Taman Wisata Religius Bubohu: Membangun Kedamaian dengan Keindahan Alam

Posted on

Taman Wisata Religius Bubohu adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata religi yang cukup populer di Gorontalo, terutama bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam sambil menyatu dengan kegiatan spiritual.

Sejarah Taman Wisata Religius Bubohu

Taman Wisata Religius Bubohu awalnya hanya sebuah tempat ziarah kecil bagi masyarakat sekitar. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, tempat ini semakin dikenal oleh masyarakat Gorontalo, bahkan hingga luar daerah.

Pada tahun 2008, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara memperluas tempat ziarah ini menjadi sebuah taman wisata religi yang lebih representatif. Taman wisata ini kemudian diberi nama Taman Wisata Religius Bubohu.

Keindahan Alam dan Arsitektur

Taman Wisata Religius Bubohu memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Di sini, pengunjung bisa menikmati panorama indah dari puncak bukit yang menyuguhkan pemandangan pepohonan hijau dan perbukitan yang menghampar di kejauhan.

Tidak hanya itu, di dalam taman wisata ini juga terdapat air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 30 meter. Air terjun tersebut memiliki air yang jernih dan sejuk, sehingga pengunjung bisa mandi dan berenang di bawah air terjun tersebut.

Wisata Lainnya:  Rainbow Rafting Randudongkal: Memacu Adrenalin di Sungai Serayu

Di tengah-tengah taman wisata, terdapat sebuah bangunan yang bernama Masjid Baitul Makmur. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan menarik, dengan atapnya yang berbentuk segitiga dan berwarna hijau cerah.

Tempat Ibadah dan Ziarah

Taman Wisata Religius Bubohu juga merupakan tempat ibadah dan ziarah yang penting bagi masyarakat Gorontalo. Di dalam taman wisata ini terdapat beberapa tempat yang bisa digunakan untuk berdoa dan beribadah, seperti Masjid Baitul Makmur, Musholla Al-Ikhlas, dan Tempat Pemakaman Umum.

Musholla Al-Ikhlas adalah sebuah musholla kecil yang di dalamnya terdapat lukisan-lukisan yang bercerita tentang sejarah nabi-nabi. Musholla ini juga memiliki ruangan khusus untuk perempuan dan laki-laki.

Tempat Pemakaman Umum terletak di sisi timur taman wisata. Tempat ini digunakan untuk menguburkan jenazah umum yang berasal dari masyarakat sekitar. Di sini juga terdapat makam-makam para ulama dan tokoh masyarakat Gorontalo.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Taman Wisata Religius Bubohu

Taman Wisata Religius Bubohu menawarkan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh pengunjung, seperti hiking, camping, atau piknik bersama keluarga. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan menyusuri taman wisata ini.

Selain itu, pengunjung juga bisa mempelajari sejarah dan budaya Gorontalo di dalam museum yang berada di taman wisata ini. Di museum tersebut terdapat berbagai koleksi benda-benda sejarah dan budaya dari Gorontalo, seperti pakaian adat, senjata tradisional, dan alat musik khas Gorontalo.

Wisata Lainnya:  Wisata di Lombok Timur: Keindahan Alam dan Budaya yang Menakjubkan

Akomodasi dan Fasilitas

Taman Wisata Religius Bubohu juga menyediakan beberapa akomodasi dan fasilitas bagi pengunjung yang ingin menginap di dalam taman wisata. Beberapa akomodasi yang tersedia antara lain, homestay, tenda camping, dan cottage.

Selain itu, taman wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, seperti toilet, musholla, lapangan parkir, dan warung makan. Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh khas Gorontalo di toko oleh-oleh yang tersedia di dalam taman wisata ini.

Biaya Masuk dan Jam Buka

Untuk masuk ke Taman Wisata Religius Bubohu, pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan, pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000,- untuk sepeda motor dan Rp 10.000,- untuk mobil.

Taman Wisata Religius Bubohu buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore. Namun, untuk pengunjung yang ingin camping di dalam taman wisata, bisa mengajukan izin terlebih dahulu ke pengelola taman wisata.

Bagaimana Mencapai Taman Wisata Religius Bubohu?

Taman Wisata Religius Bubohu terletak di Jalan Trans Sulawesi, Desa Bubohu, Kecamatan Biluhu, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Untuk mencapai taman wisata ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Wisata Lainnya:  Wisata Malam Bantul: Tempat Seru untuk Berlibur di Malam Hari

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung bisa mengikuti rute dari kota Gorontalo menuju arah Utara melalui Jalan Trans Sulawesi. Taman Wisata Religius Bubohu berada sekitar 30 kilometer dari pusat kota Gorontalo.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa naik bus atau travel dari terminal Gorontalo menuju arah Kabupaten Gorontalo Utara. Setelah sampai di Biluhu, pengunjung bisa menggunakan ojek atau mobil sewa untuk mencapai Taman Wisata Religius Bubohu.

Kesimpulan

Taman Wisata Religius Bubohu adalah sebuah tempat wisata religi yang sangat menarik di Provinsi Gorontalo. Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil menyatu dengan kegiatan spiritual dan mengenal sejarah serta budaya Gorontalo.

Taman wisata ini dilengkapi dengan akomodasi dan fasilitas yang memadai, sehingga pengunjung bisa menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga atau teman-teman dengan nyaman. Biaya masuk yang terjangkau juga membuat Taman Wisata Religius Bubohu menjadi salah satu pilihan wisata yang cocok bagi semua kalangan.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *