Tiket Masuk Mandalika

Tiket Masuk Mandalika Dan Peraturan Yang Harus Dipatuhi

Posted on

Mulai 1 Juli 2022, Mandalika sudah dibuka untuk umum. Artinya, masyarakat dapat berkunjung serta menikmati suasana di sirkuit. Namun sebelum mengunjunginya, tiket masuk Mandalika adalah hal yang perlu diketahui dahulu sehingga bisa menyiapkan anggarannya.  Hal ini terutama bagi orang yang datang dari luar kota.

Program yang diadakan untuk umum ini bernama Mandalika Track Walk sehingga kegiatannya cenderung diisi dengan olahraga. Meskipun sudah dibuka untuk umum, tetapi ada berbagai peraturan yang harus dipatuhi. Jika ingin tahu informasi lebih lanjut, maka bisa cek dalam artikel ini. 

Tiket Masuk Mandalika dan Peraturannya

Tujuan dibukanya sirkuit ini untuk umum adalah supaya masyarakat juga mempunyai rasa memiliki. Meskipun begitu, masih ada harga tiket yang harus ditanggung dan perlu mematuhi peraturan yang ada ada. Berikut penjelasan lengkapnya. 

Tiket Masuk Mandalika

Harga tiket masuk Mandalika adalah cukup mahal. Kemungkinan karena di Lombok biaya hidupnya yang tinggi sehingga harga tersebut tergolong standar. Selain harga tiket masuk, ketahui juga jam operasionalnya. 

Wisata Lainnya:  Pengertian Wisata Keagamaan: Menelusuri Tempat Bersejarah dan Beribadah

Dengan begitu, pengunjung bisa merencanakan akan datang jam berapa. Waktu yang ditawarkan untuk bisa menikmati suasana sirkuit cukup singkat. Kemudian, juga hanya dibatasi 100 orang setiap harinya, berikut keterangan tarifnya. 

Tiket Masuk
Warga Negara Indonesia (WNI) (Weekdays)  Rp150.000,-
Warga Negara Asing (WNA) (Weekdays)  Rp250.000,-
WNI (Weekend)  Rp200.000,-
WNA (Weekend)  Rp300.000,-
Jam Operasional
Senin – Jumat  06.00 – 09.00 WITA
Sabtu dan Minggu

06.00 – 09.00 WITA

16.30 – 18.00 WITA

Kegiatan yang Bisa Pengunjung Lakukan di Mandalika

Aktivitas yang bisa pengunjung melakukan ketika sudah masuk di Mandalika adalah bisa bervariasi. Jadi tergantung keinginan hendak melakukan apa asalkan tidak berpotensi merusak fasilitas. Berikut beberapa rekomendasi aktivitasnya. 

  • Pertama, berlari. Apabila sudah sampai di Mandalika, tentu aktivitas yang bisa dilakukan adalah terkait dengan olahraga. Biasanya yang paling umum adalah berlari atau jogging. Mengingat sirkuit ini memang dibuka pada waktu pagi hari. 
  • Kemudian, bisa juga bersepeda dengan membawa kendaraan sendiri. Akan tetapi, harus mengikuti peraturan yang ada terkait sepeda apa yang bisa dibawa. 
  • Jika tidak berniat untuk berolahraga di tempat ini, maka bisa hanya berjalan kaki sambil menikmati suasana di sirkuit. 

Lokasi Sirkuit Mandalika

Mandalika adalah berada di Desa Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. Bagi yang ingin datang berkunjung, maka bisa mengikuti rute detailnya di Google Maps. 

Lokasi di Maps: Sirkuit Mandalika

Aturan Mendaftar untuk Masuk ke Mandalika

Hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah aturan pendaftaran untuk bisa masuk ke Mandalika. Dengan mengetahui aturannya, maka pengunjung bisa mendapatkan akses. Mengingat di sirkuit ini tidak menyediakan penjualan tiket secara offline. 

Maka dari itu, harus mengikuti beberapa aturan berikut. Tujuan diberlakukannya aturan ini yaitu supaya lebih transparan dan rapi administrasinya. Jadi, bagi yang tidak mengikuti aturan, maka tidak akan bisa masuk ke dalam. 

  • Pengunjung harus melakukan pendaftaran serta pembayaran tiket secara online. Media yang digunakan ialah berupa aplikasi Xplorin. Aplikasi ini dapat diunduh pada Play Store atau Apple Store. 
  • Pembayarannya sudah dilengkapi dengan sistem yang nyaman dan mudah. Diantaranya seperti transfer melalui ATM, QRIS, serta bisa menggunakan kartu kredit. 

Peraturan Ketika Berkunjung ke Mandalika

Selain mendaftar, peraturan lainnya adalah ketika sedang berkunjung ke Mandalika. Peraturan ini sudah ditetapkan oleh ITDC Group sehingga siapa saja harus menaatinya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan. 

  • Tidak boleh menggunakan sandal.
  • Apabila membawa sepeda, maka roda yang dipakai harus berbahan karet. Selain karet, tidak diperbolehkan untuk digunakan. 
  • Bisa membawa anak-anak di bawah 12 tahun, tetapi harus selalu didampingi oleh keluarganya. 
  • Ibu hamil boleh ikut masuk, tetapi harus ada pendamping. 
  • Tidak boleh membuang sampah di dalam sirkuit. 
  • Dilarang melakukan aktivitas yang bisa berpotensi akan merusak aspal sirkuit. Misalnya menumpahkan cairan berminyak, pelumas, dan lain sebagainya. 
  • Pengunjung yang membawa roda dua berbahan karet, maka akan dikenakan biaya tambahan. Misalnya membawa sepeda atau segway. 

Rencana ke Depannya

ITDC Group sudah menyiapkan beberapa rencana kedepannya untuk program-program yang bisa dilakukan di Mandalika. Berikut adalah beberapa program ke depannya yang sudah dituturkan oleh Arie Prasetyo. 

  • Mandalika Circuit Tour
  • Pengalaman Riding bersama pembalap
  • Safety Riding di Track

Akhir Kata

Tiket masuk Mandalika adalah informasi wisata yang wajib diketahui sebelum datang berkunjung. Apalagi harga tiket yang cukup mahal sehingga pengunjung harus benar-benar menyiapkan anggarannya.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *