Museum Lampung: Menelusuri Sejarah dan Budaya Lampung

Posted on

Museum Lampung adalah salah satu museum yang terletak di Provinsi Lampung. Museum ini merupakan tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya Lampung. Museum ini didirikan pada tahun 1975 dan terletak di Jalan ZA Pagar Alam, Sukarame, Bandar Lampung.

Sejarah Museum Lampung

Museum Lampung didirikan pada tahun 1975 oleh pemerintah daerah Lampung. Awalnya, museum ini hanya memiliki dua ruangan, namun seiring berjalannya waktu museum ini terus berkembang dan sekarang memiliki empat ruangan. Pada awalnya, museum ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung, namun sekarang museum ini dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Lampung.

Ekspansi Museum Lampung

Museum Lampung telah mengalami beberapa kali ekspansi sejak didirikan pada tahun 1975. Pada tahun 1984, museum ini menambah satu ruangan. Kemudian, pada tahun 1990, museum ini menambah dua ruangan lagi. Pada tahun 2001, museum ini direnovasi dan ditambahkan satu ruangan lagi. Pada tahun 2012, museum ini kembali direnovasi dan menambahkan satu ruangan lagi.

Wisata Lainnya:  Wisata Harapan Indah Bekasi: Destinasi Liburan Seru di Tengah Kota

Koleksi Museum Lampung

Museum Lampung memiliki banyak koleksi yang terdiri dari benda-benda sejarah, seni, dan budaya Lampung. Koleksi-koleksi ini meliputi keramik, senjata tradisional, alat musik tradisional, tekstil, ukiran, dan masih banyak lagi. Selain itu, museum ini juga memiliki koleksi fosil dan batu-batuan.

Bagian-Bagian Museum Lampung

Museum Lampung terdiri dari empat ruangan utama. Ruangan pertama adalah ruangan sejarah Lampung. Di ruangan ini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah Lampung sejak zaman prasejarah hingga zaman modern. Ruangan kedua adalah ruangan seni Lampung. Di ruangan ini, pengunjung bisa melihat seni Lampung seperti ukiran dan lukisan. Ruangan ketiga adalah ruangan arkeologi. Di ruangan ini, pengunjung bisa melihat koleksi fosil dan batu-batuan. Ruangan keempat adalah ruangan etnografi. Di ruangan ini, pengunjung bisa melihat koleksi benda-benda tradisional seperti alat musik dan tekstil.

Jam Buka Museum Lampung

Museum Lampung buka setiap hari kecuali Senin dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Pengunjung diperbolehkan masuk ke museum dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Wisata Lainnya:  Wisata Jempol Ciledug: Destinasi Wisata Terbaru di Tangerang Selatan

Lokasi Museum Lampung

Museum Lampung terletak di Jalan ZA Pagar Alam, Sukarame, Bandar Lampung. Lokasinya sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa naik angkutan kota (angkot) nomor 14 dari pusat kota Lampung. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menuju ke arah Sukarame dan mencari tanda-tanda Museum Lampung.

Kesimpulan

Museum Lampung adalah tempat yang sangat cocok untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya Lampung. Museum ini memiliki banyak koleksi yang sangat berharga, seperti keramik, senjata tradisional, alat musik tradisional, tekstil, ukiran, dan masih banyak lagi. Museum ini juga memiliki empat ruangan utama yang masing-masing menyajikan tema yang berbeda-beda. Jadi, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Lampung, kunjungi Museum Lampung.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *