Pesut Etam Kapal Wisata Mahakam: Menikmati Keindahan Sungai Mahakam dengan Pesona Lumba-Lumba

Posted on

1. Perkenalan

Siapa yang tak kenal dengan sungai Mahakam? Sungai terpanjang di Kalimantan ini memiliki banyak pesona yang memukau. Tak hanya itu saja, di sepanjang sungai Mahakam terdapat sebuah atraksi wisata yang menarik perhatian wisatawan, yaitu pesut etam kapal wisata Mahakam.

2. Apa itu Pesut Etam?

Pesut etam atau lumba-lumba sungai adalah jenis lumba-lumba air tawar yang hanya ditemukan di sungai Mahakam. Lumba-lumba ini memiliki ciri khas dengan tubuhnya yang berwarna putih, mata yang besar dan hidung yang panjang.

3. Mengapa Pesut Etam Unik?

Pesut etam merupakan spesies lumba-lumba yang sangat unik karena hanya ditemukan di sungai Mahakam. Selain itu, pesut etam juga merupakan satwa yang sangat langka dan terancam punah. Kondisi tersebut membuat pesut etam menjadi sebuah objek wisata yang menarik perhatian banyak orang.

Wisata Lainnya:  Wisata Alam Jawa Tengah 2019: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Jantung Pulau Jawa

4. Mengenal Kapal Wisata Mahakam

Kapal wisata Mahakam adalah kapal yang digunakan sebagai sarana untuk menikmati keindahan sungai Mahakam dan melihat pesut etam secara langsung. Kapal wisata Mahakam terdiri dari dua jenis, yaitu kapal besar dan kapal kecil.

5. Fasilitas di Kapal Wisata Mahakam

Di kapal wisata Mahakam, terdapat berbagai fasilitas yang disediakan untuk memudahkan para wisatawan dalam menikmati perjalanan. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain, toilet, mushola, restoran, dan ruang terbuka.

6. Rute Kapal Wisata Mahakam

Rute kapal wisata Mahakam dimulai dari kota Samarinda dan berakhir di kota Tenggarong. Selama perjalanan, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam sekitar sungai Mahakam dan melihat pesut etam secara langsung.

7. Kegiatan di Kapal Wisata Mahakam

Selain menikmati keindahan alam sekitar sungai Mahakam dan melihat pesut etam, di kapal wisata Mahakam juga terdapat berbagai kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan antara lain, memancing ikan, memasak bersama, dan berfoto dengan kostum tradisional.

8. Harga Tiket Kapal Wisata Mahakam

Harga tiket kapal wisata Mahakam bervariasi tergantung dari jenis kapal dan fasilitas yang disediakan. Untuk kapal besar, harga tiketnya berkisar antara 250 ribu hingga 500 ribu rupiah, sedangkan untuk kapal kecil, harga tiketnya berkisar antara 100 ribu hingga 200 ribu rupiah.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Bali yang Dekat dengan Kuta

9. Jadwal Kapal Wisata Mahakam

Kapal wisata Mahakam beroperasi setiap hari dengan jadwal yang sudah ditentukan. Bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan sungai Mahakam dan melihat pesut etam, bisa memilih jadwal kapal wisata Mahakam yang sesuai dengan jadwal liburan mereka.

10. Tips Berwisata di Kapal Wisata Mahakam

Untuk membuat perjalanan wisata di kapal wisata Mahakam lebih menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Pertama, pilihlah jadwal kapal wisata Mahakam yang tepat. Kedua, bawa perlengkapan yang sesuai dengan keperluan. Ketiga, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen berharga selama perjalanan.

11. Keunikan Pesut Etam

Pesut etam memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan lumba-lumba air tawar lainnya. Ciri khas pesut etam yang paling menonjol adalah warna tubuhnya yang putih dan hidung yang panjang. Selain itu, pesut etam juga dapat melakukan atraksi seperti melompat dan berputar-putar di atas air.

12. Ancaman Terhadap Pesut Etam

Sayangnya, pesut etam saat ini terancam punah akibat berbagai faktor seperti pencemaran sungai, perburuan liar, dan perusakan habitat. Oleh karena itu, upaya pelestarian pesut etam sangat penting dilakukan untuk mempertahankan keberadaannya di dunia.

Wisata Lainnya:  Desa Wisata Sari Bunihayu - Sebuah Destinasi Wisata yang Menarik di Indonesia

13. Upaya Pelestarian Pesut Etam

Untuk menjaga keberadaan pesut etam, pemerintah dan masyarakat setempat telah melakukan berbagai upaya pelestarian seperti penangkaran dan penghijauan. Selain itu, wisata pesut etam juga dapat menjadi alternatif untuk menghasilkan pendapatan bagi masyarakat sekitar sungai Mahakam.

14. Manfaat Wisata Pesut Etam

Wisata pesut etam selain memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan bagi para wisatawan, juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Dengan adanya wisata pesut etam, masyarakat dapat menghasilkan pendapatan dari jasa wisata dan menjaga keberlangsungan hidup pesut etam.

15. Kesimpulan

Pesut etam kapal wisata Mahakam adalah sebuah objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata ini tidak hanya memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pelestarian pesut etam agar keberadaannya dapat dipertahankan di dunia.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *