Taman Wisata Karangkates: Keindahan Alam yang Mengagumkan di Malang

Posted on

Taman Wisata Karangkates atau yang juga dikenal dengan nama Coban Rais merupakan objek wisata alam yang terletak di Malang, Jawa Timur. Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, Taman Wisata Karangkates menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjunnya yang tinggi dan airnya yang jernih.

Sejarah Taman Wisata Karangkates

Taman Wisata Karangkates dibuka untuk umum pada tahun 2008 dan sejak saat itu menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Malang. Nama “Karangkates” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya “batu curam”, merujuk pada tebing curam di sekitar air terjun.

Keindahan Alam Taman Wisata Karangkates

Masuk ke kawasan Taman Wisata Karangkates, pengunjung akan langsung disambut dengan keindahan alam yang menakjubkan. Air terjun setinggi 70 meter menjadi daya tarik utama, di mana airnya yang jernih dan segar membuat pengunjung ingin langsung berenang di bawah air terjun yang menyejukkan ini.

Wisata Lainnya:  Explore the Best Tourist Destinations in Brussels, Belgium

Selain itu, terdapat juga beberapa air terjun kecil yang membentuk kolam-kolam alami yang mempesona. Di tempat ini, pengunjung bisa bermain air, berenang, atau hanya sekedar bersantai sambil menikmati pemandangan yang indah.

Jika pengunjung ingin melihat keindahan Taman Wisata Karangkates dari ketinggian, bisa naik ke atas bukit yang terletak di sebelah air terjun. Dari sini, pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang memukau dengan hamparan hijau perbukitan dan air terjun yang menjulang tinggi.

Fasilitas di Taman Wisata Karangkates

Taman Wisata Karangkates menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Di antaranya adalah area parkir yang luas, tempat istirahat, toilet, warung makan, dan penginapan. Pengunjung juga bisa menyewa peralatan seperti ban pelampung untuk berenang di kolam-kolam alami.

Untuk pengalaman wisata yang lebih ekstrem, pengunjung bisa mencoba rafting di Sungai Brantas yang mengalir di sekitar Taman Wisata Karangkates. Sungai Brantas menawarkan tantangan yang menarik dengan jeram-jeram yang cukup ekstrem dan pemandangan alam yang indah.

Biaya Masuk dan Jam Operasional Taman Wisata Karangkates

Untuk masuk ke Taman Wisata Karangkates, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 20.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan, biayanya adalah Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Wisata Lainnya:  Alam Wisata Danau Laut Tador: Keindahan Alam yang Mengagumkan di Pulau Selayar

Taman Wisata Karangkates buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Namun, untuk pengunjung yang ingin menginap di penginapan yang tersedia, bisa menghubungi pihak Taman Wisata Karangkates untuk informasi lebih lanjut.

Cara Menuju Taman Wisata Karangkates

Taman Wisata Karangkates terletak di Desa Sumberbrantas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau travel.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang, pengunjung bisa mengikuti rute Kota Malang – Kepanjen – Poncokusumo. Setelah sampai di Poncokusumo, pengunjung akan menemukan banyak petunjuk arah menuju Taman Wisata Karangkates.

Untuk pengunjung yang menggunakan transportasi umum, bisa naik bus atau travel dari Terminal Arjosari Malang menuju Terminal Gedangan. Setelah itu, naik angkutan umum seperti ojek atau angkot menuju Taman Wisata Karangkates.

Kesimpulan

Taman Wisata Karangkates merupakan tempat wisata alam yang menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air terjunnya yang tinggi dan airnya yang jernih. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas seperti tempat istirahat, toilet, warung makan, penginapan, dan rafting di Sungai Brantas.

Wisata Lainnya:  Ekspresi Malam Kediri yang Menakjubkan

Untuk masuk ke Taman Wisata Karangkates, pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp 20.000 per orang dan buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum untuk menuju ke tempat ini.

Jadi, jika kamu ingin merasakan keindahan alam yang memukau di Malang, jangan lupa mampir ke Taman Wisata Karangkates dan nikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan!

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *