Tempat Wisata di Ternate: Pesona Alam yang Menawan

Posted on

Ternate, salah satu kota di Provinsi Maluku Utara, memiliki keindahan alam yang memukau. Beragam tempat wisata di Ternate menawarkan pesona alam yang luar biasa. Tak heran jika Ternate menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di Indonesia. Berikut ini beberapa tempat wisata di Ternate yang wajib dikunjungi jika Anda berada di kota ini.

1. Danau Tolire Besar

Tempat wisata pertama yang wajib dikunjungi di Ternate adalah Danau Tolire Besar. Danau ini memiliki pesona yang memukau dengan airnya yang jernih dan keindahan alam sekitarnya yang masih alami. Anda bisa menikmati pemandangan indah sambil menikmati kuliner khas Ternate yang tersedia di sekitar danau. Jangan lupa untuk berfoto di atas perahu yang tersedia untuk menambah pengalaman wisata Anda.

2. Benteng Tolukko

Ternate dikenal sebagai kota sejarah yang kaya. Benteng Tolukko adalah salah satu bukti sejarah yang masih tersisa di Ternate. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 oleh Kesultanan Ternate untuk melindungi kota dari serangan musuh. Sekarang, Benteng Tolukko menjadi salah satu tempat wisata di Ternate yang populer untuk menikmati pemandangan laut dan kota Ternate dari atas.

3. Air Terjun Kalamata

Jika Anda mencari tempat wisata di Ternate yang lebih sejuk dan alami, maka Air Terjun Kalamata bisa menjadi pilihan yang tepat. Air terjun ini terletak di Desa Kalamata, Kecamatan Pulau Hiri, Ternate. Anda akan menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri dan menyejukkan. Pastikan Anda membawa kamera untuk mengabadikan momen indah di Air Terjun Kalamata.

4. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha adalah salah satu tempat wisata di Ternate yang menawarkan keindahan laut yang memukau. Pantai ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami dan beragam ikan hias yang bisa dilihat dengan snorkeling. Selain itu, Pantai Sulamadaha juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam yang memukau.

Wisata Lainnya:  Jadwal KRL Manggarai: Kenali Jadwal Kereta Api di Stasiun Manggarai

5. Gunung Gamalama

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Gunung Gamalama bisa menjadi pilihan tempat wisata di Ternate yang menarik. Gunung ini memiliki ketinggian 1.715 mdpl dan menjadi salah satu gunung tertinggi di Maluku Utara. Anda bisa menikmati pemandangan indah dari atas gunung setelah melewati perjalanan yang cukup menantang.

6. Pulau Makian

Pulau Makian adalah salah satu pulau yang terletak di sebelah timur Ternate. Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih asri dan pantai-pantai yang indah. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil snorkeling di perairan sekitar Pulau Makian. Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Pulau Makian yang lezat.

7. Masjid Sultan Ternate

Masjid Sultan Ternate adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang masih berdiri kokoh. Masjid ini dibangun pada tahun 1411 oleh Sultan Khairun. Masjid Sultan Ternate memiliki arsitektur yang khas dengan atap limas dan ornamen-ornamen yang indah. Anda bisa mengunjungi Masjid Sultan Ternate untuk merasakan nuansa sejarah yang kental.

8. Pantai Kastela

Pantai Kastela adalah salah satu pantai yang terkenal di Ternate. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau berenang di laut yang tenang. Pantai Kastela juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

9. Benteng Oranje

Benteng Oranje adalah salah satu benteng peninggalan Belanda yang masih berdiri di Ternate. Benteng ini dibangun pada abad ke-17 dan memiliki arsitektur yang khas dengan dinding-dinding tebal dan meriam-meriam besar. Anda bisa mengunjungi Benteng Oranje untuk merasakan nuansa sejarah yang kental dan menikmati pemandangan kota Ternate dari atas.

10. Gunung Hiri

Gunung Hiri adalah salah satu gunung yang terletak di Ternate. Gunung ini memiliki ketinggian 862 mdpl dan menjadi salah satu destinasi pendakian yang populer di Ternate. Jika Anda mencintai alam dan tantangan, maka pendakian Gunung Hiri bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

11. Pantai Batu Angus

Pantai Batu Angus adalah salah satu pantai yang terkenal di Ternate. Pantai ini memiliki keunikan batu-batu karang yang berbentuk unik dan eksotis. Anda bisa menikmati pemandangan indah sambil bermain air di laut yang tenang. Pantai Batu Angus juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

12. Masjid Raya Sultan Baabullah

Masjid Raya Sultan Baabullah adalah salah satu masjid yang terletak di Kota Ternate. Masjid ini memiliki arsitektur yang khas dengan atap limas dan ornamen-ornamen yang indah. Masjid Raya Sultan Baabullah menjadi salah satu tempat wisata di Ternate yang populer untuk mengenal sejarah Islam di Ternate.

Wisata Lainnya:  Brau Wisata Perah Susu Sapi: Menikmati Wisata Edukasi dan Mengenal Lebih Dekat Sapi Perah

13. Pantai Fidi

Pantai Fidi adalah salah satu pantai yang terletak di Ternate. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang. Pantai Fidi juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

14. Kedaton Ternate

Kedaton Ternate adalah salah satu peninggalan sejarah Kesultanan Ternate yang masih berdiri kokoh. Kedaton ini dibangun pada abad ke-17 dan terletak di pusat kota Ternate. Kedaton Ternate menjadi salah satu tempat wisata di Ternate yang populer untuk mengenal sejarah Kesultanan Ternate.

15. Pantai Maitara

Pantai Maitara adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Halmahera. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang. Pantai Maitara juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

16. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata adalah salah satu benteng peninggalan Kesultanan Ternate yang masih berdiri kokoh di Pulau Hiri. Benteng ini dibangun pada abad ke-16 dan memiliki dinding-dinding yang tebal untuk melindungi kota dari serangan musuh. Anda bisa mengunjungi Benteng Kalamata untuk merasakan nuansa sejarah yang kental dan menikmati pemandangan laut yang memukau.

17. Pantai Ngade

Pantai Ngade adalah salah satu pantai yang terletak di Ternate. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang. Pantai Ngade juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

18. Puncak Soasio

Puncak Soasio adalah salah satu tempat wisata di Ternate yang menawarkan pemandangan indah dari atas bukit. Puncak ini memiliki ketinggian 355 mdpl dan bisa dicapai dengan perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Ternate. Anda bisa menikmati pemandangan indah sambil merasakan udara yang segar di Puncak Soasio.

19. Pohon Cengkeh Tua

Pohon Cengkeh Tua adalah salah satu tempat wisata di Ternate yang menawarkan pengalaman unik. Pohon cengkeh ini sudah berusia ratusan tahun dan menjadi saksi bisu sejarah perdagangan rempah-rempah di Ternate. Anda bisa mengunjungi Pohon Cengkeh Tua untuk merasakan nuansa sejarah yang kental dan menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata Lainnya:  Wisata Telogo Sewu Pandaan: Menikmati Keindahan Alam di Malang

20. Pulau Tidore

Pulau Tidore adalah salah satu pulau yang terkenal di Maluku Utara. Pulau ini memiliki keindahan alam yang masih asri dan beragam tempat wisata yang menarik. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil snorkeling di perairan sekitar Pulau Tidore. Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Tidore yang lezat.

21. Pantai Lagoon

Pantai Lagoon adalah salah satu pantai yang terletak di Ternate. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang. Pantai Lagoon juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

22. Istana Kesultanan Ternate

Istana Kesultanan Ternate adalah salah satu peninggalan sejarah Kesultanan Ternate yang masih berdiri kokoh. Istana ini dibangun pada abad ke-16 dan menjadi salah satu tempat wisata di Ternate yang populer untuk mengenal sejarah Kesultanan Ternate. Anda bisa mengunjungi Istana Kesultanan Ternate untuk melihat koleksi kerajaan dan merasakan nuansa sejarah yang kental.

23. Pantai Kie Matubu

Pantai Kie Matubu adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Halmahera. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang. Pantai Kie Matubu juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

24. Museum Rumah Budaya Ternate

Museum Rumah Budaya Ternate adalah salah satu museum yang terletak di pusat kota Ternate. Museum ini memiliki koleksi sejarah dan budaya Ternate yang lengkap dan menarik. Anda bisa mengunjungi Museum Rumah Budaya Ternate untuk mengenal lebih dalam sejarah dan budaya Ternate.

25. Pantai Ngurtafur

Pantai Ngurtafur adalah salah satu pantai yang terletak di Pulau Waigeo, Raja Ampat. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil berjemur atau bermain air di laut yang tenang. Pantai Ngurtafur juga menjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunset yang memukau.

26. Pantai Kaloa

Pantai Kaloa adalah salah satu pantai yang terletak di Ternate. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Anda bisa

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *