SMP Wisata Sanur: Membangun Karakter Siswa di Tengah Lingkungan Pariwisata Bali

Posted on

Bali, sebagai destinasi wisata internasional, telah menjadi magnet bagi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Kehadiran pariwisata membawa dampak positif bagi perekonomian Bali, namun juga memberikan tantangan bagi pendidikan di Bali, khususnya di SMP Wisata Sanur.

SMP Wisata Sanur merupakan salah satu sekolah menengah pertama di Bali yang menyediakan program wisata sebagai program unggulan. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia pariwisata kepada siswa, serta membantu mengembangkan karakter mereka melalui aktivitas wisata.

Profil SMP Wisata Sanur

SMP Wisata Sanur didirikan pada tahun 2009 dengan tujuan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas bagi siswa di Bali. Sekolah ini terletak di kawasan Sanur, salah satu kawasan pariwisata terkenal di Bali.

Sekolah ini memiliki fasilitas yang lengkap, seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium komputer, ruang perpustakaan, lapangan basket, dan lapangan futsal. Selain itu, sekolah ini juga memiliki program wisata yang menjadi unggulan.

Wisata Lainnya:  Wisata di Puncak Terbaru: Berlibur di Alam yang Indah

Program Wisata

Program wisata di SMP Wisata Sanur terdiri dari dua jenis, yaitu program wisata dalam kota dan program wisata luar kota. Program wisata dalam kota biasanya dilakukan pada akhir pekan, sedangkan program wisata luar kota dilakukan pada akhir semester.

Pada program wisata dalam kota, siswa akan mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali, seperti pantai, museum, dan tempat sejarah. Siswa juga akan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pariwisata, seperti membuat itinerary perjalanan, memasak makanan khas Bali, dan belajar mengenai budaya lokal.

Sedangkan pada program wisata luar kota, siswa akan mengunjungi tempat-tempat wisata di luar Bali, seperti Yogyakarta, Bandung, dan Lombok. Siswa akan menginap di hotel, belajar tentang budaya lokal, dan melakukan aktivitas wisata, seperti mendaki gunung, bermain rafting, dan mengunjungi tempat bersejarah.

Manfaat Program Wisata

Program wisata di SMP Wisata Sanur memiliki manfaat yang banyak bagi siswa. Pertama, siswa akan lebih memahami tentang pariwisata, sehingga mereka dapat menjadi agen pariwisata yang baik di masa depan.

Wisata Lainnya:  Jurusan Usaha Perjalanan Wisata: Peluang Karir yang Menjanjikan di Industri Pariwisata

Kedua, program wisata juga membantu mengembangkan karakter siswa. Siswa akan belajar tentang kerjasama tim, tanggung jawab, kemandirian, dan keberanian melalui aktivitas wisata.

Ketiga, program wisata juga memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa. Siswa akan mengunjungi tempat-tempat wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, bertemu dengan orang-orang baru, dan memperluas wawasan mereka.

Penerimaan Siswa

Untuk menjadi siswa SMP Wisata Sanur, calon siswa harus mengikuti tes masuk yang meliputi tes tulis dan wawancara. Selain itu, calon siswa juga harus memiliki nilai yang baik dan memiliki minat dalam dunia pariwisata.

Setelah diterima, siswa akan diberikan materi tentang pariwisata dan program wisata. Siswa juga akan dibagi menjadi kelompok untuk melakukan aktivitas wisata.

Ekstrakurikuler

SMP Wisata Sanur memiliki berbagai macam ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh siswa. Beberapa ekstrakurikuler yang tersedia antara lain klub sepak bola, klub basket, klub voli, dan klub teater.

Selain itu, sekolah ini juga memiliki klub kebersihan, yang bertujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar sekolah dan mengajarkan siswa tentang kebersihan.

Wisata Lainnya:  Wisata Artinya: Menjelajahi Keindahan Alam Indonesia

Prestasi

Sejak didirikan, SMP Wisata Sanur telah menghasilkan banyak siswa yang berprestasi. Beberapa prestasi yang telah diraih antara lain juara dalam lomba debat, juara dalam lomba matematika, dan juara dalam lomba futsal.

Selain itu, SMP Wisata Sanur juga telah mendapatkan penghargaan dari pemerintah, seperti penghargaan sekolah bersih dan penghargaan sekolah adiwiyata.

Kesimpulan

SMP Wisata Sanur merupakan sekolah yang unik di Bali, karena menyediakan program wisata sebagai program unggulan. Program ini tidak hanya memperkenalkan dunia pariwisata kepada siswa, namun juga membantu mengembangkan karakter siswa melalui aktivitas wisata. Dengan fasilitas yang lengkap dan prestasi yang telah diraih, SMP Wisata Sanur menjadi pilihan yang tepat bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *