Menikmati Kelezatan Wisata Kuliner Metro yang Menggoda Selera

Posted on

Indonesia dikenal sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang melimpah. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas makanan yang unik dan lezat. Metro, sebuah kota di Provinsi Lampung, juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah menarik. Wisata kuliner Metro merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner. Berikut adalah beberapa kuliner khas Metro yang patut dicoba:

Nasi Uduk Metro

Nasi uduk adalah makanan pokok yang biasa ditemukan di seluruh Indonesia. Namun, Nasi Uduk Metro memiliki cita rasa yang berbeda dari nasi uduk pada umumnya. Nasi Uduk Metro memiliki aroma yang khas dan gurih, serta disajikan dengan lauk-pauk yang lezat seperti ayam goreng, sambal goreng hati, dan tempe orek. Rasanya yang nikmat membuat nasi uduk Metro menjadi makanan yang wajib dicoba bagi para wisatawan.

Gado-gado Tegal

Gado-gado Tegal adalah salah satu kuliner khas Metro yang paling terkenal. Gado-gado Tegal terbuat dari sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, ketimun, kol, dan daun singkong. Semua bahan sayuran direbus dan dicampur dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Gado-gado Tegal disajikan dengan lontong atau nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap.

Batagor Metro

Batagor Metro adalah salah satu makanan ringan yang populer di Metro. Batagor terdiri dari baso tahu yang diisi dengan daging ikan atau udang, kemudian digoreng dan disajikan dengan saus kacang yang gurih. Batagor Metro memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang lezat, sehingga cocok dijadikan sebagai camilan di sore hari.

Sate Bandeng

Sate Bandeng adalah kuliner khas Metro yang terbuat dari ikan bandeng yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan bambu. Ikan bandeng yang digunakan sangat segar sehingga dagingnya empuk dan lezat. Sate Bandeng disajikan dengan bumbu kacang dan kecap manis, sehingga rasanya semakin nikmat. Karena kelezatannya, sate bandeng menjadi salah satu kuliner wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Metro.

Pempek

Pempek adalah makanan khas Palembang yang juga banyak ditemukan di Metro. Pempek terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan ikan dan bumbu-bumbu lainnya. Pempek disajikan dengan kuah cuka yang asam dan pedas. Kuliner satu ini cocok dijadikan sebagai sarapan atau makanan ringan di siang hari.

Wisata Lainnya:  Wisata Wonogiri Seperti Bali: Menikmati Keindahan Alam di Tengah Jawa

Mie Celor

Mie Celor adalah mie kuah khas Lampung yang biasa ditemukan di Metro. Mie Celor terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Mie Celor biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, tauge, dan udang. Rasanya yang lezat membuat Mie Celor menjadi salah satu kuliner wajib bagi para pecinta mie.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo adalah minuman khas dari Makassar yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Pisang Ijo terbuat dari pisang yang dipotong kecil-kecil, dibalut dengan adonan tepung ketan, kemudian direbus dan disajikan dengan sirup gula merah dan santan. Es Pisang Ijo biasanya disajikan dalam keadaan dingin, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman untuk meredakan panasnya siang hari.

Keripik Sukun

Keripik Sukun adalah makanan ringan yang terbuat dari buah sukun yang dipotong tipis dan digoreng. Keripik Sukun memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, sehingga cocok dijadikan sebagai camilan saat berkumpul bersama keluarga atau teman.

Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Kue Lumpur terbuat dari tepung beras dan kelapa parut yang dicampur dengan gula, kemudian dipanggang dalam cetakan hingga matang. Kue Lumpur disajikan dalam keadaan panas dengan taburan kelapa parut di atasnya. Rasanya yang manis dan gurih membuat Kue Lumpur cocok dijadikan sebagai cemilan saat menikmati sore hari.

Nasi Jagung

Nasi Jagung adalah makanan khas Lampung yang juga banyak ditemukan di Metro. Nasi Jagung terbuat dari jagung yang dicampur dengan beras, kemudian direbus hingga matang. Nasi Jagung biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, sambal goreng hati, dan tempe goreng. Nasi Jagung memiliki rasa yang gurih dan unik, sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif nasi putih pada saat makan.

Es Kacang Merah

Es Kacang Merah adalah minuman khas Indonesia yang juga dapat ditemukan di Metro. Es Kacang Merah terbuat dari kacang merah yang direbus dengan santan dan gula, kemudian disajikan bersama es serut dan susu kental manis. Es Kacang Merah memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman untuk meredakan dahaga pada saat cuaca panas.

Roti Buaya

Roti Buaya adalah makanan ringan khas Lampung yang terbuat dari adonan tepung beras dan kelapa parut yang dibentuk menyerupai buaya, kemudian digoreng. Roti Buaya memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, sehingga cocok dijadikan sebagai camilan di sore hari.

Wisata Lainnya:  Kapal Wisata Samarinda: Nikmati Wisata Sungai Mahakam dengan Menarik

Asinan Mangga

Asinan Mangga adalah salah satu makanan khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Asinan Mangga terbuat dari irisan mangga yang dicampur dengan bumbu cuka yang asam dan pedas. Asinan Mangga biasanya disajikan dengan kerupuk sebagai pelengkap. Rasanya yang segar dan pedas membuat Asinan Mangga cocok dijadikan sebagai camilan pada siang hari.

Seblak

Seblak adalah makanan khas Bandung yang juga banyak ditemukan di Metro. Seblak terbuat dari mi instan yang dicampur dengan sayuran dan bumbu-bumbu seperti saus tomat, saus sambal, dan kecap manis. Seblak biasanya disajikan dalam keadaan panas, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan yang menghangatkan tubuh pada saat cuaca dingin.

Es Campur

Es Campur adalah minuman khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Campur terdiri dari campuran buah-buahan segar seperti kelapa muda, nangka, cincau, dan alpukat, yang dicampur dengan sirup gula merah, susu kental manis, dan es serut. Es Campur memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman saat ingin menghilangkan dahaga pada siang hari.

Lemper

Lemper adalah makanan khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Lemper terbuat dari ketan yang dibentuk seperti kotak dan diisi dengan daging ayam atau ikan, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Lemper biasanya disajikan dalam keadaan hangat, sehingga cocok dijadikan sebagai sarapan atau makanan ringan di siang hari.

Es Podeng

Es Podeng adalah minuman khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Podeng terbuat dari campuran kacang hijau, tape ketan hitam, dan air kelapa muda, yang dicampur dengan es serut dan sirup gula merah. Es Podeng memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman saat ingin meredakan dahaga pada siang hari.

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda adalah minuman khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Kelapa Muda terbuat dari air kelapa muda yang dicampur dengan es serut dan sirup gula merah. Es Kelapa Muda memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman untuk meredakan dahaga pada saat cuaca panas.

Laksa

Laksa adalah makanan khas Singapura yang juga banyak ditemukan di Metro. Laksa terbuat dari mie kuning yang disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih, serta diberi potongan daging ayam, udang, dan telur rebus. Laksa memiliki rasa yang khas dan gurih, sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif mie pada saat makan.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan ringan khas Cirebon yang juga banyak ditemukan di Metro. Tahu Gejrot terbuat dari tahu yang dipotong kecil-kecil, kemudian disajikan dengan kuah kacang yang pedas dan asam. Tahu Gejrot memiliki rasa yang unik dan gurih, sehingga cocok dijadikan sebagai camilan di sore hari.

Wisata Lainnya:  Tiket Masuk Guciku Tegal, Lokasi, Fasilitas dan Harga

Es Tape Ketan Hitam

Es Tape Ketan Hitam adalah minuman khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Tape Ketan Hitam terbuat dari tape ketan hitam yang dicampur dengan susu kental manis dan es serut. Es Tape Ketan Hitam memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman saat ingin meredakan dahaga pada siang hari.

Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas Padang yang juga dapat ditemukan di Metro. Sate Padang terdiri dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditusuk menggunakan bambu. Sate Padang disajikan dengan kuah kacang yang kental dan pedas, serta nasi putih sebagai pelengkap. Sate Padang memiliki rasa yang khas dan lezat, sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif sate pada saat makan.

Coto Makassar

Coto Makassar adalah makanan khas Makassar yang juga banyak ditemukan di Metro. Coto Makassar terbuat dari daging sapi yang direbus dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat dan irisan daun bawang sebagai pelengkap. Coto Makassar memiliki rasa yang lezat dan khas, sehingga cocok dijadikan sebagai alternatif soto pada saat makan.

Es Doger

Es Doger adalah minuman khas Bandung yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Doger terbuat dari campuran kelapa muda, alpukat, cincau, dan sirup merah, yang dicampur dengan susu kental manis dan es serut. Es Doger memiliki rasa yang manis dan segar, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman saat ingin meredakan dahaga pada siang hari.

Es Cendol

Es Cendol adalah minuman khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Cendol terdiri dari campuran air kelapa muda, sirup gula merah, dan cendol yang terbuat dari tepung beras. Es Cendol biasanya disajikan dalam keadaan dingin dengan es serut sebagai pelengkap. Es Cendol memiliki rasa yang segar dan manis, sehingga cocok dijadikan sebagai minuman saat ingin meredakan dahaga pada siang hari.

Es Degan

Es Degan adalah minuman khas Indonesia yang juga banyak ditemukan di Metro. Es Degan terbuat dari air kelapa muda yang disajikan dengan es serut dan sirup

Post Lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *