Tempat Wisata di Bima: Menikmati Indahnya Alam Laut dan Pegunungan

Posted on

Bima, sebuah kota di bagian timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, memiliki banyak destinasi wisata alam yang menakjubkan. Dari pantai-pantai indah hingga pegunungan yang menantang, Bima menawarkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Bima yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Wera

Pantai Wera terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing karang yang menjulang tinggi, dan memiliki air laut yang jernih dan tenang. Di sini, wisatawan dapat berenang, snorkeling, atau sekadar menikmati keindahan alam.

2. Pantai Kolo

Pantai Kolo terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan indah. Pantai ini juga memiliki air laut yang jernih dan ombak yang tenang, sehingga cocok untuk berenang atau bermain air. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

3. Pantai Tambora

Pantai Tambora terletak di kaki Gunung Tambora, gunung yang terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815. Pantai ini memiliki pasir hitam yang kontras dengan warna air laut yang biru. Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil belajar tentang sejarah bencana alam yang terjadi di daerah ini.

4. Gunung Tambora

Gunung Tambora adalah gunung berapi yang terletak di Kabupaten Dompu, sekitar 50 kilometer dari Bima. Gunung ini terkenal karena letusannya yang dahsyat pada tahun 1815, yang menghasilkan abu vulkanik yang menutupi wilayah sekitarnya dan mempengaruhi iklim global. Saat ini, wisatawan dapat mendaki gunung ini dan menikmati pemandangan yang indah di sekitarnya.

5. Danau Rana

Danau Rana terletak di kaki Gunung Tambora. Danau ini memiliki air yang jernih dan segar, dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Di sini, wisatawan dapat berenang, memancing, atau sekadar menikmati keindahan alam yang tenang.

Wisata Lainnya:  Cluster Cherry Ville Grand Wisata: Hunian Mewah di Kawasan Terpadu

6. Air Terjun Oi Maru

Air Terjun Oi Maru terletak di wilayah desa Oi Maru, sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter, dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Di sini, wisatawan dapat berenang atau sekadar menikmati keindahan alam yang segar.

7. Taman Nasional Laut Saleh

Taman Nasional Laut Saleh terletak di bagian selatan Pulau Sumbawa, sekitar 100 kilometer dari Bima. Taman nasional ini terkenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, serta keanekaragaman hayati yang melimpah. Di sini, wisatawan dapat snorkeling atau menyelam untuk melihat keindahan bawah laut.

8. Desa Adat Sumbawa

Desa Adat Sumbawa terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bima. Desa ini merupakan salah satu desa adat tertua di Indonesia, dan masih mempertahankan tradisi dan budaya yang khas. Di sini, wisatawan dapat belajar tentang sejarah dan kebudayaan Sumbawa, serta menyaksikan upacara adat yang unik.

9. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat hamparan padang rumput yang luas, yang cocok untuk berkemah atau sekadar piknik.

10. Air Terjun Malonda

Air Terjun Malonda terletak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Di sini, wisatawan dapat berenang atau sekadar menikmati keindahan alam yang sejuk.

11. Pantai Bolo

Pantai Bolo terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat hamparan padang rumput yang luas, yang cocok untuk berkemah atau sekadar piknik.

12. Pantai Kambing

Pantai Kambing terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

13. Desa Wisata Sembalun

Desa Wisata Sembalun terletak di bagian utara Pulau Lombok, sekitar 150 kilometer dari Bima. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya yang masih alami, serta pemandangan Gunung Rinjani yang megah. Di sini, wisatawan dapat berjalan-jalan di tengah perkebunan sayuran, atau mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan keindahan alam yang spektakuler.

Wisata Lainnya:  Wisata Minat Khusus Adalah Destinasi Terbaik untuk Menikmati Liburan Anda

14. Pantai Besi

Pantai Besi terletak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

15. Pantai Rua

Pantai Rua terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang tenang, serta ombak yang cukup kecil untuk berenang. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

16. Taman Nasional Bukit Batu

Taman Nasional Bukit Batu terletak di bagian timur Pulau Sumbawa, sekitar 100 kilometer dari Bima. Taman nasional ini terkenal dengan keindahan pegunungan dan hutan yang masih alami. Di sini, wisatawan dapat melakukan trekking atau berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan yang indah.

17. Pantai Pena

Pantai Pena terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

18. Pantai Kambing Utara

Pantai Kambing Utara terletak sekitar 45 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

19. Air Terjun Bolo

Air Terjun Bolo terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan dikelilingi oleh hutan yang masih alami. Di sini, wisatawan dapat berenang atau sekadar menikmati keindahan alam yang segar.

20. Pantai Tente

Pantai Tente terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

21. Pantai Tengah

Pantai Tengah terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang tenang, serta ombak yang cukup kecil untuk berenang. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

22. Pantai Dara

Pantai Dara terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

Wisata Lainnya:  Wisata Jember Gratis: Menjelajahi Keindahan Jember Tanpa Biaya

23. Pantai Rontu

Pantai Rontu terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

24. Pantai Bala

Pantai Bala terletak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

25. Pantai Oi Leme

Pantai Oi Leme terletak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

26. Pantai Padolo

Pantai Padolo terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang tenang, serta ombak yang cukup kecil untuk berenang. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

27. Pantai Tanjung Batu

Pantai Tanjung Batu terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

28. Pantai Pongkor

Pantai Pongkor terletak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, serta ombak yang cukup besar untuk berselancar. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman.

29. Pantai Rana

Pantai Rana terletak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Bima. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang tenang, serta ombak yang cukup kecil untuk berenang. Di pantai ini juga terdapat warung-warung kecil

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *