Pulau Pramuka: Surga Tersembunyi di Kepulauan Seribu

Posted on

Pulau Pramuka merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam, khususnya wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut. Pulau ini terletak di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Meskipun tidak sepopuler Pulau Tidung atau Pulau Bidadari, Pulau Pramuka memiliki pesona yang tak kalah menarik.

Keindahan Pulau Pramuka

Pulau Pramuka memiliki pantai yang sangat indah dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, pulau ini juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Terumbu karang yang masih sehat dan beraneka ragam ikan laut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta diving dan snorkeling.

Di Pulau Pramuka juga terdapat taman laut yang menjadi tempat penangkaran ikan laut. Wisatawan dapat melihat langsung proses penangkaran ikan di sana.

Transportasi ke Pulau Pramuka

Untuk menuju ke Pulau Pramuka, wisatawan dapat menggunakan kapal dari dermaga Marina Ancol. Waktu tempuh perjalanan sekitar 2 jam dengan biaya sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 per orang tergantung pada jenis kapal yang digunakan.

Wisata Lainnya:  Menikmati Keindahan Tempat Wisata di Jeneponto

Akomodasi di Pulau Pramuka

Untuk menginap, wisatawan dapat memilih bermalam di homestay yang tersedia di Pulau Pramuka. Harga sewa homestay berkisar antara Rp 150.000 – Rp 300.000 per malam tergantung pada fasilitas yang disediakan. Selain itu, wisatawan juga dapat menyewa tenda dengan harga sekitar Rp 100.000 per malam.

Wisata Kuliner di Pulau Pramuka

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Pulau Pramuka tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Wisatawan dapat mencoba berbagai macam hidangan laut seperti ikan bakar, kepiting saus padang, dan sate cumi. Harga makanan di Pulau Pramuka bervariasi mulai dari Rp 20.000 – Rp 100.000 tergantung pada jenis makanan dan restoran yang dipilih.

Kegiatan di Pulau Pramuka

Selain menikmati keindahan Pantai Pramuka, wisatawan juga dapat melakukan berbagai macam aktivitas di Pulau Pramuka seperti bermain voli pantai, memancing, atau menyewa perahu untuk mengelilingi pulau. Bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang budaya dan sejarah Kepulauan Seribu, dapat mengunjungi Museum Bahari yang terletak di Pulau Pramuka.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata di Jogja 2018: Menikmati Keindahan Alam Jawa Tengah

Saran untuk Wisatawan

Untuk menikmati liburan di Pulau Pramuka dengan maksimal, disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman dari darat karena harga makanan di pulau ini cukup mahal. Selain itu, jangan lupa membawa perlengkapan snorkeling atau diving sendiri karena biaya penyewaan alat snorkeling dan diving di Pulau Pramuka cukup tinggi.

Kesimpulan

Pulau Pramuka merupakan surga tersembunyi di Kepulauan Seribu yang menawarkan keindahan alam yang masih asli. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai, bawah laut, serta berbagai macam aktivitas di Pulau Pramuka. Untuk menikmati liburan dengan maksimal, disarankan untuk membawa perlengkapan sendiri dan membawa bekal makanan dari darat.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *