Menikmati Wisata di Kota Madiun

Posted on

Kota Madiun merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata menarik. Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya, sejarahnya yang kaya, dan juga kelezatan kuliner khasnya. Jika Anda sedang mencari tempat untuk berlibur, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi kota ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di Kota Madiun.

1. Bukit Kuntul

Bukit Kuntul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling terkenal di Kota Madiun. Bukit ini terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Geger, sekitar 17 kilometer dari pusat kota. Dari atas bukit, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain itu, di bukit ini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable.

2. Air Terjun Gondang

Jika Anda suka dengan wisata air terjun, maka Air Terjun Gondang di Desa Gondang, Kecamatan Dolopo bisa menjadi pilihan yang tepat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di dalam hutan yang asri. Selain menikmati keindahan alam, di sini juga terdapat fasilitas untuk berkemah dan bermain air.

3. Museum Kresek

Museum Kresek merupakan museum sejarah yang terletak di Jalan Pahlawan, Madiun. Museum ini didirikan untuk mengenang perjuangan rakyat Madiun dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada masa lalu. Di dalam museum, Anda dapat melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan perjuangan seperti senjata, dokumen, foto, dan lain sebagainya.

4. Kampung Wisata Gondang Dam

Kampung Wisata Gondang Dam adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Desa Gondang, Kecamatan Dolopo. Kawasan ini menawarkan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, berkeliling dengan sepeda, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Wisata Lainnya:  Arti Kata Wisata: Mengenal Lebih Jauh Tentang Wisata dan Perjalanan

5. Kuliner Khas Madiun

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Madiun tanpa mencicipi kuliner khasnya. Beberapa kuliner yang paling terkenal di kota ini antara lain sate kambing, nasi pecel, dan tahu takwa. Sate kambing Madiun terkenal dengan kelezatannya yang disajikan dengan bumbu kacang yang khas. Nasi pecel Madiun juga sangat terkenal dengan sambalnya yang pedas dan nikmat. Sedangkan tahu takwa adalah makanan ringan yang terbuat dari tahu yang digoreng dan diberi bumbu kacang.

6. Wisata Religi

Bagi Anda yang ingin berwisata religi, di Kota Madiun juga terdapat beberapa tempat yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah Makam Sunan Geseng yang terletak di Desa Geseng, Kecamatan Balerejo. Sunan Geseng adalah salah satu tokoh agama yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di wilayah Madiun. Di makamnya, Anda dapat berziarah dan menikmati keindahan arsitektur bangunan.

7. Taman Kota Madiun

Bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati suasana kota, Taman Kota Madiun bisa menjadi pilihan yang tepat. Taman ini terletak di pusat kota dan memiliki area yang cukup luas. Di sini, Anda dapat berolahraga, bermain dengan anak-anak, atau sekadar duduk-duduk menikmati suasana.

8. Puncak Lawu

Puncak Lawu merupakan destinasi wisata yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun tidak berada di wilayah Kota Madiun, namun puncak ini dapat dijangkau dengan berkendara selama sekitar dua jam dari kota. Dari puncak ini, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah, terutama saat matahari terbit atau terbenam. Selain itu, di sini juga terdapat jalur pendakian untuk para pecinta hiking.

9. Gua Selomangleng

Gua Selomangleng adalah gua alam yang terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Saradan. Gua ini memiliki panjang sekitar 600 meter dan terdapat beberapa stalaktit dan stalakmit yang sangat indah. Di dalam gua, terdapat juga kolam air yang jernih dan segar. Namun, untuk masuk ke dalam gua ini, Anda harus membayar biaya tiket sebesar Rp 10.000.

10. Bumi Perkemahan Tawangmangu

Bumi Perkemahan Tawangmangu terletak di Desa Karangduren, Kecamatan Tawangmangu. Tempat ini menawarkan suasana alam yang asri dan sejuk. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berkemah, memancing, atau sekadar berjalan-jalan menikmati keindahan alam.

11. Pantai Klayar

Bagi Anda yang suka dengan wisata pantai, Pantai Klayar bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai ini terletak di Desa Serang, Kecamatan Pacitan, sekitar 60 kilometer dari Kota Madiun. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih. Selain itu, di pantai ini juga terdapat beberapa spot foto yang instagramable.

Wisata Lainnya:  Taman Wisata Pasir Putih Depok: Destinasi Liburan yang Menyenangkan

12. Gua Padepokan Ratu Kidul

Gua Padepokan Ratu Kidul terletak di Desa Jalak, Kecamatan Kare, sekitar 30 kilometer dari Kota Madiun. Gua ini memiliki cerita legenda tentang Ratu Kidul yang diyakini sebagai ratu laut selatan. Di dalam gua, terdapat beberapa patung dan ornamen yang menggambarkan cerita tentang Ratu Kidul.

13. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Jawa yang memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Sungai ini juga memiliki nilai sejarah yang sangat penting karena pernah menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia pada masa lalu. Di sepanjang sungai, terdapat beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata seperti bendungan, air terjun, dan gua.

14. Goa Gong

Goa Gong adalah gua alam yang terletak di Desa Punung, Kecamatan Punung, sekitar 80 kilometer dari Kota Madiun. Gua ini terkenal dengan keindahan stalaktit dan stalakmitnya yang sangat indah. Di dalam gua, terdapat juga kolam air yang jernih dan segar. Namun, untuk masuk ke dalam gua ini, Anda harus membayar biaya tiket sebesar Rp 15.000.

15. Gunung Lawu

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut. Meskipun terletak di luar wilayah Kota Madiun, namun gunung ini masih menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Timur. Di sini, Anda dapat melakukan pendakian atau sekadar menikmati keindahan alam.

16. Desa Wisata Karangtengah

Desa Wisata Karangtengah adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Geger. Di sini, Anda dapat merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa untuk menginap bersama keluarga atau teman-teman.

17. Curug Semawur

Curug Semawur adalah air terjun yang terletak di Desa Semawur, Kecamatan Pilangkenceng. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 70 meter dan terletak di dalam hutan yang asri. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam dan juga bermain air.

18. Taman Wisata Srambang

Taman Wisata Srambang terletak di Desa Srambang, Kecamatan Pilangkenceng. Tempat ini menawarkan suasana alam yang sejuk dan asri. Di sini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air, berkeliling dengan sepeda, atau sekadar menikmati keindahan alam.

Wisata Lainnya:  Nikmati Keindahan Tempat Wisata Nias yang Menakjubkan

19. Makam Pangeran Diponegoro

Makam Pangeran Diponegoro terletak di Jalan Diponegoro, Madiun. Pangeran Diponegoro adalah salah satu pahlawan nasional yang sangat terkenal di Indonesia. Di makamnya, Anda dapat berziarah dan juga melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah.

20. Desa Wisata Bocor

Desa Wisata Bocor adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Desa Bocor, Kecamatan Dolopo. Di sini, Anda dapat merasakan suasana pedesaan yang masih asri dan alami. Di desa ini, terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda sewa untuk menginap bersama keluarga atau teman-teman.

21. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo terletak di Desa Banyutowo, Kecamatan Saradan. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih. Selain menikmati keindahan pantai, di sini juga terdapat beberapa warung yang menjual kuliner khas Madiun.

22. Curug Ngumpet

Curug Ngumpet adalah air terjun yang terletak di Desa Ngumpet, Kecamatan Bagor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan terletak di dalam hutan yang asri. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam dan juga bermain air.

23. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah sebuah taman bunga yang terletak di Desa Manguharjo, Kecamatan Taman. Taman ini menawarkan berbagai macam jenis bunga yang indah dan menarik. Di sini, Anda dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan bunga.

24. Makam Raden Mas Said

Makam Raden Mas Said terletak di Desa Ngabean, Kecamatan Balerejo. Raden Mas Said adalah salah satu tokoh sejarah yang dikenal sebagai pendiri Kota Madiun. Di makamnya, Anda dapat berziarah dan juga melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah.

25. Pantai Kedung Tumpang

Pantai Kedung Tumpang terletak di Desa Kedung Tumpang, Kecamatan Saradan. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat bersih dan air laut yang jernih. Selain menikmati keindahan pantai, di sini juga terdapat beberapa warung yang menjual kuliner khas Madiun.

26. Candi Lor

Candi Lor adalah sebuah candi peninggalan sejarah yang terletak di Desa Jambon, Kecamatan Jambon. Candi ini memiliki arsitektur yang sangat indah dan unik. Di dalam candi, terdapat beberapa relief yang menggambarkan kisah-kisah sejarah.

27. Pantai Rongkop
Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *