Tempat Wisata di Pekalongan yang Lagi Hits

Posted on

Pekalongan memang tak sepopuler kota-kota besar di Jawa Tengah seperti Semarang dan Solo. Namun, kota yang terkenal dengan batiknya ini memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik. Berikut beberapa tempat wisata di Pekalongan yang lagi hits dan wajib dikunjungi.

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana merupakan pantai yang terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Pekalongan Utara. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang mempesona. Selain itu, Pantai Pasir Kencana juga terkenal dengan aneka kuliner seafood yang lezat.

2. Goa Jepang

Goa Jepang merupakan bekas tempat perlindungan bagi tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Goa ini terletak di Desa Kranggan, Kecamatan Wonopringgo. Di dalam goa terdapat patung-patung yang menggambarkan kondisi tentara Jepang saat itu.

3. Kampung Batik Kauman

Pekalongan memang terkenal dengan batiknya. Salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan kerajinan batik adalah Kampung Batik Kauman. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung para pengrajin batik yang sedang membuat karyanya. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta batik. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis batik dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, di sini juga tersedia workshop pembuatan batik untuk pengunjung yang tertarik.

5. Wisata Kuliner Pekalongan

Bagi yang suka kuliner, Pekalongan juga memiliki banyak tempat makan yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Warung Makan Pak Sadi, yang terkenal dengan gudegnya yang lezat. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam kuliner khas Pekalongan seperti nasi pecel dan mie ayam.

Wisata Lainnya:  Danau Wisata Teluk Gelam: Menikmati Keindahan Alam di Pesisir Pantai Banten

6. Taman Rekreasi Alam Mayong

Taman Rekreasi Alam Mayong merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai macam wahana seperti flying fox dan water boom. Selain itu, di sini juga terdapat kolam renang dan area piknik yang asri.

7. Bukit Kledung

Bukit Kledung merupakan tempat yang cocok untuk para pecinta olahraga. Di sini, pengunjung dapat melakukan aktivitas hiking dan trekking dengan pemandangan yang indah. Selain itu, di sini juga terdapat area camping yang dapat digunakan untuk berkemah.

8. Wisata Religi

Pekalongan juga memiliki banyak tempat wisata religi yang menarik. Salah satunya adalah Makam Sunan Bonang, yang merupakan salah satu wali songo. Selain itu, di sini juga terdapat Masjid Agung Pekalongan yang memiliki arsitektur yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

9. Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan tempat wisata yang hanya dapat diakses dengan perahu. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai yang masih sangat alami. Selain itu, di sini juga terdapat tempat snorkeling yang sangat menarik.

10. Taman Pemuda

Taman Pemuda merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga. Di sini, terdapat berbagai macam wahana seperti kereta mini dan mobil-mobilan. Selain itu, di sini juga terdapat area mainan anak-anak dan area piknik yang asri.

11. Air Terjun Putri Gunung

Air Terjun Putri Gunung merupakan tempat wisata yang cocok bagi pengunjung yang suka dengan wisata alam. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang masih sangat alami. Selain itu, di sini juga terdapat area piknik yang asri.

12. Kampung Wisata Batik Jlamprang

Kampung Wisata Batik Jlamprang merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin belajar membuat batik. Di sini, pengunjung dapat belajar membuat batik dari para pengrajin batik yang sudah sangat berpengalaman. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

13. Pantai Karanggandu

Pantai Karanggandu merupakan pantai yang terletak di Desa Karanggandu, Kecamatan Pekalongan Barat. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang mempesona. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam kuliner seafood yang lezat.

14. Desa Wisata Kandri

Desa Wisata Kandri merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana pedesaan yang asri. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung kegiatan sehari-hari penduduk desa seperti membuat kerajinan tangan dan menanam padi. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk olahan makanan yang lezat.

Wisata Lainnya:  Jalur Wisata Yogyakarta - Menikmati Pesona Budaya dan Wisata di Kota Pelajar

15. Hutan Wisata Mangkang

Hutan Wisata Mangkang merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang suka dengan wisata alam. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan yang masih sangat asri. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam wahana seperti flying fox dan taman bermain anak-anak.

16. Kolam Renang Dwi Warna

Kolam Renang Dwi Warna merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin berenang. Di sini, pengunjung dapat menikmati kolam renang yang bersih dan sejuk. Selain itu, di sini juga terdapat kolam renang anak-anak dan area piknik yang asri.

17. Makam Sunan Muria

Makam Sunan Muria merupakan tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Makam ini terletak di lereng Gunung Muria, Kecamatan Dawe. Selain itu, di sini juga terdapat prasasti yang menceritakan sejarah perjalanan Sunan Muria.

18. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin melihat koleksi batik yang sangat beragam. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai macam jenis batik dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

19. Air Terjun Logawa

Air Terjun Logawa merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang suka dengan wisata alam. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang masih sangat alami. Selain itu, di sini juga terdapat area piknik yang asri.

20. Kampung Wisata Batik Kauman

Kampung Wisata Batik Kauman merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin belajar membuat batik. Di sini, pengunjung dapat belajar membuat batik dari para pengrajin batik yang sudah sangat berpengalaman. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

21. Pantai Mulya

Pantai Mulya merupakan pantai yang terletak di Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan Selatan. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang mempesona. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam kuliner seafood yang lezat.

22. Kampung Wisata Laweyan

Kampung Wisata Laweyan merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin melihat rumah-rumah kuno dengan arsitektur yang khas. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung rumah-rumah kuno yang masih dipertahankan keasliannya. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam produk kerajinan tangan yang sangat menarik.

23. Pantai Pesisir

Pantai Pesisir merupakan pantai yang terletak di Desa Pesisir, Kecamatan Pekalongan Barat. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang mempesona. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam kuliner seafood yang lezat.

Wisata Lainnya:  Wisata Air Tanjung Benoa: Menikmati Keindahan Alam Bawah Laut Bali

24. Kampung Batik Khasanah

Kampung Batik Khasanah merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin belajar membuat batik. Di sini, pengunjung dapat belajar membuat batik dari para pengrajin batik yang sudah sangat berpengalaman. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

25. Wisata Alam Gunung Wukir

Gunung Wukir merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang suka dengan wisata alam. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan yang masih sangat asri. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam wahana seperti flying fox dan taman bermain anak-anak.

26. Kampung Wisata Batik Trusmi

Kampung Wisata Batik Trusmi merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin melihat langsung cara pembuatan batik dari para pengrajin batik yang sudah sangat berpengalaman. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

27. Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung merupakan pantai yang terletak di Desa Karangturi, Kecamatan Pekalongan Utara. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih yang mempesona. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai macam kuliner seafood yang lezat.

28. Kampung Wisata Batik Kauman Lor

Kampung Wisata Batik Kauman Lor merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin belajar membuat batik. Di sini, pengunjung dapat belajar membuat batik dari para pengrajin batik yang sudah sangat berpengalaman. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

29. Air Terjun Sigandu

Air Terjun Sigandu merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang suka dengan wisata alam. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang masih sangat alami. Selain itu, di sini juga terdapat area piknik yang asri.

30. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis merupakan tempat yang cocok bagi para pengunjung yang ingin melihat langsung cara pembuatan batik dari para pengrajin batik yang sudah sangat berpengalaman. Selain itu, di sini juga tersedia berbagai macam produk batik berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

Kesimpulan

Itulah beberapa tempat wisata di Pekalongan yang lagi hits dan wajib dikunjungi. Dari pantai indah hingga tempat wisata religi, Pekalongan memiliki banyak tempat yang bisa dijelajahi. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *