Menikmati Wisata Kota Tuban: Destinasi Terbaik di Jawa Timur

Posted on

Tuban merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak tempat wisata menarik. Dari wisata sejarah, wisata pantai, hingga wisata kuliner, semuanya bisa kamu temukan di kota ini. Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mengunjungi wisata kota Tuban yang memukau ini.

Wisata Sejarah

Bagi kamu yang menyukai sejarah, Tuban adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Kota ini memiliki banyak situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi, seperti makam Sunan Bonang, makam Tumenggung Wignyo, dan Candi Blandongan. Dari ketiga tempat tersebut, kamu bisa belajar banyak tentang sejarah dan budaya masyarakat Tuban.

Wisata Pantai

Tuban juga memiliki pantai-pantai yang indah dan masih terjaga keasriannya. Pantai Boom, Pantai Tambakrejo, dan Pantai Sendang Biru adalah beberapa pantai yang paling populer di kota ini. Kamu bisa menikmati pemandangan laut yang indah, bermain pasir di pantai, atau bahkan mencoba berbagai olahraga air seperti selancar dan banana boat.

Wisata Lainnya:  Tempat Wisata di Singaraja Terbaru: Menikmati Keindahan Bali Utara

Wisata Alam

Jika kamu menyukai wisata alam, kota Tuban juga punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ada Air Terjun Sungai Cangkring, Goa Gong, dan Taman Wisata Alam Angkelek. Di Air Terjun Sungai Cangkring, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun yang indah dan segar. Sedangkan di Goa Gong, kamu bisa menjelajahi gua yang indah dengan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan.

Wisata Kuliner

Selain wisata alam dan sejarah, Tuban juga memiliki kuliner yang lezat dan unik. Ada nasi pecel, sate kuda, sate kerang, dan banyak lagi. Nasi pecel adalah makanan khas Tuban yang terbuat dari nasi dan sayur-sayuran yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih. Sedangkan sate kuda dan sate kerang adalah makanan khas yang harus dicoba jika kamu berkunjung ke kota ini.

Wisata Belanja

Jika kamu suka berbelanja, Tuban juga punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ada pasar tradisional yang menjual berbagai macam barang seperti pakaian, aksesoris, dan makanan. Sedangkan jika kamu ingin berbelanja di pusat perbelanjaan modern, kamu bisa mengunjungi Mal Suncity atau Mal Ramayana.

Wisata Lainnya:  Wisata Tanjung Kodok: Keindahan Alam yang Menawan di Lampung

Wisata Religi

Tuban juga memiliki beberapa tempat ibadah yang menarik untuk dikunjungi, seperti Masjid Agung Tuban, Masjid Al-Falah, dan Kelenteng Hok An Kiong. Masjid Agung Tuban merupakan masjid terbesar di kota ini yang memiliki arsitektur yang indah. Sedangkan Kelenteng Hok An Kiong adalah tempat ibadah umat Konghucu yang memiliki arsitektur khas Tiongkok.

Wisata Edukasi

Tuban juga memiliki beberapa tempat edukasi yang menarik untuk dikunjungi, seperti Museum Trowulan dan Museum Blambangan. Museum Trowulan merupakan museum arkeologi yang berisi berbagai macam peninggalan sejarah dari Kerajaan Majapahit. Sedangkan Museum Blambangan merupakan museum etnografi yang berisi koleksi alat musik dan senjata tradisional.

Tempat Penginapan

Jika kamu ingin menginap di kota Tuban, kamu bisa memilih berbagai macam jenis penginapan seperti hotel, homestay, dan villa. Beberapa hotel yang direkomendasikan adalah Hotel Kharisma, Hotel New Surya, dan Hotel Tiara. Sedangkan untuk homestay, kamu bisa mencoba Homestay Puri Indah atau Homestay Prima.

Cara Menuju Kota Tuban

Tuban bisa diakses dengan berbagai macam moda transportasi seperti pesawat, kereta api, dan bus. Jika kamu ingin naik pesawat, kamu bisa terbang ke Bandara Juanda di Surabaya, kemudian melanjutkan perjalanan ke Tuban dengan mobil atau kereta api. Jika kamu ingin naik kereta api, kamu bisa naik KA Gajayana atau KA Mutiara Timur dari Stasiun Surabaya Gubeng. Sedangkan jika kamu ingin naik bus, kamu bisa naik bus dari Terminal Bungurasih Surabaya.

Wisata Lainnya:  Wisata Malam Dieng - Menikmati Keindahan Alam Dieng di Malam Hari

Kesimpulan

Wisata kota Tuban merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Timur. Dari wisata sejarah, pantai, alam, kuliner, belanja, religi, hingga edukasi, semuanya bisa kamu temukan di kota ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kota ini dan menikmati berbagai macam tempat wisata menarik yang ada di sana.

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *