tradisional dan menikmati pemandangan di sepanjang sungai. Selain itu, kamu juga bisa memancing ikan di sana atau berenang di sungai yang masih bersih ini.

Menjajal Wisata Air di Telaga Mayang

Di Wisata Buntok, kamu juga bisa menikmati wisata air di Telaga Mayang. Di sana, kamu bisa berenang, memancing atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar. Air di Telaga Mayang juga sangat jernih dan masih asri.

Menikmati Kuliner Khas Buntok

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Wisata Buntok tanpa mencicipi kuliner khas Buntok. Di sana, kamu bisa mencoba aneka kuliner seperti sate kelinci, sate beruang, dan masih banyak lagi. Kuliner khas Buntok ini memiliki cita rasa yang unik dan sangat lezat.

Berbelanja Oleh-oleh

Tidak ketinggalan, di Wisata Buntok, kamu juga bisa membeli oleh-oleh khas Buntok seperti kerajinan tangan, kain tenun, dan berbagai macam produk olahan makanan. Oleh-oleh khas Buntok ini bisa menjadi kenang-kenangan yang sangat berharga dari perjalanan kamu ke sana.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata di Berlin yang Harus Dikunjungi

Cara Menuju Wisata Buntok

Wisata Buntok dapat diakses melalui jalur udara dan jalur darat. Untuk jalur udara, kamu bisa mendarat di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya atau Bandara Iskandar, Pangkalan Bun. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi.

Untuk jalur darat, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau mobil pribadi dari kota Palangkaraya atau Banjarmasin. Perjalanan dari Palangkaraya membutuhkan waktu sekitar 3 jam sedangkan perjalanan dari Banjarmasin membutuhkan waktu sekitar 5 jam.

Biaya dan Fasilitas

Untuk masuk ke Wisata Buntok, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Di sana, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, warung makan, dan masih banyak lagi.

Penginapan

Jika kamu ingin menginap di sana, kamu bisa memilih beberapa penginapan yang tersedia di sekitar Wisata Buntok. Beberapa penginapan yang bisa kamu pilih antara lain Hotel Karya Indah, Hotel Bintang Laut, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Wisata Buntok adalah destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asri dan menyegarkan. Berbagai keindahan alam bisa kamu nikmati di sana seperti air terjun, hutan hujan tropis, sungai, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Buntok dan membeli oleh-oleh khas Buntok sebagai kenang-kenangan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah di sana dan berbagi pengalamanmu dengan orang lain!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *