Wisata Bajawa: Menikmati Keindahan Alam Flores yang Menawan

Posted on

Wisata Bajawa adalah salah satu destinasi wisata di Flores, Nusa Tenggara Timur yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Bajawa terkenal dengan gunung-gunungnya yang menjulang tinggi, perkebunan kopi, dan juga tradisi kebudayaannya yang masih kental. Destinasi ini cocok untuk traveler yang ingin merasakan petualangan dan keindahan alam yang masih alami dan belum terlalu ramai dikunjungi.

Lokasi dan Akses Wisata Bajawa

Bajawa berada di dataran tinggi Flores Barat Daya dan terletak sekitar 180 km dari Maumere dan 100 km dari Ende. Akses menuju Bajawa bisa ditempuh dengan mobil atau bus dari kota-kota besar di Pulau Flores, seperti Maumere, Ende, atau Labuan Bajo. Namun, karena jalanan yang berliku dan terjal, disarankan untuk menggunakan kendaraan 4WD agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Wisata Lainnya:  Menjelajahi Keindahan Tempat Wisata Lombok Timur

Keindahan Gunung Inerie

Salah satu daya tarik utama wisata Bajawa adalah Gunung Inerie yang menjulang tinggi dengan ketinggian 2.245 mdpl. Pemandangan dari puncak gunung ini sangat memukau dan menawarkan panorama alam yang luar biasa. Selain itu, Gunung Inerie juga dianggap sebagai gunung yang suci oleh masyarakat setempat.

Berwisata ke Desa Adat Bena

Desa Adat Bena adalah sebuah desa tradisional di Bajawa yang masih mempertahankan adat dan kebiasaan nenek moyang mereka. Desa ini terletak sekitar 16 km dari pusat kota Bajawa dan dikelilingi oleh perbukitan yang indah. Di sini, traveler dapat melihat rumah adat yang unik, menikmati keindahan alam yang menawan, serta belajar tentang kebudayaan tradisional Flores.

Melepas Lelah di Air Panas Soa

Air Panas Soa adalah sebuah kolam alami yang terletak di dekat desa Soa, sekitar 15 km dari pusat kota Bajawa. Kolam air panas ini dipercaya memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan penyakit lainnya. Selain itu, traveler juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah di sekitar kolam.

Wisata Lainnya:  Wisata Gratis di Bangkok: 30 Tempat Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi

Menikmati Kopi Bajawa

Bajawa terkenal dengan kopi arabicanya yang berkualitas tinggi. Traveler dapat mengunjungi perkebunan kopi dan belajar tentang proses pengolahan kopi dari petani setempat. Selain itu, traveler juga dapat membeli kopi langsung dari petani setempat sebagai oleh-oleh khas Flores.

Wisata Kuliner Bajawa

Wisata kuliner di Bajawa juga patut dicoba oleh traveler yang berkunjung ke sana. Beberapa makanan khas yang bisa dicicipi di antaranya adalah nasi jagung, ayam tuturuga, dan jagung bakar. Selain itu, traveler juga bisa mencoba kopi Bajawa yang terkenal dengan citarasa khasnya.

Mengunjungi Wae Rebo

Wae Rebo adalah sebuah desa adat yang terletak sekitar 30 km dari Bajawa. Desa ini terletak di atas bukit dan hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. Di sini, traveler dapat melihat rumah adat yang unik dan menikmati keindahan alam yang spektakuler. Wae Rebo juga terkenal dengan ritual adat yang masih dipertahankan oleh masyarakat setempat.

Tips Berwisata ke Bajawa

Sebelum berkunjung ke Bajawa, traveler sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik. Beberapa tips yang bisa diikuti antara lain adalah membawa pakaian yang sesuai dengan cuaca, membawa obat-obatan pribadi, dan membawa uang tunai karena belum semua tempat di sana menerima pembayaran dengan kartu kredit. Selain itu, traveler juga disarankan untuk menggunakan jasa guide lokal agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Dekat Stasiun Purwakarta

Kesimpulan

Wisata Bajawa menawarkan keindahan alam yang memukau dan kebudayaan tradisional yang masih kental. Destinasi ini cocok bagi traveler yang ingin merasakan petualangan dan keindahan alam yang masih alami. Selain itu, wisata kuliner dan kopi Bajawa juga patut dicoba oleh traveler yang berkunjung ke sana. Namun, sebelum berkunjung ke Bajawa, traveler sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik dan menggunakan jasa guide lokal agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *