Wisata Bandar Lampung Kemiling: Destinasi Wisata Terbaik di Lampung

Posted on

Bandar Lampung merupakan kota terbesar di Provinsi Lampung yang memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Bandar Lampung adalah Kemiling. Wisata Bandar Lampung Kemiling menawarkan berbagai macam keindahan alam, kuliner, dan budaya yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

1. Pantai Mutun

Pantai Mutun merupakan salah satu pantai terpopuler di Kemiling. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas dan ombak yang tenang, sehingga pantai ini sangat cocok untuk berenang dan bersantai dengan keluarga atau teman. Selain itu, di pantai ini juga terdapat warung-warung makanan yang menjual berbagai macam kuliner khas Lampung.

2. Museum Lampung

Museum Lampung merupakan museum terbesar di Lampung yang berlokasi di Kemiling. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi artefak dan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan Lampung, seperti senjata tradisional, pakaian adat, dan alat musik tradisional. Pengunjung dapat melihat langsung koleksi-koleksi tersebut dan mempelajari sejarah Lampung dari masa ke masa.

3. Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman

Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman merupakan taman hutan raya terbesar di Lampung. Taman ini memiliki luas sekitar 40.000 hektar dan terletak di Kemiling. Di taman ini terdapat berbagai macam flora dan fauna yang dilindungi, seperti gajah, harimau, dan rusa. Selain itu, taman ini juga memiliki berbagai macam spot foto yang indah dan instagramable.

4. Kampung Adat Sukau

Kampung Adat Sukau merupakan kampung adat yang terletak di Kemiling. Kampung ini masih mempertahankan adat dan tradisi Lampung yang kental, seperti rumah adat, tari-tarian tradisional, dan upacara adat. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal dan belajar tentang budaya Lampung yang unik.

Wisata Lainnya:  Wisata Lhoknga: Menikmati Pesona Pantai dan Alam Aceh

5. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan merupakan teluk yang terletak di Kemiling. Teluk ini terkenal dengan keindahan panorama lautnya dan lumba-lumba yang sering muncul di sekitar teluk. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk melihat lumba-lumba yang bermain di laut atau sekadar menikmati keindahan alam Teluk Kiluan.

6. Air Terjun Putri Malu

Air Terjun Putri Malu merupakan air terjun yang terletak di Kemiling. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan air yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang atau bersantai di sekitar air terjun.

7. Kuliner Khas Lampung

Kemiling juga terkenal dengan kuliner khas Lampung yang lezat. Beberapa kuliner khas Lampung yang dapat dicoba di Kemiling antara lain sate klatak, sate bandeng, pepes tahu, dan mie celor. Kuliner-kuliner tersebut dapat ditemukan di berbagai tempat di Kemiling.

8. Penginapan

Kemiling juga memiliki banyak penginapan yang dapat dipilih oleh pengunjung. Beberapa penginapan yang terkenal di Kemiling adalah Hotel Novotel Lampung, Hotel Bukit Randu, dan Hotel Radisson Lampung Kedaton.

9. Transportasi

Kemiling dapat diakses melalui transportasi darat dan udara. Jika menggunakan transportasi darat, pengunjung dapat menggunakan bus atau taksi dari Bandar Lampung. Sedangkan jika menggunakan transportasi udara, pengunjung dapat menggunakan pesawat dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya ke Bandar Lampung.

10. Tips Berwisata di Kemiling

Berikut adalah beberapa tips berwisata di Kemiling:

  • Siapkan persiapan yang matang sebelum berangkat, seperti tiket pesawat atau bus, penginapan, dan itinerary.
  • Jangan lupa membawa peralatan yang dibutuhkan, seperti kamera, sunscreen, dan pakaian yang nyaman.
  • Ikuti aturan dan tata tertib yang berlaku di setiap tempat wisata.
  • Cari informasi tentang destinasi wisata sebelum berangkat agar tidak ketinggalan hal-hal penting.
  • Lebih baik berkunjung pada hari-hari biasa daripada pada akhir pekan atau hari libur nasional untuk menghindari keramaian.

11. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di setiap destinasi wisata di Kemiling bervariasi tergantung dari tempat wisata yang dikunjungi. Sebagai contoh, harga tiket masuk ke Pantai Mutun sekitar Rp 10.000 per orang, sedangkan harga tiket masuk ke Museum Lampung sekitar Rp 3.000 per orang.

12. Jam Buka

Jam buka di setiap destinasi wisata di Kemiling bervariasi tergantung dari tempat wisata yang dikunjungi. Sebagai contoh, Pantai Mutun buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 18.00, sedangkan Museum Lampung buka setiap hari kecuali Senin mulai pukul 08.00 – 14.00.

Wisata Lainnya:  Wisata Hotel Dumai – Menikmati Liburan di Kota Dumai dengan Nyaman dan Tenang

13. Cuaca

Cuaca di Kemiling cenderung panas dan lembap sepanjang tahun. Namun, pada bulan-bulan tertentu seperti Januari – Februari dan September – Desember, intensitas hujan cukup tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk mempersiapkan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan membawa payung atau jas hujan jika berkunjung pada bulan-bulan tersebut.

14. Keamanan

Kemiling merupakan tempat wisata yang relatif aman dan nyaman untuk dikunjungi. Namun, seperti tempat wisata lainnya, tetap perlu menjaga keamanan diri dan barang bawaan. Hindari membawa barang berharga yang tidak diperlukan dan selalu perhatikan sekitar.

15. Kebersihan

Selalu jaga kebersihan tempat wisata yang dikunjungi. Jangan membuang sampah sembarangan dan patuhi aturan tentang penggunaan fasilitas umum. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat memperpanjang umur tempat wisata tersebut dan meningkatkan kenyamanan bagi pengunjung lainnya.

16. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung merupakan pantai yang terletak di Kemiling. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan ombak yang besar, sehingga pantai ini sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, di pantai ini juga terdapat warung-warung makanan yang menjual berbagai macam kuliner khas Lampung.

17. Tugu Adipura

Tugu Adipura merupakan tugu yang diberikan sebagai penghargaan atas keberhasilan Kota Bandar Lampung meraih penghargaan Adipura. Tugu ini terletak di Kemiling dan menjadi salah satu ikon Kota Bandar Lampung.

18. Museum Uang Sumatera

Museum Uang Sumatera merupakan museum yang menyimpan koleksi uang kuno dari berbagai daerah di Sumatera. Museum ini terletak di Kemiling dan menjadi tempat yang menarik bagi pecinta sejarah dan kolektor uang kuno.

19. Taman Wisata Kopi

Taman Wisata Kopi merupakan taman wisata yang terletak di Kemiling. Taman ini menyediakan berbagai macam jenis kopi dari berbagai daerah di Indonesia dan juga menyediakan tour untuk melihat proses pembuatan kopi dari awal hingga akhir.

20. Taman Budaya Lampung

Taman Budaya Lampung merupakan taman yang berisi berbagai macam benda-benda dan artefak yang berkaitan dengan budaya Lampung. Taman ini terletak di Kemiling dan menjadi tempat yang menarik bagi mereka yang ingin belajar tentang budaya Lampung.

21. Air Terjun Guci

Air Terjun Guci merupakan air terjun yang terletak di Kemiling. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan air yang jernih. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berenang atau bersantai di sekitar air terjun.

Wisata Lainnya:  Panduan Wisata dengan Po Bus Komodo

22. Kuliner Sate Klatak

Sate klatak merupakan salah satu kuliner khas Lampung yang terkenal di Kemiling. Sate ini terbuat dari daging kambing yang disajikan bersama bumbu pedas dan nasi. Kuliner ini bisa ditemukan di berbagai tempat di Kemiling.

23. Pantai Ketapang

Pantai Ketapang merupakan pantai yang terletak di Kemiling. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dan ombak yang kecil, sehingga pantai ini sangat cocok untuk bersantai dan berenang dengan anak-anak.

24. Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro merupakan makam dari salah satu pahlawan nasional Indonesia yang terletak di Kemiling. Makam ini menjadi tempat ziarah bagi masyarakat Lampung dan juga menjadi tempat wisata sejarah yang menarik.

25. Teluk Betung

Teluk Betung merupakan teluk yang terletak di Kemiling. Teluk ini terkenal dengan keindahan panorama lautnya dan merupakan tempat yang cocok untuk menikmati matahari terbenam.

26. Desa Wisata Kalianda

Desa Wisata Kalianda merupakan desa wisata yang terletak di Kemiling. Desa ini menyajikan keindahan alam yang masih asri dan tradisi adat Lampung yang kental. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal dan merasakan kehidupan seperti di desa.

27. Puncak Mas

Puncak Mas merupakan bukit yang terletak di Kemiling. Bukit ini memiliki pemandangan yang indah dan sangat cocok untuk menikmati sunrise atau sunset. Selain itu, di bukit ini juga terdapat tempat makan dan spot foto yang instagramable.

28. Wisata Belanja

Di Kemiling terdapat berbagai macam tempat belanja yang menjual berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas Lampung. Beberapa tempat belanja yang terkenal di Kemiling antara lain Pasar Tugu, Pasar Seni, dan Pasar Kranggan.

29. Wisata Religi

Di Kemiling terdapat berbagai macam tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata religi yang terkenal di Kemiling antara lain Masjid Agung Al Furqon, Gereja HKBP Kemiling, dan Vihara Dharma Bhakti.

30. Kesimpulan

Wisata Bandar Lampung Kemiling menawarkan berbagai macam keindahan alam, kuliner, dan budaya yang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Dari berbagai macam destinasi wisata yang ada di Kemiling, pengunjung dapat memilih sesuai dengan minat dan kebutuhan masing-masing. Namun, pastikan untuk selalu mematuhi aturan dan menjaga kebersihan tempat wisata yang dikunjungi.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *