Tempat Wisata di Jember Selain Pantai: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

Posted on

Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan pantainya yang indah. Namun, selain pantai, ternyata Jember juga memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Jember selain pantai:

1. Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Sukorambi merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Jember. Taman ini memiliki luas sekitar 25 hektar dan terdiri dari berbagai macam taman seperti taman bunga, taman buah, taman air, dan taman hijau. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil belajar tentang berbagai macam tanaman yang ada di Indonesia.

2. Air Terjun Tancak

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang lebih menantang, maka Air Terjun Tancak bisa menjadi pilihan yang tepat. Air terjun ini terletak di Desa Tegaljamung, Kecamatan Panti, Jember. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang. Namun, setelah sampai di sana, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.

3. Goa Tetes

Goa Tetes merupakan sebuah gua yang terletak di Desa Muncar, Kecamatan Mumbulsari, Jember. Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Selain itu, di dalam gua ini juga terdapat air yang mengalir seperti tetesan air hujan sehingga dinamakan Goa Tetes. Pengunjung bisa menjelajahi gua ini dengan bantuan pemandu yang disediakan.

4. Taman Krida Budaya Jember

Jika Anda ingin belajar tentang budaya Jember, maka Taman Krida Budaya Jember bisa menjadi tempat yang tepat. Taman ini terletak di Jalan Sultan Agung, Kecamatan Sumbersari, Jember. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai macam kesenian dan budaya Jember seperti tari-tarian, musik tradisional, dan pakaian adat.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata Kediri Terbaru 2019: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya

5. Taman Rekreasi Sritanjung

Taman Rekreasi Sritanjung merupakan salah satu tempat wisata keluarga yang cukup populer di Jember. Taman ini terletak di Kecamatan Tanggul, Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana seperti kolam renang, taman bermain, dan sepeda air. Selain itu, di taman ini juga terdapat area piknik yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

6. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Jember. Taman ini terletak di perbatasan antara Jember dan Banyuwangi. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang masih sangat alami seperti hutan tropis, pantai, dan air terjun. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai macam satwa liar seperti macan tutul dan kancil.

7. Gunung Raung

Gunung Raung merupakan salah satu gunung yang terkenal di Jawa Timur. Gunung ini terletak di perbatasan antara Jember dan Bondowoso. Bagi para pendaki, Gunung Raung bisa menjadi tantangan yang menarik. Selain itu, di puncak gunung ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah.

8. Museum Koesnadi Hardjasoemantri

Museum Koesnadi Hardjasoemantri merupakan salah satu museum yang terletak di Jember. Museum ini didirikan untuk mengenang tokoh pendidikan Jember yaitu Koesnadi Hardjasoemantri. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan budaya Jember.

9. Bukit Gumitir

Bukit Gumitir merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Jember. Bukit ini terletak di Desa Gumitir, Kecamatan Gumukmas, Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah seperti perkebunan teh dan hutan pinus. Selain itu, di bukit ini juga terdapat berbagai macam wahana seperti flying fox dan ATV.

10. Kampung Adat Osing

Kampung Adat Osing merupakan sebuah kampung adat yang terletak di Desa Sembalun, Kecamatan Glenmore, Jember. Di kampung ini, pengunjung bisa melihat dan belajar tentang budaya Osing yang khas seperti rumah adat, tari-tarian, dan pakaian adat. Selain itu, di kampung ini juga terdapat berbagai macam kuliner khas Osing yang bisa dicoba.

11. Pemandian Air Panas Candi

Pemandian Air Panas Candi merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Panti, Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandian air panas yang sangat menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti hotel dan restoran.

12. Bendungan Wlingi

Bendungan Wlingi merupakan salah satu bendungan yang terletak di Jember. Bendungan ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menawan. Di sekitar bendungan juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti restoran dan area piknik yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Wisata Lainnya:  Luwuk Banggai Wisata: Menikmati Keindahan Alam Sulawesi Tengah

13. Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di Jember. Pulau ini terkenal dengan pantainya yang sangat indah dan air lautnya yang sangat jernih. Di sini, pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktivitas seperti snorkeling dan diving.

14. Taman Hutan Raya Ir. H. Soekarno

Taman Hutan Raya Ir. H. Soekarno merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Silo, Jember. Taman ini terdiri dari berbagai macam jenis pohon dan tanaman yang sangat indah. Selain itu, di taman ini juga terdapat beberapa jenis satwa liar seperti kera dan burung.

15. Goa Maharani

Goa Maharani merupakan sebuah gua yang terletak di Desa Sumberjambe, Kecamatan Sumberjambe, Jember. Gua ini terkenal dengan stalaktit dan stalakmitnya yang indah. Selain itu, di dalam gua ini juga terdapat berbagai macam lukisan purba yang sangat menarik.

16. Taman Rekreasi Pantai Papuma

Taman Rekreasi Pantai Papuma merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Ambulu, Jember. Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang sangat bersih dan air lautnya yang sangat jernih. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam aktivitas seperti berenang, snorkeling, atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

17. Alun-alun Jember

Alun-alun Jember merupakan salah satu alun-alun yang terletak di Jember. Alun-alun ini terkenal dengan taman bunganya yang sangat indah. Di sini, pengunjung bisa berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alun-alun yang bersih dan rapi.

18. Bendungan Selorejo

Bendungan Selorejo merupakan salah satu bendungan yang terletak di Jember. Bendungan ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menawan. Di sekitar bendungan juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti restoran dan area piknik yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

19. Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi merupakan salah satu air terjun yang terletak di Jember. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat memukau. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah sambil merasakan kesegaran air terjun yang jernih.

20. Bukit Paralayang Jember

Bukit Paralayang Jember merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Sumberbaru, Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah sambil merasakan sensasi terbang layang-layang. Selain itu, di sekitar bukit ini juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti restoran dan area piknik yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Cicurug Sukabumi: Nikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

21. Pemandian Air Panas Jember

Pemandian Air Panas Jember merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandian air panas yang sangat menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti hotel dan restoran.

22. Pemandian Air Panas Tanggul

Pemandian Air Panas Tanggul merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Tanggul, Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandian air panas yang sangat menyegarkan. Selain itu, di sekitar pemandian juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti hotel dan restoran.

23. Taman Wisata Alam Selokambang

Taman Wisata Alam Selokambang merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Silo, Jember. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai macam keindahan alam seperti air terjun, danau, dan hutan pinus. Selain itu, di taman ini juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti restoran dan area piknik yang bisa digunakan untuk bersantai bersama keluarga.

24. Desa Wisata Kebon Agung

Desa Wisata Kebon Agung merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Jenggawah, Jember. Di desa ini, pengunjung bisa melihat dan belajar tentang kehidupan masyarakat pedesaan yang masih sangat tradisional. Selain itu, di desa ini juga terdapat berbagai macam kuliner khas Jember yang bisa dicoba.

25. Air Terjun Sumber Pitu

Air Terjun Sumber Pitu merupakan salah satu air terjun yang terletak di Jember. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat menawan. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah sambil merasakan kesegaran air terjun yang jernih.

26. Puncak Gunung Argopuro

Puncak Gunung Argopuro merupakan salah satu puncak gunung yang terkenal di Jember. Bagi para pendaki, Gunung Argopuro bisa menjadi tantangan yang menarik. Selain itu, di puncak gunung ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang sangat indah.

27. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat merupakan salah satu makam yang terletak di Jember. Sunan Drajat merupakan salah satu wali songo yang terkenal di Indonesia. Di sini, pengunjung bisa melihat dan belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia yang kaya.

28. Kampung Tangguh Desa Sumberagung

Kampung Tangguh Desa Sumberagung merupakan salah satu kampung tangguh yang terletak di Jember. Di sini, peng

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *