Wisata Bangka Selatan: Pesona Keindahan Alam dan Kebudayaan

Posted on

Bangka Selatan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bangka Belitung yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Wisata Bangka Selatan menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Bangka Selatan.

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang terkenal di Bangka Selatan. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Selain itu, pantai ini juga menyediakan berbagai aktivitas seperti banana boat, jetski, dan parasailing. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan sunset di pantai ini. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bangka seperti mie belitung dan luti gendang di warung-warung sekitar pantai.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas merupakan pulau kecil yang terletak di dekat Pantai Parai Tenggiri. Pulau ini terkenal dengan mercusuar tua yang berusia lebih dari 100 tahun. Wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dari atas mercusuar dan juga dapat snorkeling di sekitar pulau. Pulau Lengkuas juga memiliki beberapa penginapan dan warung makanan.

Pantai Matras

Pantai Matras merupakan pantai yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman karena tidak ada warung makanan di sekitar pantai.

Kampung Seni Sungailiat

Kampung Seni Sungailiat merupakan kampung yang terkenal dengan kebudayaannya. Di kampung ini, wisatawan bisa melihat berbagai karya seni seperti ukiran kayu, tenun, dan batik. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar membuat kerajinan tangan dari para pengrajin lokal. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Bangka seperti kerajinan tangan dan kain batik di kampung ini.

Pantai Rebo

Pantai Rebo merupakan pantai yang masih alami dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman karena tidak ada warung makanan di sekitar pantai.

Wisata Lainnya:  Bunaken Merupakan Salah Satu Objek Wisata Indonesia yang Menakjubkan

Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia merupakan museum yang terletak di kota Pangkalpinang. Museum ini memamerkan berbagai artefak dan informasi sejarah tentang tambang timah di Bangka Belitung. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar tentang proses pengolahan timah dan sejarah kebudayaan masyarakat Bangka Belitung. Museum ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menambah pengetahuan tentang sejarah Bangka Belitung.

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Desa Wisata Sinar Baru

Desa Wisata Sinar Baru merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Mendo Barat. Desa ini merupakan desa wisata pertama di Bangka Belitung yang menawarkan wisata agro dan peternakan. Wisatawan bisa belajar tentang cara bercocok tanam dan cara merawat ternak. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli produk olahan dari hasil pertanian dan peternakan di desa ini.

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Kota Tua Sungailiat

Kota Tua Sungailiat merupakan kota tua yang terletak di kecamatan Sungailiat. Kota ini memiliki bangunan-bangunan tua yang masih terawat dengan baik. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah kebudayaan masyarakat Bangka Belitung di kota ini. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bangka seperti mi koba dan otak-otak di warung-warung sekitar kota tua.

Pulau Dua

Pulau Dua merupakan pulau kecil yang terletak di dekat Pantai Pasir Padi. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami. Wisatawan bisa snorkeling di sekitar pulau dan menikmati pemandangan ikan-ikan yang berwarna-warni. Pulau Dua juga memiliki penginapan dan warung makanan.

Benteng Bukit Cina

Benteng Bukit Cina merupakan benteng peninggalan Belanda yang terletak di kota Pangkalpinang. Benteng ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar tentang sejarah Bangka Belitung di benteng ini. Jangan lupa untuk mengambil foto di depan benteng sebagai kenang-kenangan.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Puncak Becici Yogyakarta, Udara Sejuk Bikin Susah Move On

Pantai Tikus

Pantai Tikus merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan minuman karena tidak ada warung makanan di sekitar pantai.

Desa Wisata Kacang Pedang

Desa Wisata Kacang Pedang merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Koba. Desa ini merupakan pusat produksi kacang pedang yang terkenal di Bangka Belitung. Wisatawan bisa belajar tentang cara membuat kacang pedang dan membeli produk olahan dari kacang pedang di desa ini. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Pantai Tanjung Bemban

Pantai Tanjung Bemban merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Kebun Belimbing

Kebun Belimbing merupakan kebun belimbing yang terletak di kecamatan Sungailiat. Wisatawan bisa belajar tentang cara menanam dan merawat belimbing di kebun ini. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli belimbing segar dan olahan dari belimbing di kebun ini. Jangan lupa untuk mencoba jus belimbing yang segar di warung di sekitar kebun.

Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Desa Wisata Tanjung Binga

Desa Wisata Tanjung Binga merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Belinyu. Desa ini terkenal dengan kerajinan tangan dari bahan kerang dan hasil laut lainnya. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan alami di desa ini. Desa ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Pantai Rambak

Pantai Rambak merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Wisata Lainnya:  Menikmati Pemandangan di Tempat Wisata Dekat Stasiun Rangkasbitung

Desa Wisata Tukak

Desa Wisata Tukak merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Koba. Desa ini terkenal dengan kerajinan tangan dari bahan-bahan alami seperti rotan dan bambu. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar tentang cara membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan alami di desa ini. Desa ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Pantai Tikus Emas

Pantai Tikus Emas merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Desa Wisata Air Anyir

Desa Wisata Air Anyir merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Merawang. Desa ini terkenal dengan hasil lautnya seperti ikan dan udang. Wisatawan bisa belajar tentang cara menangkap ikan dan udang di desa ini. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba makanan laut segar di warung makanan di desa ini. Desa ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Pantai Tikus Laut

Pantai Tikus Laut merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Desa Wisata Sungai Liat

Desa Wisata Sungai Liat merupakan desa wisata yang terletak di kecamatan Sungai Liat. Desa ini terkenal dengan hasil pertaniannya seperti padi dan sayuran. Wisatawan bisa belajar tentang cara bercocok tanam di desa ini. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka di warung makanan di desa ini. Desa ini juga memiliki pemandangan alam yang indah.

Pantai Tanjung Kelumpang

Pantai Tanjung Kelumpang merupakan pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit di sekitar pantai. Pantai ini juga memiliki beberapa warung makanan yang menyediakan makanan khas Bangka seperti sate kelapa dan soto Bangka.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *