Wisata Beruang Madu Balikpapan: Menikmati Keindahan Hutan Mangrove dengan Beruang Madu

Posted on

Wisata Beruang Madu Balikpapan adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di kota Balikpapan. Wisata yang terletak di Desa Manggar, Kecamatan Balikpapan Selatan ini menyajikan keindahan hutan mangrove yang masih asri dan alami. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung keberadaan beruang madu yang menjadi ikon wisata ini.

Keunikan Beruang Madu di Wisata Beruang Madu Balikpapan

Wisata Beruang Madu Balikpapan merupakan tempat yang tepat untuk melihat langsung keunikan beruang madu. Beruang madu sendiri adalah satwa yang dilindungi karena keberadaannya yang langka. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di wisata ini Anda bisa melihat langsung beruang madu tanpa harus merusak habitatnya.

Keunikan beruang madu adalah terletak pada perilakunya yang sangat unik. Beruang madu termasuk satwa yang sangat pintar dan cerdas. Mereka mampu menghafal jalur-jalur yang ada di hutan mangrove dengan sangat baik. Mereka juga mampu berenang dan memanjat pohon dengan sangat lincah.

Wisata Lainnya:  Wisata di Pati, Jawa Tengah: Menikmati Pesona Alam dan Budaya

Di wisata ini, Anda bisa melihat langsung keberadaan beruang madu yang hidup di alam liar. Anda juga bisa menyaksikan langsung kegiatan mereka sehari-hari seperti mencari makan, bermain, dan tidur. Selain itu, Anda juga bisa belajar mengenai kebiasaan dan perilaku beruang madu dari para pengelola wisata yang sudah berpengalaman.

Menikmati Keindahan Hutan Mangrove di Wisata Beruang Madu Balikpapan

Wisata Beruang Madu Balikpapan bukan hanya menawarkan keunikan beruang madu saja, tetapi juga keindahan hutan mangrove yang masih asri dan alami. Hutan mangrove sendiri adalah hutan khas daerah pesisir yang tumbuh di daerah berair payau atau muara sungai. Hutan mangrove memiliki keunikan tersendiri karena mampu bertahan hidup di daerah yang sangat ekstrim.

Di wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan hutan mangrove dengan cara berjalan-jalan di atas jembatan kayu yang dibangun di dalam hutan. Anda akan merasakan sensasi berjalan di atas jembatan kayu yang terapung di atas air. Di sepanjang jalan, Anda juga akan disuguhi pemandangan hutan mangrove yang masih asri dan alami.

Wisata Lainnya:  Wisata Jogja Terbaru 2018 – Nikmati Keindahan Jogja Yang Baru

Menyaksikan Langsung Proses Penangkaran Beruang Madu

Di wisata ini, Anda juga bisa menyaksikan langsung proses penangkaran beruang madu. Penangkaran beruang madu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan populasi beruang madu yang semakin langka. Selain itu, penangkaran juga dilakukan untuk mengurangi tekanan terhadap habitat alami beruang madu.

Anda bisa melihat langsung beruang madu yang masih berusia kecil dan sedang dalam proses penangkaran. Anda juga bisa belajar bagaimana cara merawat dan menjaga kebersihan beruang madu dari para pengelola wisata yang sudah berpengalaman.

Menikmati Berbagai Aktivitas Seru di Wisata Beruang Madu Balikpapan

Wisata Beruang Madu Balikpapan tidak hanya menawarkan keunikan beruang madu dan keindahan hutan mangrove saja, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman-teman. Beberapa aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di wisata ini antara lain:

  • Bermain air dengan beruang madu
  • Bermain di kolam renang
  • Bermain di taman bermain
  • Bersepeda di sekitar hutan mangrove
  • Membuat kerajinan tangan dari bahan alam
Wisata Lainnya:  Wisata Tumpang Poncokusumo: Menikmati Wisata Alam yang Memukau

Informasi Penting Sebelum Berkunjung ke Wisata Beruang Madu Balikpapan

Sebelum berkunjung ke Wisata Beruang Madu Balikpapan, ada beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui:

  • Lokasi: Desa Manggar, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WITA
  • Harga tiket masuk: Rp 50.000/orang (belum termasuk biaya aktivitas)
  • Fasilitas: Area parkir, toilet, kantin, taman bermain, kolam renang, dan jembatan kayu di atas hutan mangrove
  • Yang perlu dibawa: Kamera, baju ganti, sunblock, topi, dan sepatu

Kesimpulan

Wisata Beruang Madu Balikpapan merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berada di kota Balikpapan. Wisata ini menawarkan keunikan beruang madu, keindahan hutan mangrove, dan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga atau teman-teman. Sebelum berkunjung ke wisata ini, pastikan Anda sudah mengetahui informasi penting seperti lokasi, jam buka, harga tiket masuk, dan fasilitas yang disediakan. Selamat berwisata!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *