Peta Wisata Jogja 2017: Menjelajahi Keindahan Yogyakarta

Posted on

Jogja, merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Kota ini menawarkan banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata sejarah, alam, budaya, hingga kuliner.

Wisata Sejarah

Bagi para pecinta sejarah, Jogja memiliki banyak tempat wisata sejarah yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan menjadi salah satu keajaiban dunia.

Selain Candi Prambanan, masih banyak tempat wisata sejarah lainnya seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, dan benteng Vredeburg. Keraton Yogyakarta merupakan istana milik Sultan Hamengkubuwono yang memiliki sejarah yang panjang. Taman Sari merupakan bekas tempat mandi kerajaan, sedangkan benteng Vredeburg merupakan bekas benteng Belanda yang kini menjadi museum.

Wisata Alam

Bagi yang ingin menikmati keindahan alam Jogja, ada banyak tempat wisata alam yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja dan menawarkan pemandangan pantai yang indah dengan pasir hitamnya yang khas.

Wisata Lainnya:  Wisata Deli Tua: Destinasi Wisata Penuh Sejarah di Sumatera Utara

Selain Pantai Parangtritis, masih ada banyak tempat wisata alam lainnya seperti Gunung Merapi, Goa Jomblang, dan Taman Nasional Gunungkidul. Gunung Merapi merupakan gunung berapi yang masih aktif dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Jogja. Goa Jomblang merupakan goa alam yang menawarkan pemandangan gua dan stalaktit yang indah, sedangkan Taman Nasional Gunungkidul merupakan tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk.

Wisata Budaya

Bagi yang ingin menikmati kebudayaan Jogja, ada banyak tempat wisata budaya yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Malioboro. Malioboro merupakan jalan legendaris yang terkenal dengan keramaiannya dan menjadi pusat perbelanjaan di Jogja.

Selain Malioboro, masih ada banyak tempat wisata budaya lainnya seperti Museum Sonobudoyo, Taman Pelangi, dan Museum Affandi. Museum Sonobudoyo merupakan museum yang menampilkan berbagai koleksi seni dan budaya Jawa, sedangkan Taman Pelangi merupakan taman yang menampilkan berbagai bunga yang indah. Museum Affandi merupakan museum seni yang menampilkan karya seniman terkenal Affandi.

Wisata Lainnya:  Desain Kolam Renang Wisata: Konsep yang Harus Diketahui

Wisata Kuliner

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi kuliner khasnya. Jogja memiliki banyak kuliner khas yang patut dicoba. Salah satunya adalah Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu khas. Rasanya yang gurih dan manis membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Selain Gudeg, masih ada banyak kuliner khas Jogja lainnya seperti Bakpia, Sate Klathak, dan Soto Bathok Mbah Katro. Bakpia merupakan kue kering yang terbuat dari kacang hijau atau keju yang biasanya dijadikan oleh-oleh. Sate Klathak merupakan sate yang terbuat dari daging sapi yang dipotong tipis dan digoreng, sedangkan Soto Bathok Mbah Katro merupakan soto yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan pedas.

Peta Wisata Jogja 2017

Untuk memudahkan para wisatawan dalam menjelajahi keindahan Jogja, pihak Pemerintah Kota Jogja telah membuat peta wisata Jogja 2017. Peta ini berisi informasi mengenai tempat wisata, kuliner, penginapan, dan transportasi yang ada di Jogja.

Dengan menggunakan peta wisata Jogja 2017, para wisatawan dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih mudah dan efektif. Peta ini juga dapat membantu para wisatawan dalam menemukan tempat wisata yang belum mereka ketahui sebelumnya.

Wisata Lainnya:  10 Tempat Wisata Filipina Yang Harus Dikunjungi

Kesimpulan

Jogja merupakan kota yang memiliki banyak keindahan alam, sejarah, budaya, dan kuliner yang patut dikunjungi. Peta wisata Jogja 2017 dapat menjadi panduan bagi para wisatawan dalam menjelajahi keindahan Jogja dengan lebih mudah dan efektif. Dengan mengunjungi tempat wisata di Jogja, para wisatawan dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan dan membawa pulang kenangan yang berharga.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *