Wisata Baru di Trawas, Destinasi Liburan Seru di Jawa Timur

Posted on

Jawa Timur memang terkenal dengan destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Trawas yang terletak di Kabupaten Mojokerto. Kini, Trawas memiliki wisata baru yang tak kalah menarik dengan yang sudah ada sebelumnya. Destinasi wisata ini cocok bagi yang ingin berlibur sambil menikmati keindahan alam. Selain itu, wisata baru di Trawas juga menyajikan berbagai macam aktivitas yang seru dan menyenangkan. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Air Terjun Kakek Bodo

Salah satu wisata baru di Trawas yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Kakek Bodo. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan terletak di ketinggian 700 mdpl. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1 km dari lokasi parkir. Namun, perjalanan tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang memukau. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa bermain air dan berenang di kolam yang ada di bawahnya.

2. Bukit Doho

Bukit Doho merupakan bukit dengan ketinggian 1.366 mdpl yang terletak di Desa Doho, Trawas. Bukit ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking untuk mencapai puncak bukit. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Bukit Doho.

3. Kampung Anggrek Trawas

Jika kamu pecinta tanaman, maka Kampung Anggrek Trawas adalah destinasi wisata yang cocok untukmu. Kampung Anggrek Trawas merupakan tempat penangkaran dan penjualan anggrek yang berlokasi di Desa Tlogoagung, Trawas. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai macam jenis anggrek yang indah dan langka. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli anggrek sebagai oleh-oleh atau untuk koleksi pribadi.

4. Kampung Makan Trawas

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Trawas tanpa mencoba kuliner khasnya. Kampung Makan Trawas adalah destinasi wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam kuliner khas Trawas, seperti nasi pecel, rawon, sate kambing, dan masih banyak lagi. Selain itu, suasana kampung yang asri dan nyaman membuat makanan yang disajikan semakin nikmat.

Wisata Lainnya:  Wisata Mojokerto Puthuk Kembar: Keindahan Alam yang Menakjubkan

5. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura memang bukan wisata baru di Trawas, namun destinasi wisata ini wajib masuk dalam daftar kunjunganmu. Air terjun ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan dikenal sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur. Keunikan Air Terjun Madakaripura adalah adanya goa di balik air terjun yang bisa dijelajahi oleh pengunjung. Namun, pengunjung harus berhati-hati karena jalur menuju ke goa cukup licin dan berbatu.

6. Taman Wisata Alam Trawas

Taman Wisata Alam Trawas adalah wisata baru di Trawas yang cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan udara segar. Di sini, pengunjung bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan hijau dan segarnya udara pegunungan. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di spot-spot yang instagramable yang tersedia di Taman Wisata Alam Trawas.

7. Puncak Gunung Welirang

Bagi kamu yang suka dengan aktivitas mendaki gunung, Puncak Gunung Welirang bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl dan terletak di antara Kabupaten Mojokerto dan Pasuruan. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa merasakan sensasi mendaki gunung yang menantang.

8. Goa Maharani

Goa Maharani merupakan goa yang terletak di lereng Gunung Penanggungan, Trawas. Goa ini memiliki panjang sekitar 200 meter dan terdapat stalagtit dan stalagmit yang indah di dalamnya. Selain itu, goa ini juga dipercaya sebagai tempat meditasi para raja Jawa pada zaman dahulu.

9. Kawasan Wisata Tretes

Tretes memang bukan termasuk wilayah Trawas, namun destinasi wisata ini cukup dekat dan bisa menjadi alternatif tempat berlibur. Kawasan Wisata Tretes menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam aktivitas seperti bermain flying fox, bersepeda, atau sekedar berjalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan alam yang indah.

10. Air Terjun Jolotundo

Air Terjun Jolotundo merupakan air terjun yang terletak di lereng Gunung Penanggungan, Trawas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan kolam yang jernih di bawahnya. Pengunjung bisa bermain air dan berenang di kolam yang sejuk sambil menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, di sekitar air terjun juga terdapat area perkemahan yang cocok bagi kamu yang ingin bermalam di alam terbuka.

Wisata Lainnya:  Wisata Bukit Sentul: Tempat Wisata Indah di Sentul

11. Bukit Nirwana Trawas

Bukit Nirwana Trawas adalah destinasi wisata yang cocok bagi kamu yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah sambil bermain paralayang. Bukit Nirwana Trawas memiliki ketinggian sekitar 400 mdpl dan memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Selain paralayang, di sini juga tersedia wahana flying fox dan ATV yang bisa membuat liburanmu semakin seru.

12. Air Terjun Coban Talun

Air Terjun Coban Talun terletak di Desa Sumber Brantas, Trawas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki kolam yang jernih di bawahnya. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa bermain air dan berenang di kolam yang sejuk. Di sekitar air terjun juga terdapat area perkemahan yang cocok bagi kamu yang ingin bermalam di alam terbuka.

13. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan terletak di Desa Sekipan, Trawas. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking untuk mencapai puncak bukit. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Bukit Sekipan.

14. Goa Cina

Goa Cina merupakan goa yang terletak di Desa Putat, Trawas. Goa ini memiliki panjang sekitar 500 meter dan memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah di dalamnya. Selain itu, di dalam goa juga terdapat sungai kecil yang bisa dijelajahi oleh pengunjung. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar goa yang indah.

15. Air Terjun Cemara Sewu

Air Terjun Cemara Sewu terletak di Desa Jatirokeh, Trawas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan memiliki kolam yang jernih di bawahnya. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa bermain air dan berenang di kolam yang sejuk. Di sekitar air terjun juga terdapat area perkemahan yang cocok bagi kamu yang ingin bermalam di alam terbuka.

16. Bukit Pucang

Bukit Pucang terletak di Desa Pucang, Trawas. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking untuk mencapai puncak bukit. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Bukit Pucang.

17. Air Terjun Goa Tetes

Air Terjun Goa Tetes terletak di Desa Jatirejo, Trawas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam yang jernih di bawahnya. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa bermain air dan berenang di kolam yang sejuk. Di sekitar air terjun juga terdapat area perkemahan yang cocok bagi kamu yang ingin bermalam di alam terbuka.

Wisata Lainnya:  Wisata Alam Pasir Kirisik - Menikmati Pesona Alam di Tengah Gersangnya Pasir

18. Bukit Bubur

Bukit Bubur terletak di Desa Sumber Brantas, Trawas. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking untuk mencapai puncak bukit. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Bukit Bubur.

19. Air Terjun Kedung Celeng

Air Terjun Kedung Celeng terletak di Desa Kedung Celeng, Trawas. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan memiliki kolam yang jernih di bawahnya. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga bisa bermain air dan berenang di kolam yang sejuk. Di sekitar air terjun juga terdapat area perkemahan yang cocok bagi kamu yang ingin bermalam di alam terbuka.

20. Bukit Ayam

Bukit Ayam terletak di Desa Ayam, Trawas. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas hiking untuk mencapai puncak bukit. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Bukit Ayam.

21. Goa Jepang

Goa Jepang merupakan goa yang terletak di Desa Putat, Trawas. Goa ini memiliki panjang sekitar 1 km dan memiliki sejarah yang menarik. Goa Jepang digunakan sebagai markas tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Di dalam goa, pengunjung bisa melihat berbagai macam benda bersejarah yang masih tersimpan dengan baik.

22. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu memang bukan wisata baru di Trawas, namun destinasi wisata ini wajib masuk dalam daftar kunjunganmu. Air terjun ini terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan menjadi salah satu air terjun terindah di Indonesia. Keunikan Air Terjun Tumpak Sewu adalah bentuknya yang mirip dengan tirai air yang menjulang tinggi.

23. Bukit Cinta

Bukit Cinta terletak di Desa Cinta, Trawas. Bukit

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *