Tempat Wisata di Metro Lampung: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Posted on

Lampung memang dikenal sebagai provinsi yang kaya dengan keindahan alamnya. Salah satu kota yang terkenal dengan wisata alamnya adalah Metro. Metro merupakan kota kecil yang berada di Provinsi Lampung. Meskipun kecil, Metro memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Metro Lampung yang dapat kamu kunjungi.

1. Pantai Panjang

Pantai Panjang adalah tempat wisata paling terkenal di Metro Lampung. Pantai ini terletak di Kota Metro, sekitar 3 km dari pusat kota. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang, sekitar 7 km, dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih. Pantai ini juga terkenal dengan spot surfing yang menarik bagi para pecinta olahraga air.

2. Gunung Betung

Gunung Betung terletak di Kecamatan Pekalongan, Kota Metro. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 450 mdpl. Meskipun bukan gunung yang sangat tinggi, Gunung Betung menawarkan pemandangan yang indah dari puncaknya. Kamu dapat melihat Kota Metro dan hamparan sawah yang hijau dari puncak Gunung Betung.

3. Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar di Lampung, dan terletak sekitar 50 km dari Kota Metro. Danau ini memiliki luas sekitar 4.900 hektar dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Kamu dapat menikmati keindahan danau ini dengan naik perahu dan menikmati pemandangan yang indah sekitar danau.

4. Museum Purbakala

Museum Purbakala terletak di Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi arkeologi dan etnografi dari Lampung. Kamu dapat melihat berbagai macam benda-benda kuno dari Lampung, seperti arca, keramik, dan senjata tradisional.

5. Kampung Adat Way Kambas

Kampung Adat Way Kambas terletak di Kecamatan Way Kambas, sekitar 40 km dari Kota Metro. Kampung ini adalah kampung adat suku Lampung yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya. Kamu dapat melihat rumah adat suku Lampung, tarian tradisional, dan kerajinan tangan khas Lampung di sini.

Wisata Lainnya:  Wisata Taman Langit Kota Batu: Pengalaman Membuat Impian Terwujud

6. Air Terjun Kalianda

Air Terjun Kalianda terletak di Kecamatan Kalianda, sekitar 30 km dari Kota Metro. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Kamu dapat menikmati keindahan air terjun ini dan berenang di kolam air terjun yang segar.

7. Bukit Randu

Bukit Randu terletak di Kecamatan Metro Barat, Kota Metro. Bukit ini menawarkan pemandangan yang indah dari atas bukit, dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau di sekitarnya. Kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dari atas Bukit Randu.

8. Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya terletak di Kecamatan Metro Timur, Kota Metro. Taman ini memiliki luas sekitar 75 hektar dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Kamu dapat berjalan-jalan di tengah hutan dan menikmati udara segar yang sejuk di sini.

9. Pasar Tugu

Pasar Tugu adalah pasar tradisional yang terletak di Kota Metro. Pasar ini menyediakan berbagai macam barang dagangan, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging. Pasar Tugu juga terkenal dengan kuliner khas Lampung, seperti sate, mie celor, dan pempek.

10. Pulau Tikus

Pulau Tikus adalah pulau kecil yang terletak di pantai Panjang, Kota Metro. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu dapat menikmati keindahan pantai dan berenang di laut yang tenang di sini.

11. Air Terjun Gedong

Air Terjun Gedong terletak di Desa Gedong, Kecamatan Batanghari, sekitar 20 km dari Kota Metro. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Kamu dapat menikmati keindahan air terjun dan berenang di kolam air terjun yang segar.

12. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Pidada, sekitar 60 km dari Kota Metro. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Kamu dapat melakukan snorkeling atau diving untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni.

13. Taman Wisata Alam Bakauheni

Taman Wisata Alam Bakauheni terletak di Kecamatan Bakauheni, sekitar 25 km dari Kota Metro. Taman ini memiliki luas sekitar 20 hektar dan dikelilingi oleh hutan bakau. Kamu dapat menikmati keindahan hutan bakau dan melihat berbagai macam satwa liar, seperti monyet, kancil, dan burung-burung langka.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Tigaraksa: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

14. Pusat Oleh-Oleh Lampung

Pusat Oleh-Oleh Lampung terletak di Jalan ZA Pagaralam, Kota Metro. Di sini kamu dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas Lampung, seperti keripik pisang, dodol, dan kue lapis. Pusat oleh-oleh ini juga menyediakan berbagai macam souvenir khas Lampung yang dapat kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan.

15. Candi Gedong

Candi Gedong adalah candi kuno yang terletak di Desa Gedong, Kecamatan Batanghari, sekitar 20 km dari Kota Metro. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi dan merupakan peninggalan dari Kerajaan Srivijaya. Kamu dapat melihat arsitektur kuno dari candi ini dan mempelajari sejarah Kerajaan Srivijaya di sini.

16. Taman Wisata Alam Gunung Betung

Taman Wisata Alam Gunung Betung terletak di Kecamatan Pekalongan, Kota Metro. Taman ini memiliki luas sekitar 1.400 hektar dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Kamu dapat melakukan trekking di tengah hutan dan menikmati keindahan alam yang masih asri di sini.

17. Danau Ranau

Danau Ranau adalah danau terbesar di Lampung, dan terletak sekitar 50 km dari Kota Metro. Danau ini memiliki luas sekitar 4.900 hektar dan dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Kamu dapat menikmati keindahan danau ini dengan naik perahu dan menikmati pemandangan yang indah sekitar danau.

18. Pusat Kerajinan Tenun

Pusat Kerajinan Tenun terletak di Kelurahan Sinar Harapan, Kota Metro. Di sini kamu dapat melihat proses pembuatan kain tenun khas Lampung yang masih menggunakan alat tradisional. Kamu juga dapat membeli kain tenun khas Lampung di sini sebagai oleh-oleh.

19. Taman Wisata Alam Way Kambas

Taman Wisata Alam Way Kambas terletak di Kecamatan Way Kambas, sekitar 40 km dari Kota Metro. Taman ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi dan menjadi habitat bagi gajah liar, badak sumatera, dan berbagai macam satwa liar lainnya. Kamu dapat melihat keindahan alam dan satwa liar di sini.

20. Masjid Agung Metro

Masjid Agung Metro adalah masjid terbesar di Kota Metro. Masjid ini memiliki arsitektur yang indah dan menjadi pusat kegiatan keagamaan di Kota Metro. Kamu dapat mengunjungi masjid ini dan melihat keindahan arsitektur dari masjid ini.

21. Puncak Mas

Puncak Mas adalah tempat wisata yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kota Metro. Tempat ini menawarkan pemandangan yang indah dari atas bukit, dengan hamparan sawah dan perbukitan yang hijau di sekitarnya. Kamu juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah dari atas Puncak Mas.

Wisata Lainnya:  Wisata Taman Herbal - Pilihan Wisata Sehat dan Menarik

22. Goa Putri Jambu

Goa Putri Jambu terletak di Desa Jambu, Kecamatan Batanghari, sekitar 15 km dari Kota Metro. Goa ini memiliki bentuk yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Di dalam goa ini terdapat air terjun dan kolam air yang jernih. Kamu dapat menikmati keindahan alam dan berenang di kolam air yang sejuk di sini.

23. Pulau Sebesi

Pulau Sebesi adalah pulau kecil yang terletak di Selat Sunda, sekitar 40 km dari Kota Metro. Pulau ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan. Kamu dapat melakukan snorkeling atau diving untuk melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna-warni.

24. Waterboom Metro

Waterboom Metro adalah taman air yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Kota Metro. Taman air ini menawarkan berbagai macam wahana air yang seru, seperti kolam renang, seluncur air, dan arus sungai buatan. Kamu dapat bermain air dan bersenang-senang di sini bersama keluarga atau teman-teman.

25. Tugu Adipura

Tugu Adipura adalah tugu yang terletak di pusat Kota Metro. Tugu ini dibangun sebagai simbol kota Metro yang bersih dan sehat. Kamu dapat mengambil foto di depan tugu ini dan menikmati suasana kota Metro yang bersih dan rapi.

26. Kampung Wisata Pringsewu

Kampung Wisata Pringsewu terletak di Kecamatan Pringsewu, sekitar 20 km dari Kota Metro. Kampung ini adalah kampung wisata yang menyediakan berbagai macam kegiatan wisata, seperti berkunjung ke kebun durian, melihat proses pembuatan kain tenun, dan menikmati kuliner khas Lampung.

27. Air Terjun Way Lalaan

Air Terjun Way Lalaan terletak di Desa Sukaraja, Kecamatan Batanghari, sekitar 20 km dari Kota Metro. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh hutan yang hijau. Kamu dapat menikmati keindahan air terjun dan berenang di kolam air terjun yang segar.

28. Taman Wisata Alam Rafflesia

Taman Wisata Alam Rafflesia terletak di Kecamatan Batanghari, sekitar 20 km dari Kota Metro. Taman ini merupakan kawasan konservasi yang dilindungi dan menjadi habitat bagi bunga rafflesia, bunga terbesar di dunia. Kamu dapat melihat bunga rafflesia yang indah di sini.

29. Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung adalah pantai yang terletak di Kecamatan Pekalongan, sekitar

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *