Wisata Batu Dua Sumedang: Menikmati Keindahan Alam di Jawa Barat

Posted on

Sumedang, sebuah kota kecil di Jawa Barat, menyimpan banyak keindahan alam yang masih alami dan belum banyak dikenal oleh wisatawan. Salah satunya adalah Wisata Batu Dua Sumedang yang menawarkan pemandangan indah dan udara segar di atas ketinggian.

Apa itu Wisata Batu Dua Sumedang?

Wisata Batu Dua Sumedang adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Desa Pasiripis, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang. Tempat ini terkenal dengan formasi batunya yang mirip dengan Kepulauan Raja Ampat di Papua. Batu Dua sendiri berarti dua buah batu besar yang berada di atas bukit dan diapit oleh dua buah tebing curam.

Bagaimana Cara Menuju Wisata Batu Dua Sumedang?

Untuk menuju ke Wisata Batu Dua Sumedang, bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewa mobil dari kota Bandung atau Sumedang. Dari arah Bandung, perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak sekitar 78 km. Sedangkan dari arah Sumedang, perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 17 km.

Wisata Lainnya:  Wisata Panenjoan Jatigede: Nikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Akomodasi di Wisata Batu Dua Sumedang

Di sekitar Wisata Batu Dua Sumedang, masih belum banyak tersedia akomodasi seperti hotel atau penginapan. Namun, pengunjung bisa bermalam di tenda yang disediakan di sekitar area wisata. Selain itu, pengunjung juga bisa membawa perlengkapan camping sendiri untuk bermalam di sana.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Batu Dua Sumedang

Di Wisata Batu Dua Sumedang, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di sekitar bukit, menikmati pemandangan yang memukau, atau berfoto di beberapa spot foto yang sudah disediakan. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas outbond seperti flying fox atau paintball.

Tips Berwisata ke Wisata Batu Dua Sumedang

Sebelum berangkat ke Wisata Batu Dua Sumedang, ada beberapa tips yang bisa pengunjung perhatikan. Pertama, pastikan membawa perlengkapan camping atau tenda jika ingin bermalam di sana. Kedua, jangan lupa membawa makanan dan minuman yang cukup karena di sekitar area wisata belum banyak tersedia warung atau kios. Ketiga, kenakan pakaian yang nyaman dan sebaiknya bawa jaket atau sweater karena udara di sana cukup dingin.

Wisata Lainnya:  Wisata Selokambang Lumajang: Pesona Alam yang Menakjubkan

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Dua Sumedang

Harga tiket masuk ke Wisata Batu Dua Sumedang cukup terjangkau, yakni Rp10.000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir kendaraan sepeda motor sebesar Rp2.000 dan mobil sebesar Rp5.000.

Spot Foto Terbaik di Wisata Batu Dua Sumedang

Di Wisata Batu Dua Sumedang, banyak spot foto yang bisa dijadikan sebagai background foto yang menarik. Beberapa spot foto terbaik di sana antara lain spot foto di atas bukit yang memperlihatkan pemandangan sekitar, spot foto di antara dua buah batu besar, dan spot foto di tengah-tengah hamparan rumput hijau.

Kelebihan Wisata Batu Dua Sumedang

Wisata Batu Dua Sumedang memiliki kelebihan yang bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke sana. Kelebihan tersebut antara lain keindahan alam yang masih alami dan belum banyak dijamah oleh wisatawan, udara yang sejuk dan segar, serta lokasinya yang tidak jauh dari kota Bandung dan Sumedang.

Kekurangan Wisata Batu Dua Sumedang

Tentu saja, selain kelebihan, Wisata Batu Dua Sumedang juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan oleh pengunjung. Kekurangan tersebut antara lain belum banyak tersedia fasilitas seperti warung atau kios, serta belum banyak tersedia akomodasi seperti hotel atau penginapan.

Wisata Lainnya:  Biaya Wisata Ujung Kulon: Tips Hemat Liburan di Taman Nasional Ujung Kulon

Kesimpulan

Wisata Batu Dua Sumedang adalah tempat wisata alam yang menarik dengan keindahan alam yang masih alami dan udara yang sejuk dan segar. Meski belum banyak dikenal oleh wisatawan, tempat ini memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata yang populer di Jawa Barat. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke sana, pastikan membawa perlengkapan camping dan makanan dan minuman yang cukup. Selamat menikmati keindahan Wisata Batu Dua Sumedang!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *