Museum Bank Mandiri: Menjelajahi Sejarah Perbankan Indonesia

Posted on

Indonesia memiliki sejarah perbankan yang panjang dan bermakna. Salah satu bentuk warisan sejarah tersebut dapat ditemukan di Museum Bank Mandiri. Museum ini terletak di Jakarta, dan menyimpan berbagai koleksi artefak yang berkaitan dengan sejarah perbankan Indonesia.

Sejarah Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri didirikan pada tahun 1998, bertepatan dengan perayaan 90 tahun Bank Mandiri. Museum ini dibangun di atas bekas kantor pusat Bank Mandiri yang pertama. Pada awalnya, museum ini dibuka untuk karyawan Bank Mandiri dan keluarga mereka. Namun, seiring waktu, Museum Bank Mandiri menjadi lebih terbuka untuk umum.

Museum Bank Mandiri memiliki tujuan untuk mengumpulkan, memelihara, dan memamerkan artefak yang berkaitan dengan sejarah perbankan Indonesia. Museum ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perbankan dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

Koleksi Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri memiliki berbagai koleksi artefak yang menarik dan penting. Koleksi tersebut mencakup dokumen sejarah, koin, uang kertas, sertifikat saham, dan banyak lagi. Beberapa artefak yang paling menarik di Museum Bank Mandiri antara lain:

  • Uang kertas pertama yang diterbitkan oleh Bank Indonesia pada tahun 1952
  • Koin-koin dari zaman penjajahan Belanda
  • Sertifikat saham dari perusahaan-perusahaan Indonesia pada abad ke-19 dan ke-20
  • Artefak dari zaman VOC, seperti uang kuno dan piagam perdagangan
Wisata Lainnya:  Wisata Kawangkoan: Tempat Wisata Tersembunyi di Sulawesi Utara

Fasilitas di Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri memiliki berbagai fasilitas yang menarik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Perpustakaan
  • Ruang pertemuan
  • Toko suvenir
  • Kafe
  • Taman

Perpustakaan di Museum Bank Mandiri memiliki koleksi buku dan jurnal tentang sejarah perbankan Indonesia. Ruang pertemuan dapat digunakan untuk seminar, konferensi, dan acara lainnya. Toko suvenir menjual berbagai produk yang berkaitan dengan sejarah perbankan dan Museum Bank Mandiri. Kafe dan taman di Museum Bank Mandiri adalah tempat yang nyaman untuk bersantai setelah menjelajahi koleksi artefak di museum.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Museum Bank Mandiri buka setiap hari Senin sampai Jumat, pada pukul 08.00-16.00 WIB. Tiket masuk ke Museum Bank Mandiri sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 5.000 untuk umum dan Rp 3.000 untuk siswa dan mahasiswa. Pengunjung dapat mengambil foto dan video di museum, namun tidak diperbolehkan merokok, makan, atau minum di dalam museum.

Lokasi Museum Bank Mandiri

Museum Bank Mandiri terletak di Jalan Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Pusat. Museum ini dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, kereta api, dan taksi. Pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan pribadi dan memarkirnya di tempat parkir yang tersedia di sekitar museum.

Wisata Lainnya:  Wisata Selabintana: Menikmati Keindahan Alam di Puncak Bogor

Kesimpulan

Museum Bank Mandiri adalah tempat yang menarik untuk menjelajahi sejarah perbankan Indonesia. Dengan koleksi artefak yang kaya dan beragam, serta fasilitas yang lengkap, museum ini merupakan destinasi wisata yang ideal bagi siapa saja yang ingin mempelajari sejarah perbankan Indonesia.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *