Wisata Air Terjun Trawas: Keindahan Alam yang Tak Tergantikan

Posted on

Wisata air terjun Trawas merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Jawa Timur. Terletak di Kabupaten Mojokerto, wisata air terjun Trawas menawarkan keindahan alam yang tak tergantikan.

Keindahan Alam yang Menakjubkan

Air terjun Trawas terletak di kaki Gunung Penanggungan yang memiliki ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Keindahan alam yang menakjubkan dapat ditemukan di sepanjang perjalanan ke air terjun Trawas. Anda akan melewati perbukitan yang hijau dan hutan yang rimbun.

Setelah sampai di air terjun Trawas, Anda akan merasa takjub dengan keindahan alam yang ada di sana. Air terjun yang jernih dan segar akan menyegarkan tubuh Anda setelah perjalanan yang melelahkan. Anda juga dapat menikmati udara segar dan pemandangan yang indah.

Perjalanan Menuju Air Terjun Trawas

Untuk menuju ke air terjun Trawas, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menaiki angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Surabaya. Namun, jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda dapat menaiki bus yang menuju Mojokerto dan turun di pasar Trawas. Dari pasar Trawas, Anda dapat naik ojek atau jalan kaki untuk mencapai air terjun Trawas.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Terjun Trawas

Di wisata air terjun Trawas, terdapat berbagai fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk menunjang kenyamanan Anda selama berlibur. Beberapa fasilitas yang tersedia di wisata air terjun Trawas antara lain:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet dan kamar mandi
  • Warung makanan dan minuman
  • Balai pertemuan
  • Penginapan
Wisata Lainnya:  Wisma Wisata Taskurun: Penginapan Nyaman di Tengah Alam Liar

Keindahan Alam yang Tak Tergantikan di Air Terjun Trawas

Keindahan alam yang tak tergantikan dapat ditemukan di air terjun Trawas. Air terjun yang jernih dan segar akan menyegarkan tubuh Anda setelah perjalanan yang melelahkan. Anda juga dapat menikmati udara segar dan pemandangan yang indah.

Di sekitar air terjun Trawas, terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang dapat Anda lihat. Beberapa jenis burung dan kupu-kupu dapat ditemukan di sekitar air terjun Trawas. Selain itu, Anda juga dapat melihat berbagai jenis tumbuhan seperti pohon kelapa, bambu, dan pohon jati.

Menikmati Keindahan Air Terjun Trawas

Anda dapat menikmati keindahan air terjun Trawas dengan berbagai cara. Anda dapat berenang di bawah air terjun atau hanya duduk di sekitar air terjun untuk menikmati keindahan alam yang ada di sana. Anda juga dapat melakukan aktivitas seperti memancing atau berjalan-jalan di sekitar air terjun.

Untuk menikmati keindahan air terjun Trawas dengan lebih baik, Anda dapat datang pada saat musim kemarau. Pada saat musim kemarau, air terjun Trawas akan mengalir lebih deras dan warna air akan lebih jernih. Namun, pada saat musim hujan, air terjun Trawas akan mengalir lebih lambat dan warna air akan lebih keruh.

Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Trawas

Harga tiket masuk wisata air terjun Trawas cukup terjangkau. Untuk tiket masuk wisata air terjun Trawas, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 10.000 per orang. Selain itu, Anda juga dapat membayar biaya parkir sekitar Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Keamanan di Wisata Air Terjun Trawas

Keamanan merupakan hal yang sangat penting ketika berlibur ke wisata air terjun Trawas. Untuk menjaga keamanan pengunjung, wisata air terjun Trawas dilengkapi dengan petugas keamanan dan alat keselamatan seperti life jacket.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Alam di Objek Wisata Lembah Hijau Lestari Bontang

Namun, Anda juga perlu berhati-hati selama berada di wisata air terjun Trawas. Jangan berenang terlalu jauh dari bibir air terjun dan selalu perhatikan anak-anak agar tidak terjebak arus air.

Tempat Penginapan di Wisata Air Terjun Trawas

Jika Anda ingin menginap di wisata air terjun Trawas, terdapat beberapa pilihan tempat penginapan yang dapat Anda pilih. Beberapa pilihan tempat penginapan di wisata air terjun Trawas antara lain:

  • Villa
  • Kost
  • Hotel
  • Homestay

Harga tempat penginapan di wisata air terjun Trawas bervariasi tergantung pada jenis tempat penginapan dan fasilitas yang disediakan. Namun, harga tempat penginapan di wisata air terjun Trawas cukup terjangkau dan dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Wisata Kuliner di Wisata Air Terjun Trawas

Anda tidak perlu khawatir kehabisan makanan dan minuman selama berlibur ke wisata air terjun Trawas. Di sekitar wisata air terjun Trawas, terdapat berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat Anda nikmati. Beberapa jenis makanan dan minuman yang populer di wisata air terjun Trawas antara lain:

  • Jus buah segar
  • Bakso
  • Sate
  • Soto
  • Es kelapa muda

Selain itu, Anda juga dapat mencoba berbagai jenis makanan dan minuman khas Mojokerto seperti nasi pecel, sate lilit, dan jajan pasar.

Wisata Belanja di Wisata Air Terjun Trawas

Di sekitar wisata air terjun Trawas, terdapat berbagai jenis souvenir dan oleh-oleh yang dapat Anda beli sebagai kenang-kenangan. Beberapa jenis souvenir dan oleh-oleh yang populer di wisata air terjun Trawas antara lain:

  • Kerajinan tangan dari bambu
  • Kerajinan tangan dari kayu
  • Buah-buahan khas Mojokerto
  • Oleh-oleh makanan seperti kerupuk, bakpia, dan dodol
Wisata Lainnya:  Wisata Kebun Jeruk Garut: Pesona Alam yang Menawan

Anda dapat membeli souvenir dan oleh-oleh di pasar Trawas atau di sekitar wisata air terjun Trawas.

Perjalanan Menuju Gunung Penanggungan

Jika Anda memiliki waktu yang cukup, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Gunung Penanggungan setelah mengunjungi wisata air terjun Trawas. Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur. Di Gunung Penanggungan, Anda dapat menikmati keindahan alam yang spektakuler dan berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di sana.

Untuk menuju ke Gunung Penanggungan, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menaiki angkutan umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari wisata air terjun Trawas. Namun, jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda dapat menaiki bus yang menuju ke Kediri dan turun di pasar Nganjuk. Dari pasar Nganjuk, Anda dapat naik ojek atau jalan kaki untuk mencapai Gunung Penanggungan.

Kesimpulan

Wisata air terjun Trawas merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Jawa Timur. Di wisata air terjun Trawas, Anda dapat menikmati keindahan alam yang tak tergantikan dan berbagai jenis aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, di wisata air terjun Trawas juga terdapat berbagai fasilitas seperti tempat parkir, toilet, warung makanan dan minuman, balai pertemuan, dan penginapan. Harga tiket masuk wisata air terjun Trawas cukup terjangkau dan keamanan di wisata air terjun Trawas juga terjamin. Anda juga dapat menikmati wisata kuliner dan wisata belanja di sekitar wisata air terjun Trawas. Jika Anda memiliki waktu yang cukup, Anda juga dapat melanjutkan perjalanan ke Gunung Penanggungan setelah mengunjungi wisata air terjun Trawas.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *